News
Batal
KATEGORI
link has been copied
275
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed71c21349d0f78a90ac498/luhut-tantang-pengkritik-utang-negara-tatap-muka
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menantang pengkritik utang negara untuk bertatap muka dengannya. Luhut mengaku ingin berbincang terkait penambahan utang negara selama pandemi virus corona  atau Covid-19.
Lapor Hansip
03-06-2020 10:42

Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka

Past Hot Thread
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menantang pengkritik utang negara untuk bertatap muka dengannya.

Luhut mengaku ingin berbincang terkait penambahan utang negara selama pandemi virus corona  atau Covid-19.

"Jadi kalau ada yang mengkritik kami, sini saya juga pengen ketemu. Jadi jangan di media sosial saja. Nanti ketemu kami, ngomong," ujarnya melalui diskusi virtual, Jakarta, Selasa (2/6/2020).

"Enggak usah ngomong di TV lah, ketemu saya sini. Nanti dia kasih angkanya, saya tentara walaupun bukan lulusan ekonomi, saya bisalah jawab itu. Tapi jangan rakyat dibohongin," sambungnya.

Mantan Komandan Khusus Satgas Tempur Kopassus itu menjelaskan, utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih rendah ketimbang negara-negara lainnya seperti Singapura, Amerika Serikat dan Jepang, apalagi disaat pandemi ini banyak negara berutang untuk stimulus ekonomi demi perbaikan ekonomi negaranya.

"Singapura itu lebih dari 100 persen dari debt to GDP-nya. Begitu juga dengan Amerika, malah kita enggak tahu lagi berapa besar," kata dia.

Luhut mengatakan utang pemerintah Indonesia terhadap PDB akan mencapai 32 persen hingga akhir 2020.

Baca juga: Tak Bisa Layani Penerbangan Haji, Berapa Kerugian yang Diderita Garuda?

Luhut bilang, utang pemerintah merupakan utang produktif yang akan memperbaiki negara Indonesia yang dulu tertinggal dari negara lain. Ia meminta kepada para ekonom yang mengkritik utang negara untuk memberikan informasi tepat kepada masyarakat.

"Saya ini tentara, jadi belajar juga dari anak-anak muda yang ngerti. Jadi kita jangan enggak ngerti juga, bodoh-bodohin rakyat kita ngutang enggak benar. Utang kita itu produktif," ucapnya.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat total utang pemerintah hingga April 2020 mencapai Rp 5.172,48 triliun.

Baca juga: Haji Dibatalkan, Pengusaha Travel Berharap Calon Jemaah Tak Lakukan Refund

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, total utang tersebut meningkat Rp 644,03 triliun atau 14,22 persen.

Total utang tersebut setara dengan 31,78 persen terhadap PDB. Angka tersebut masih dalam batas aman dalam Undang-undang (UU) Keuangan Negara Nomor 17 tahun 2003 yang menetapkan batas maksimal rasio utang pemerintah sebesar 60 persen dari PDB.

https://money.kompas.com/read/2020/0...page=all#page2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 30 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 9
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 12:02
si rizal ramli, fadli zon, dan kawan-kawannya apa berani menjawab tantangan luhut?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 12:03
Mantap. Ayo tatap muka langsung. Tapi kalo bisa live di tv. emoticon-Shakehand2
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 12:05
As ngutang pakai mata uang negara sendiri bos, yg beli surat hutangnya jga pengusaha alias rakyatnya sendiri. Jelas mereka tak kena kurs..
Silakan lihat di channel youtubenya mardigu wp.. Isinya daging semua..
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 12:05
hahaha....kalo kata gw yang bisanya koar2 ya cuma si luhut ini, coba sekali2 debat nongol di tv berani gak. Cuma marah2 doang di media offline??? udah kebaca kelakuan mantan tentara berbintang mah cm bs morotin duit negara. Bandingin utang Indo sm singapura apalagi amerika, situ waras???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 12:06
Utang untuk hal yang produktif gak masalah yang bermasalah itu utang untuk subsidi yang berlebihan dan dikorupsi seperti jamannya sby selama 10th berkuasa tidak ada pembangunan yang berarti
profile-picture
banditos69 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 12:07
yuk pak ketemu saya.... saya mau tanya alasannya apa ?
0 0
0
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 12:14
Pengkritik adalah golongan orang kurang kerjaan yang merasa puas dengan menjatuhkan orang lain. Mereka suka dianggap benar meski kenyataannya diri mereka sendiri juga rapuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Stephen.cau dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:29

Entah

Saya jadi bingung, ini replys satire atau beneran.
0 0
0
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:37
Bahhh Lord emoticon-Big Grin
0 0
0
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:42
Nah lo di cariin Lord Luhut....

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:42
pak luhut galak, yg ditantangin pasti gak mau muncul tatap muka emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:44
ngutang mulu emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
yfel dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:44
Ane klo hutang cepet cepet kembaliin,
bahkan kasih lebih, krn merasa nyusahin,
dan timakasih pd tuannya krn nyita waktunya dan trimakasih dah membantu emoticon-Big Grin
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:44
tatap muka done, terus bisa nyelesaiin masalah ga ?
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:45
Ane juga ga ngerti soal hutang negara dan memilih diem aja
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:45
mampus lu opung ngamukemoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan guru.sipocong memberi reputasi
1 1
0
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:46
Kalo sama2 jantan monggo adu bacot di RL
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:50
Noh ditantang noh, maju dah
Kalopun lu gak pulang dikarungi opung, malah bisa jadi senjata anti rezim lu dah emoticon-Leh Uga


Kalo g ada yg ngladenin ya besok besok jangan sok tau protes yak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
music9000 dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:50
Jika Lord Luhut sudah berbicara ya apa daya 😊


@ammakitchen_id
profile-picture
profile-picture
yfel dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:51
Quote:Original Posted By uduymanza
paling pas nyampe di pelototin om luhut juga kicep..



Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka



Ape lu...??? emoticon-Mad


Mau nantang² gua...??? emoticon-Mad
0 0
0
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia