• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Membara! Demo Amerika Mendunia, Eropa dan Brazil Ikut Memanas Juga

widoko
TS
widoko
Membara! Demo Amerika Mendunia, Eropa dan Brazil Ikut Memanas Juga
Amerika saat ini harus menghadapi dua masalah yang sama-sama pelik. Infeksi Corona yang menjadikan mereka sebagai negara dengan infeksi Covid-19 tertinggi di dunia dan juga demo yang terus membara sampai ke luar negara.


Demo di Georgia 29 Mei (Sumber: mercinews.com)


Ya, dalam satu pekan ini demo anti rasialis terus membara hampir di seluruh penjara Amerika. Bahkan kini demo itu mulai menyebar di luar Amerika. Di Amerika Latin dan Eropa.


Demo di Minneapolis 29 Mei (Sumber: bisnis.com)


Demo yang tak jarang berujung ke arah kerusuhan itu dipicu oleh penangkapan seorang kulit hitam atas nama George Floyd oleh polisi di Minneapolis, Minnesota, yang mengakibatkan kematiannya.


Demo di London (Sumber: sindonews.com)


Dilansir CNBCIndonesia.com, 29 Mei 2020, penangkapan berujung kematian itu terjadi di Minneapolis Senin, 25 Mei 2020.  Adapun dugaan kejahatan yang dillakukan George Floyd adalah menggunakan uang palsu senilai 20 US Dollar. 

Dilansir Sindonews.com, 31 Mei 2020, sepanjang pekan kemarin sampai dengan Minggu demo bermunculan di berbagai penjuru di Amerika. Seperti misalnya di Minneapolis tempat penangkapan George Floyd hingga tewas. Juga di St Paul yang terletak di Minnesota. 

Selain di Minnesota, demo juga terjadi di New York, Atlanta sampai pada di dekat Gedung Putih, tempat Presiden Amerika Donald Trump berkantor. Selain itu demo juga berkecamuk di Chicago, Phoenik, Denver dan Columbus. Dilansir Kontan.co,id, demo itu setidaknya sudah menjalar ke 30 kota di Amerika.

Atas situasi yang genting tersebut tercatat sedikitnya 16 Negara Bagian di Amerika telah mengaktifkan tentara cadangan Garda Nasional. Negara-negara tersebut diantaranya Washington, Utah, Texas, Tennessee, South Carolina, Pennsylvania, North Carolina, Georgia, Colorado, Wisconsin, South Dakota, Ohio, Kentucky, Indiana, Illionis dan tentu saja Minnesota.

Parahnya selain di Amerika, demo yang dipicu kematian George Floyd juga terjadi di berbagai kota besar di dunia. Di London Inggris misalnya. Dilansir Sindonews.com, 1 Juni 2020, ribuan orang berkumpul di pusat kota London pada hari Minggu, 31 Mei 2020. Diantara mereka membawa poster-poster bernada anti rasis. Mereka juga long march dari Trafalgar Square dengan tertib ke kedutaan besar AS di London.

Demo yang bernada hampir sama pada waktu yang sama juga terjadi di depan Kedutaan Besar Amerika di Berlin. Mereka mengambil tajuk : Polisi Pembunuh Ini Membakar Amerika.

Selain di Eropa, dilansir Detik.com, 1 Juni 2020, demo yang dipicu kematian George Floyd juga terjadi di Brazil. Mereka memprotes aksi brutal polisi yang juga sering terjadi di Negeri Samba.

Masalah George Floyd ini memang menjadi tonjokan keras bagi Amerika. Paman Sam yang selama ini berteriak-teriak akan isu HAM, sekarang mendapatkan bumerang. Menarik untuk dilihat bagaimana Trump akan mengatasinya...I]



Referensi:

1. https://jabar.sindonews.com/read/547...nas-1590987988

2. https://news.detik.com/video/2006010...ecah-di-brazil

3. https://jateng.sindonews.com/read/54...ter-1590933928

4. https://jateng.sindonews.com/read/52...si-1590807921

5. https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ge-floyd-tewas

6. Kontan.co.id, 31 Mei 2020
Diubah oleh widoko 01-06-2020 14:14
sanyhaniUprutznona212
nona212 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
17.3K
262
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.