iissuwandi
TS
iissuwandi
Ragam Minyak Gosok Khas Nusantara, Mana Favorite Agan?

Assalamualaikum

Siapa yang nggak kenal minyak gosok, benda cair yang setia menemani di kala badan terasa kurang sehat. Ternyata minyak gosok banyak jenisnya, loh. Biasanya minyak gosok ini digunakan untuk terapi pijat istilahnya barang keramat buat kang pijet yang wajib dibawa saat bertugas.

Dalam thread kali ini, yuk kita mengenal macam-macam minyak gosok warisan nenek moyang khas nusantara tentunya.
Minyak Telon

Jenis minyak ini biasanya digunakan untuk bayi. Aroma telon identik dengan bayi, hangatnya pas untuk bayi. Telon dalam bahasa jawa berarti tiga, sesuai namanya minyak ini merupakan campuran dari tiga bahan yaitu minyak kelapa, minyak kayu putih, dan adas. Minyak telon juga diminati oleh anak-anak hingga dewasa bahkan lansia karena aromanya yang lembut.
Minyak Tawon

Minyak ini bukan berarti terbuat dari tawon, ya, GanSist, hanya namanya aja tawon. Minyak ini berasal dari Makasar, Sulawesi Selatan. Minyak tawon diracik dari minyak kelapa, kayu putih, daun lada, bawang, jahe, dan kunyit. Oleh karenanya aroma yang dihasilkan dari minyak ini sangat kuat. Selain untuk memijat, minyak tawon ini dipercaya oleh masyarakat sebagai obat luka, baik luka memar atau luka terbuka. Biasanya anak-anak yang terjatuh, memar jidat kalo balita dalam tahap belajar. Cukup dioles pada area yang sakit, rasa hangat yang dihasilkan bisa mempercepat proses penyembuhan.
Minyak Kayu Putih

Kalo ini pasti familiar banget buat Agan dan Sista. Ane juga masih suka make kalo digigit semut atau nyamuk, aromanya nggak terlalu kuat, enak di indera penciuman ane. Minyak ini terbuat dari kayu dan daun eucalyptus alias kayu putih. Rasanya yang hangat cocok digunakan saat cuaca dingin. Minyak kayu putih berasal dari Ambon ternyata, GanSist. Biasanya minyak ini digunakan untuk menghilangkan mual, perut kembung, pusing, dan sebagai penyegar udara jika bayi pilek. Caranya dengan menuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom yang berisi air panas. Nantinya baskom tersebut diletakkan di pojok ruang kamar.
Minyak Karo

Sesuai namanya minyak ini berasal dari Tanah Karo, Sumatera Utara. Minyak ini adalah racikan tradisional suku Batak Karo. Di tempatnya, minyak karo dikenal sebagai minyak pengalun atau minyaj pijat. Minyak karo diracik dari minyak kelapa, akar-akaran, dan rempah-rempah. Untuk rempahnya sendiri terdiri dari buah pala, minyak kelapa hijau, kencur, lada, rempah ratus, daun kapal kapal, daun jeruk purut, kemangi, akar pinang, gagaten harimau, panglai, sarang wallet, jambar api, tawar gegeh, tawar ipuh, bulung nilam, akar riman, akar bambu, alang-alang, kunyit, pinang akar pengkih, akar enau,bawang merah dan bawang putih.
Minyak Serai

Selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan masakan, serai juga digunakan sebagai bahan dasar minyak serai. Untuk mencapai tahap akhir menjadi minyak, serai harus melewati penyulingan terlebih dahulu. Selain digunakan sebagai minyak urut, minyak ini juga berkhasiat mengusir serangga terutama nyamuk. Minyak serai juga dipercaya sebagai obat kurap dan ketombe, loh, GanSist.
Minyak Akar Lawang

Minyak ini berasal dari Ambon dan Papua. Sesuai namanya minyak ini terbuat dari ekstrak akar dan kayu pohon lawang. Sensasi yang dihasilkan pun lebih kuat dari minyak-minyak lainnya. Biasanya minyak ini digunakan sebagai obat urut, menghilangkan kram, encok, keseleo, dan masalah otot lainnya.
Minyak Cendana

Minyak ini telah dikenal semenjak berabad-abad yang lalu. Minyak yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini adalah kesukaan Cleopatra pada zamannya. Minyak ini dihasilkan dari penyulingan batang pohon cendana. Minyak ini digunakan untuk kecantikan, memperhalus kulit, menghilangkan jerawat, dan membuat rambut terlihat indah. Aromanya yang wangi membuat minyak ini digunakan sebagai pengawet mayat agar tidak cepat busuk.
Minyak Cengkeh

Minyak yang satu ini terkenal karena khasiatnya sebagai obat sakit gigi. Minyak yang terbuat dari ekstrak cengkeh ini berasal dari Maluku Utara. Selain berkhasiat menyembuhkan sakit gigi, minyak ini juga dipercaya dapat mengobati kulit yang terkena infeksi.

Dari sekian banyak macam minyak tersebut di atas, mana yang menjadi favorite Agan dan Sista?

Sumber gambar : Google
Referensi : 1, 2
Dnizarwisudajuninona212
nona212 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
5.1K
151
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.