Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
91
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed5a3a028c991074f5ff288/psbb-berlalu-orangtua-wajib-lakukan-ini-jika-anak-mulai-sekolah
Kabar yang sebetulnya menjadi suatu kebahagiaan bagi masyarakat karena masa PSBB akan segera berakhir menjadi hal yang seperti biasa-biasa saja, bahkan masyarakat menyikapi tidak ada bedanya selama urusan hajat, perut belum juga terpenuhi.
Lapor Hansip
02-06-2020 07:56

PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Kabar yang sebetulnya menjadi suatu kebahagiaan bagi masyarakat karena masa PSBB akan segera berakhir menjadi hal yang seperti biasa-biasa saja, bahkan masyarakat menyikapi tidak ada bedanya selama urusan hajat, perut belum juga terpenuhi.

[ HT# 597 HT# 598 ]

PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah

Berakhirnya situasi PSSB yang mungkin berubah dalam format New normal atau Herd immunity; artinya kedewasaan dan kecerdasan masyarakat harus di buktikan sendiri agar pandemi Corona cepat berlalu.


Otomatis aktifitas masyarakat sehari-hari akan kembali berjalan normal, pun tetap ada ketentuan yang harus dipatuhi masyarakat. Termasuk jika anak-anak kembali berangkat ke sekolah harus benar-benar di perhatikan oleh orangtua mereka.

Mengedukasi dan sosialisasi ke anak-anak tentang bahaya vitus Corona dan pencegahannya memang tidak semudah orang yang lebih dewasa, padahal mereka yang katanya telah dewasa-tua pun sulit diberi pengertian akan hal ini.

Faktor pendidikan memang harus di prioritaskan bagi anak sekolah, namun pentingnya menjaga agar anak tetap sehat menjadi tanggung jawab bersama, orang tua, guru, dan lingkungan.

Jadi jika anak-anak sudah siap berangkat sekolah, berikut hal-hal yang sebaiknya perlu disiapkan, diperhatikan oleh para orang tua selama pandemi belum berakhir.


PERTAMA

Profesor Russell Viner, dari UCL Great Ormond Street Institute of Child Health, mengatakan "Penelitian kami menunjukkan jika anak-anak dan remaja tampak 56 % lebih kecil resiko tertular Covid-19 dari orang lain yang terinfeksi. Meski terkadang imunitas seseorang tidak selalu stabil, resiko tertular tetap ada. Dengan mendisiplinkan mereka untuk selalu menjaga kebersihan, menjaga jarak, dan menjaga kesehatan anak, akan membuat orangtua tenang ketika mereka berada di sekolah.

Sebaiknya membawa bekal dari rumah, menghindari jajanan tidak sehat, membawa tissue, mengurangi sentuhan sesama teman dan benda di sekitar dan sering mencuci tangan adalah himbauan yang wajib bagi orang tua kepada anak selama pandemi ini belum berakhir.


KEDUA

PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
antara

Ada pesan dari pemerintah Inggris yang mengingatkan kepada warganya, terutama bagi anak-anak pra sekolah dan yang mengalami masalah dengan pernafasan tidak di wajibkan mengenakan masker. Selain anak-anak merasa tidak nyaman ini juga akan mengganggu kosentrasi belajar di kelas.

Solusi dari saya sebaiknya untuk anak TK di awasi oleh orangtua masing-masing, sedang untuk anak sekolah tingkat SD dan seterusnya cukup di ingatkan untuk mengenakan masker. Pilihlah masker dari bahan yang benar-benar nyaman agar anak menyukai dan betah memakainya.


KETIGA

PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
beritasatu

Virus Corona membuat kehidupan normal dan aktifitas anak dan keluarga berubah banyak. Ada yang merasa nyaman tinggal di rumah tapi lebih banyak yang tidak ingin kehidupannya di batasi. Terutama bagi dunianya anak-anak, sebelum ke sekolah berilah pengertian dan masukan mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan menjaga jarak sesuai dengan usia mereka. Guru pun demikian, sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran harus selalu mengingatkan kepada anak muridnya untuk selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan menjaga jarak.


KEEMPAT

Dalam hal ini sebelum anak-anak kembali belajar ke sekolah orang tua harus benar-benar yakin lingkunhan sekolah benar-benar sehat dan aman dari virus Corona. Tentu saja pihak sekolahpun harus kooperatif dan mendukung penuh memutus rantai vorus Corona dengan menyediakan fasilitas dan himbauan langsung lewat pengeras suara di jam tertentu, poster-poster agar anak didik selalu ingat, waspada dan selalu menjaga pergaulannya selama di sekolah.


KELIMA

PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
cnbcindonesia

Orang tua murid sebaiknya mengusulkan kepada pengelola sekolah untuk mengurangi jam pelajaran, membatasi ruang gerak siswa terutama di lingkungan yang tidak terjangkau oleh guru di sekolah, meminta pihak sekolah untuk mendata keluarga yang di curigai memiliki riwayat virus Corona, dan membatasi bergerombolnya anak-anak.


KEENAM

Ingatkan kepada anak jika sudah jam pulang sekolah agar langsung pulang, tidak bergerombol, jika ada tugas kelompok pastikan lokasinya aman dan terpantau oleh guru dan orang tua, dan sebaiknya pihak keluarga atau orangtua sendiri yang menjemput anaknya.




Nah, itulah ke enam hal yamg menurut saya penting dan harus di persiapkan orang tua agar anak-anaknya tetap sehat dan nyaman selama sekolah. Semoga Corona lekas berlalu, aamiin



Sebuah opini
Img.header. bbc

PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangbud30 dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 07:56
selalu ning ngarep, mu...


Quote:Original Posted By Simen92
Harus diciptakan permainan baru biar gak harus bergerombol nih gan wkwk


Quote:Original Posted By Grescia
ane tadi semangat jika anak sekolahan kembali aktifitas, tapi kebijakan pusat harus di terjemahkan dengan bijaksana oleh pihak sekolah.
Protokol kesehatan versi yang di anjurkan memakan biaya besar walau terjangkau namun Alokasi dana tersebut bakalan di permainkan oleh pihak setempat. itu aja sich menurut ane.


Quote:Original Posted By arimbii11
gk kbyang guru TK sm SD pasti capek bgt tu nginetin muridnya yg msh kecil2


Quote:Original Posted By mikeoxsmaull
masalahnya anak juga kadang sulit, yg sulit lg kalau oranv tuanya ga begitu percaya ginian


Quote:Original Posted By audaz
Jaga mental anak yang paling penting, jangan mau ditakut-takuti covid, tapi juga jangan meremehkannya. Educate yourself first before you educate your kid!


Quote:Original Posted By payungpromo2012
anak tk dan sd awal mana bisa jaga jarak, yang ada tukar2an masker, pegang sana pegang sini, minta minum temen lagi blm juga, budaya salim guru dll. akan sulit.


Quote:Original Posted By ronalddch
Sekolah anak ane bentar lagi masuk lagi, siswanya dibagi 2 shift pagi dan siang, jadi isi sekolah ga penuh


Quote:Original Posted By trangganu
Yang biasa duduk 1 meja ber 2 harus menjadi 1 meja 1 orang, ini akan memakan tempat dan terpaksa memindahkan sebagian murid ke kelas lain emoticon-Malu


Quote:Original Posted By syaifulhakiki
Untuk saat ini menurut ane lebih aman kalau anak sekolah belajar dirumah.
Tapi ketika nanti memang sudah diharuskan ke sekolah sementara masih dalam kondisi new normal..perlu diatur ptotokoler kesehatannya baik untuk pelakunya (guru..murud..petugas) maupun fisik/lingkungan sekolahnya.
Selebihnya ane setuju dengan pendapat TS.


Quote:Original Posted By matahari728
mungkin kalau anak smp,sma mereka sudah pada ngerti dan paham cara menjaga protokol kesehatan tapi bagaimana dengan anak tk dan sd mereka belum begitu paham pastinya cara hidup sesuai dengan protokol kesehatan nanti


Quote:Original Posted By kudanil.la
ngedukasiin ke anak2 nih yang musti masif banget yaaa disekolah, guru2 harus bener2 ngawasin bener2 buat anak anak ttp sehat


Quote:Original Posted By anakhayalan
banyak orang tua yang ngga peduli dan bahkan masabodo. ini bisa kita lihat secara langsung. Selama penerapan PSBB, anak di biarkan berkeliaran, Nongkrong ngga jelas kadang sampe pagi. sangat jarang sekali mengingatkan anak-anaknya untuk selalu mencuci tangan setiap kali setelah beraktifitas di luar rumah. anak di biarkan jalan-jalan menggunakan sepeda motor mondar-mandir ngga jelas. bahkan ada anak yang sengaja di manfaatkan oleh orang tuanya untuk mencari bantuan sembako, ada yang nongrong di depan Al****at,IN****rt, ada yang pura-pura menjafi pemulung dan lainya. ini di lakukan agar ada yang kasian lalu memberikan bingkisan berupa sembako. & yang mirisnya, sembako yang di peoleh ada yang memang sengaja buat di jual. bukan untuk makan di saat sulit


Quote:Original Posted By xhamstermaniac
masih tahun depan kayanya


Quote:Original Posted By nyitnyit13
sehari sekali desinfektan, thermo gun buat cek suhu tubuh, dll. kira2 apa sekolah mampu untuk pendanaannya? mungkin ada dana dari pemerintah ya yg dari BOS itu tapi apa yakin gak ad pihak2 nyeleneh di alokasi dana itu nanti?


Quote:Original Posted By xenondeaths
mau ga mau sih harus adaptasi sebagai upaya tindakan preventif juga. semoga pandemi ini cepat berlalu ya, biar keadaan bisa kembali jauh lebih baik.


Quote:Original Posted By jasakurirjkt
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah


Kalau sdh begini ambyaarrrrr emoticon-Baby Boy 1


Quote:Original Posted By sempakcaink
semoga kita semua memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan seluuruh masyarkat ya gann


Quote:Original Posted By m4ntanqv
Wahhh bagus gan emang keenam2nya penting itu. Mungkin bisa direkomendasiin langsung ke pihak sekolahnya yak. Jadi dari rumah bisa mantau dan dari sekolah bisa ngawasin juga. Harus patuh sama protokol kesehatan deh yak



...

Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 08:26
ortunya ikut sekolah emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
BlackpillDoomer dan LaMya memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 08:40
harus tetep jaga jarak aman
0 0
0
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 09:47
Semoga kita semua bisa mematuhi anjuran pemerintah untuk memulai new normal.......jaga diri dan jaga teman.
profile-picture
joki.ngepot memberi reputasi
1 0
1
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 09:58
Seyeeemmm
0 0
0
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 11:52
Quote:Original Posted By LaMya
harus tetep jaga jarak aman

Yes...

Quote:Original Posted By newkris
Semoga kita semua bisa mematuhi anjuran pemerintah untuk memulai new normal.......jaga diri dan jaga teman.

Tuuul
0 0
0
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 12:31
Yang repot ngatur anak SD krim. Masih belom idep soalnya emoticon-Smilie
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 13:22
nais inpo krim..... emoticon-Cendol Gan
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 13:42
nice thread gan
padahal aktivitas sekolah itu paling seru kalo bisa maen-maen interaksi sama temen yaa
apalagi kalo pas sd tuh, kayaknya ga seru kalo bakalan dibatasin interaksinya
profile-picture
profile-picture
itkgid dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 13:49
Quote:Original Posted By langkasenenge
Yang repot ngatur anak SD krim. Masih belom idep soalnya emoticon-Smilie

Paud, tk, sd.. emoticon-Belo

Quote:Original Posted By adityamaghribi
nais inpo krim..... emoticon-Cendol Gan

emoticon-Shakehand2
0 0
0
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
02-06-2020 15:51
SEBELUM ADA VAKSIN , ANAK ANE LIBURIN DULU GAN DR SEKOLAH, LEBIH PENTING NYAWA~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diehard57 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
03-06-2020 12:03
...... mari maksi dulu emoticon-Traveller
0 0
0
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
03-06-2020 12:15
Jangan buka sekolah dulu kalo kurvanya belum melandai. Guru pun gak akan bisa ngawasin murid segitu banyak, sementara anak2 tau sendiri gimana aktifnya. Daripada muncul klaster2 baru mending ditunda dulu sekolahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
03-06-2020 13:10
semoga pandemi ini cepat selesai

dulu bisa ngumpul rame2 tapi sekarang pisah2

jangan sekolah dulu, karena bisa nular dengan cepat kalo anak2 sekolah

apalagi anak sd dan tk yg ga ngerti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
03-06-2020 15:01
jangan masuk dulu
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
03-06-2020 15:07
Siap siap dah emoticon-Nohope

Yang jadi masalah kita ga bisa kontrol ketika di sekolah. Apa lagi anak masih sd kelas 3, duhhh emoticon-Sorry
Sebagai orang tua malah ga tenang emoticon-Nohope

Moga-moga bisa terkondisi maksimal lah
Diubah oleh line.it
0 0
0
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
03-06-2020 15:11
BULLSHIT...indo mau bacot open sekolah?
sekelas,finland,france aja gagal..lgsg naik positif covid bgtu sekolah di buka seminggu.
taik kuciang lah.
mnding anak gw break setahun dagh..daripada mati konyol gegara rezim DONGO ini
Diubah oleh jenggalasunyi
profile-picture
profile-picture
Brengkengan dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
03-06-2020 15:11
kalau tetap maksa sekolah dibuka ane milih mendingan tinggal kelas aja, ane was was kalau biarin anak sekolah, apalagi anak ane masih kelas 2 sd.

cari aman aja daripada nyesel kemudian
0 0
0
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah
03-06-2020 15:18
Kasihan sekali anak-anak sekarang......masa kanak2 mereka tak seindah masa kanak2 orang tuanya dulu
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia