dewakereAvatar border
TS
dewakere 
Masalah-Masalah Yang Terjadi Ketika Kita Tinggal Bersama Mertua


Assalamualaikum

Kebetulan saya lagi gabut saya mendapatkan inspirasi menulis karena curhatan teman-teman saya karena mereka tinggal satu rumah dengan mertua. Entah memang belum punya rumah sendiri ataupun memang keadaan orang tua yang sudah sepuh atau sedang sendiri yang mewajibkan kita sebagai anak merawatnya. Tread ini sedikit merangkum curhatan teman-teman saya suka duka ketika tinggal bersama mertua.

Tidak Bisa Melakukan Apapun Dengan Bebas



Yang pertama ini bisa juga diartikan dengan hal yang lain lo gan. Tetapi selain itu yang nyata ketika kita tinggal dengan orang tua kadang kita perlu melakukan pencitraan-pencitraan yang bagus. Karena kita ketika ada mertua dirumah kita tidak bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan "buruk" kita seperti : bangun siang hari, bermalas-malasan dan bahkan kadang ketika kita malas memasak dan ingin memesan makanan ditegur oleh mertua karena harus melakukan pengiritan.

Tidak Bisa Mendidik Anak Sesuai Dengan Yang Kita Mau



Kadang kita punya cara sendiri untuk mendidik anak-anak kita. Tetapi karena biasanya mertua kita sering memanjakan cucunya kita jadi serba salah dalam mendidik anak kita sendiri. Bahkan jika kita bertindak agak tegas ke anak kita tidak jarang mertua akan ikut campur dan membuat anak kita semakin manja dan kita semakin susah mendidik anak kita sendiri.

Menceritakan Kebiasaan Pasangan Di Masa Lalu dan Membandingkannya Dengan Sekarang



Kadang mertua selalu berkomentar seperti ini "biasanya anakku gini" atau "kok gini anakku tidak suka" dan masih banyak sanggahan yang lainnya. Tapi kadang mereka lupa bahwa anak mereka sudah menikah dan dewasa kebiasaan-kebiasaannya saat lajang dulu tidak sama dengan setelah dia menikah.

Berebut Perhatian Pasangan Dengan Mertua



Walaupun ini menurut saya salah tetapi hal ini sering di keluhkan oleh teman-teman saya yang sudah menikah dan tinggal dengan mertua. Kadang mereka kurang peka dan lebih membela orang tuanya tanpa mendengar penjelasan kita terlebih dahulu. Selain itu kadang karena kita sering dirumah dan bersama mertua sampai dirumah mertua kita menceritakan hal-hal yang membuat kita tidak nyaman. Walaupun pasangan kita sudah tahu kebiasaan kita tetapi kadang hal ini membuat kita risih.

Ini sedikit curhatan-curhatan teman-teman saya ketika tinggal bersama mertua mereka. Yah pada saat itu saya hanya memberi saran seperti ini "anggap mereka orang tua kalian sendiri jangan mertua, otomatis pandangan kalian berbeda". Selain itu sedikit saran dulu dari kakak ipar saya jika kamu memutuskan berumah tangga (menikah) kalian harus memiliki rumah sendiri jangan ikut sama orang tua entah ngontrak ataupun mencicil agar kalian lebih leluasa mengatur rumah tangga kalian sendiri.

Quote:
widi2685
yuki26
tien212700
tien212700 dan 48 lainnya memberi reputasi
41
12.5K
265
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.