.r4hma.
TS
.r4hma.
Kenapa Kapal Pesiar Berwarna Putih?




Kali ini kita akan bicarakan sesuatu yang sangat sederhana namun sering juga ditanyakan banyak orang. "Kapal pesiar kok banyak warnanya putih?"

Sebelum membahas itu lebih jauh kita bahas dulu awal mulanya tercipta kapal pesiar, di tahun 1800 ada seorang pebisnis dari Skotlandia bernama Arthur Anderson. Ia menginginkan bersenang-senang sebagai penumpang di laut lepas, maka ia pun berlayar dari Skotlandia ke Islandia.

Akhirnya merasa puas iapun mendirikan sebuah bisnis di tahun 1835, bersama dengan Brodie Willcox mendirikan Peninsular and Oriental Steam Navigation Company. Disingkat P&O, dan dimasa sekarang perusahaan ini salah satu perusahaan kapal pesiar terbesar di dunia.



Kemudian di tahun 1881, kapal pesiar ceylon pertama kali diciptakan khusus untuk orang kaya yang ingin berlayar. Yang sebelumnya mereka menggunakan kapal uap untuk pengantar surat.

Perlu di ingat kapal-kapal pesiar ini awalnya bukan berwarna putih namun macam kapal-kapal uap pada umumnya, seperti yang terjadi pada Titanic. Kapal pesiar mewah dengan corak warna lebih banyak hitamnya.



Kenapa sekarang kapal pesiar lebih banyak menjadi berwarna putih?

Fungsi utama dari warna putih adalah untuk memantulkan cahaya matahari, agar suhu di dalam kapal tidak terlalu pengap. Maka pemakaian AC secara langsung tidak terlalu bekerja ekstra keras. Bayangkan di tengah laut sinar matahari otomatis langsung menyengat, bila memakai warna gelap maka yang terjadi suhu di dalam kapal juga meningkat.



Itu adalah fungsi utama dari warna putih pada kapal pesiar, namun secara natural warna putih terlihat lebih elegant, eksklusif, mewah dan berkarakter mahal. Maka cenderung kapal-kapal pribadi dan juga kapal pesiar identik dengan warna putih.

Namun yang menarik warna putih ini juga diadopsi oleh pesawat terbang komersil, jadi warna putih berkaitan agar suhu udara di dalam pesawat atau kapal pesiar bisa lebih nyaman.

Walau sekarang ada juga beberapa kapal pesiar yang berwarna cerah selain putih, namun mayoritas warna putih lebih mendominasi. Bagaimana kini sudah jelas bukan, lagipula warna putih akan memperlihatkan noda bila kapal itu ada kerusakan.




Sumber 1, 2






j0rjinona212ujellyjello
ujellyjello dan 39 lainnya memberi reputasi
40
7.2K
143
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.