News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
335
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed6308b28c99153cc78a57d/haji-2020-ditiadakan-dana-us600-juta-akan-dipakai-perkuat-rupiah
VIVAnews – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memastikan, akan memanfaatkan dana simpanan yang dimiliki untuk membiayai penyelenggaraan ibadah haji 2020 untuk kepentingan stabilisasi nilai tukar rupiah. Sebab, pemerintah Indonesia resmi tidak mengirimkan jemaah haji pada 2020. Kepala BPKH, Anggito Abimanyu mengatakan, saat ini BPKH memiliki simpanan dalam bentuk dolar Amerika Serikat sebanyak
Lapor Hansip
02-06-2020 17:57

Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah

VIVAnews – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memastikan, akan memanfaatkan dana simpanan yang dimiliki untuk membiayai penyelenggaraan ibadah haji 2020 untuk kepentingan stabilisasi nilai tukar rupiah. Sebab, pemerintah Indonesia resmi tidak mengirimkan jemaah haji pada 2020.

Kepala BPKH, Anggito Abimanyu mengatakan, saat ini BPKH memiliki simpanan dalam bentuk dolar Amerika Serikat sebanyak US$600 juta atau setara Rp8,7 triliun kurs Rp14.500 per dolar AS. Dengan begitu, dana itu akan dimanfaatkan untuk membantu Bank Indonesia dalam penguatan kurs rupiah.

Meski begitu, dia melanjutkan, BPKH bersama dengan Bank Indonesia masih mengkaji lebih lanjut mengenai mekanisme pemanfaatan dana tersebut. Itu ditujukan supaya pemanfaatan dana bisa tetap sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan dalan peraturan yang ada.

"InsyaAllah (akan digunakan karena pengiriman haji batal tahun ini). (Mekanismenya) sedang dalam pengkajian," kata dia saat dikonfirmasi VIVAnews, Selasa, 2 Juni 2020.

Anggito sebelumnya juga menyampaikan, total dana haji yang dikelola BPKH saat ini telah mencapai Rp135 triliun. Sebagian besar dana itu digunakan untuk mendukung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena sebagian besar dana itu diinvestasikan dalam Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

"Termasuk diantaranya untuk mendukung APBN kita yang membutuhkan dana guna mendukung penanganan covid-19," ungkap dia pada akhir bulan lalu.

Sebagai informasi, Kementerian Agama Republik Indonesia menyatakan tidak mengirimkan jemaah haji pada 1441 Hijriah atau 2020 Masehi. Hal ini ditegaskan Menteri Agama Fachrul Razi dalam siaran pers via Zoom hari ini, Selasa 2 Juni 2020.

Fachrul Razi menyatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan beberapa hal, diantaranya, Pemerintah Arab Saudi hingga kini belum juga membuka akses penyelenggaraan ibadah haji kepada negara manapun, termasuk Indonesia.

"Akibatnya, pemerintah tidak cukup waktu dalam mempersiapkan pelayanan dan perlindungan jemaah. Berdasarkan hal itu, pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 1441 Hijriyah atau 2020 Masehi," ungkap dia.


https://www.google.com/url?sa=t&sour...Pa_us_&cf=1


Penjelasannya realistis dan untuk kepentingan lebih luas, sampai pemberangkatan ke makah bisa dilakukan. Mekanismenya disesuaikn dgn hukum yang berlaku. No problem. Dlm hukum Islam, kemaslahatan orang banyak hrs lebih utama dri ibadah pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 17:59
bukannya dana haji pake uang jemaah ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 81 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:04
buat Ts lupa apa yg namanya akad. Kaloa akad gak sesuai itu namanya dholim /penipuan wlo tujuannya baik tp salah satu pihak dirugikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kronikal dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:08
ngatain Islam radikal.
teriak paling pancasilais.
bubarin pengajian.
bakar bendera tauhid
ngehina agama cuma modal minta maaf.
ngehina pliciden dongok, lsg dipenjara.

giliran uang haji umat islam.
diembat juga.

iya ga sih emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 21 lainnya memberi reputasi
19 3
16
Lihat 51 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:15
pemanfaatan maksudnya gimana ya? gak mungkin kan dipakai, soale itu kan duit orang yang mungkin tahun depan dipakai untuk biaya haji
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:18
Biaya pendaftaran haji kan ngendap ratusan triliun, daripada nganggur bisa dimanfaatkan sementara buat kemaslahatan umat emoticon-Embarrassment
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:18
Wah duitnya malah buat bayarin negara
profile-picture
introvertpsycho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:22
Yg berhaji itu banyak orang berpunya
Dan nyatanya berhaji itu disubsidi oleh negara....
Udah gitu ribet bener permasalahin duit haji utk ini itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:22
Quote:Original Posted By rsdsupertramp
ngatain Islam radikal.
teriak paling pancasilais.
bubarin pengajian.
bakar bendera tauhid
ngehina agama cuma modal minta maaf.
ngehina pliciden dongok, lsg dipenjara.

giliran uang haji umat islam.
diembat juga.

iya ga sih emoticon-Embarrassment


karna negara masih ngurusin agama.
coba klo dr dl agama diserahkan ke pihak 'swasta', pasti duit haji ga bakal seenaknya bisa dipake sm negara.
ya gaemoticon-coffee
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan Kepala.Jenggot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:24
Quote:Original Posted By rsdsupertramp
ngatain Islam radikal.
teriak paling pancasilais.
bubarin pengajian.
bakar bendera tauhid
ngehina agama cuma modal minta maaf.
ngehina pliciden dongok, lsg dipenjara.

giliran uang haji umat islam.
diembat juga.

iya ga sih emoticon-Embarrassment




istifar gan, dana haji disubsidi negara dari merampok duit pajak yg sudah dibayar kafir

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 26 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:25
Haaaaaa, begitu ya emoticon-Matabelo
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:31
BuzzerRp seneng nih abis nih gajian..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:33
Mengurangi inflasi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:37
Quote:Original Posted By ssdestroyer
bukannya dana haji pake uang jemaah ya?


Dana jemaah rupiah bro
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:41

Wah mantap kalo gitu....emoticon-thumbsup


No cendol, bata onlyemoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan galuhsuda memberi reputasi
0 2
-2
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:42
Orang awam banyak kagak paham bahwa dengan loe tidak pakai duit loe aja sudah memperkuat rupiah karena loe kagak nuker dollar yang berefek Jatohnya rupiah. Ibarat kata penjahat merasa seperti seorang pahlawan karena membunuh/ merampok /mencurinya ditunda besok kan aneh sekali ya nggak?
Diubah oleh slider88
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 18:57
Bilang aja ... Dipakai karena negara bangkrut
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan katronguik memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 19:00
terserah bapak/ibu yg paham peraturan
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 19:03
Quote:Original Posted By rsdsupertramp
ga ada yang salah sama negara yg ngurusin agama.

negara bisa jd wadah utk umat beragama.
tp sayangnya, era sekarang, negara gabisa hadir utk itu.

cenderung benturin sana sini.
yang penting, duitnya gue amanin.

iya ga sih emoticon-Embarrassment


ya udah brarti negara emang ga perlu ngurusin agama.
ya gaemoticon-coffee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 19:09
Quote:Original Posted By theni
Yakin dikasih ke swasta, ingat kasus 1st travel?


yakin, biar negara ga dikira make uang ummat.
kasus 1st travel, orang nipu orang kan?udah lumrah trjadi kan klo orang nipu orang, toh ada hukum.
yg penting jgn sampe negara nipu rakyatnyaemoticon-coffee
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
02-06-2020 19:10
Yg gagal berangkat udah dapet pahala yg sama seperti haji, udah niat tapi kondisi di arab sono juga ga memungkinkan daripada udah capek2 kesana ujung2nya diusir ya mending dihentikan dulu, klo soal duit dari dulu juga dana haji diputer2
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia