• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Apa Itu Antifa, Ketahui Kelompok Demonstran yang Dilabeli Sebagai Teroris Oleh Trump

nyonyatuaaaAvatar border
TS
nyonyatuaaa
Apa Itu Antifa, Ketahui Kelompok Demonstran yang Dilabeli Sebagai Teroris Oleh Trump


Banyak warganet tengah ramai ingin mencari tahu informasi mengenai kata kunci 'Antifa' hingga menjadi trending di mesin pencari Google pada hari ini, Senin (1/6).



Tren ini muncul setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memutuskan untuk menggolongkan Antifa sebagai sebuah organisasi teroris. Ia menyatakan hal itu melalui sebuah tweet yang kini telah disukai oleh lebih dari 700 ribu warganet di Twitter.

Antifa yang merupakan kependekan dari "anti-fasis", adalah sebuah kelompok anti-rasis yang memiliki tujuan untuk menentang neo-Nazi dan supremasi kulit putih. Menurut BBC, kelompok ini telah melawan fasisme sejak 1920 dan 1930-an di Eropa.

Kelompok Antifa di setiap aksi selalu memakai pakaian hitam-hitam, memakai masker atau helm untuk menutupi identitas mereka. Meski tidak memiliki struktur terpadu atau kepemimpinan nasional, mereka selalu terlihat terorganisir dan rapih di lapangan.

Kelompok yang ikut berpartisipasi dalam unjuk rasa di AS yang mengecam tewasnya warga kulit hitam George Floyd di tangan polisi, telah disebut oleh Trump mendalangi kekerasan dan vandalisme. Ia melabeli kelompok tersebut sebagai ekstremis sayap kiri yang telah membajak aksi damai warga menuntut keadilan atas kematian Floyd hingga menjadi kerusuhan yang kini terjadi di seluruh negeri.

Antifa modern, seperti diulas di buku "Antifa: The Anti-Fascist Handbook" muncul pada 1980-an untuk menentang kelompok neo-Nazi di Barat. Mereka juga disebut kerap menggunakan kekerasan untuk melawan kelompok rasis dan fasis terhadap masyarakat, serta identik dengan pemakaian bom molotov, batu, atau tongkat. Dalam aksi protesnya, tidak jarang kelompok itu merusak pertokoan, mobil polisi, fasilitas publik, dan menyasar gedung pemerintahan.

Kekerasan dan perusakan itu diyakini Antifa bukanlah suatu hal yang salah, melainkan beralasan sebagai sebuah bentuk pertahanan diri. Metode kekerasannya itu telah menuai banyak kecaman, baik dari publik maupun pemerintah.

"ANTIFA yang memimpin anarkisme, di antara lainnya, telah dimatikan dengan cepat. Yang seharusnya mampu diselesaikan Wali Kota pada malam pertama dan tak menjadi masalah lagi," kicau Trump.

Sebuah video viral di bawah ini menunjukkan seorang pria diduga provokator tengah berusaha memecah beling dari trotoar untuk kemudian dilempar ke arah barikade polisi yang berada di dekatnya.

Melihat upayanya itu, sejumlah demonstran kemudian mencoba menghalau aksinya dan mengambil beling yang ada di genggaman tangannya. Provokator itu kemudian diserahkan kepada pihak berwajib untuk ditahan atas aksinya yang tidak bertanggung jawab.

Kini sejumlah negara bagian seperti Minnesota dan Georgia di mana unjuk rasa telah berekskalasi menjadi kerusuhan dan terjadi penjarahan, telah diterapkan situasi keadaraan darurat dan diturunkan Garda Nasional untuk berjaga.
Trump menyalahkan Wali Kota Minneapolis, Jacob Frey, atas kekacauan yang terjadi di kotanya karena dinilai tidak tegas terhadap para perusuh.

Sebelumnya, Frey telah menyerukan agar keempat polisi yang menyebabkan tewasnya Floyd agar dipecat dengan segera karena hal itu sangat tepat untuk dilakukan. Ia sendiri juga meminta agar keempat polisi tersebut agar ditangkap dan diadili karena telah mengakibatkan Floyd tewas.

"Saya mempercayai apa yang saya lihat, dan apa yang saya lihat itu salah dalam semua tingkat," ujar Frey sambil mengisak tangis.

Di lain pihak, Wali Kota Atlanta, Keisha Lance Bottoms, pada Sabtu (30/5) kemarin melalui siaran langsung mengatakan bahwa hal yang terjadi bukanlah protes, melainkan kekacauan.

"Dari apa yang saya lihat terjadi di jalanan Atlanta, ini bukanlah protes, ini tidak sejalan dengan semangat Martin Luther King Jr., ini adalah kekacauan. Kalian mempermalukan kota kami."

SUMBER

Jika kalian lagi nyari aplikasi jual pulsa termurah bisa coba rekomendasi ane DISINI
Diubah oleh nyonyatuaaa 01-06-2020 11:29
kafir.resistant
nona212
nona212 dan kafir.resistant memberi reputasi
2
1.4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.