News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed28870dbf764601c6f0ba1/berita-terkini--kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi, Chatarina Muliana Girsang menyampaikan Surat Edaran Nomor 15 ini untuk memperkuat Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 te
Lapor Hansip
30-05-2020 23:23

Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah

Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi, Chatarina Muliana Girsang menyampaikan Surat Edaran Nomor 15 ini untuk memperkuat Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).

“Saat ini layanan pembelajaran masih mengikuti SE Mendikbud nomor 4 tahun 2020 yang diperkuat dengan SE Sesjen nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama darurat Covid19,” disampaikan Chatarina pada Bincang Sore secara daring, di Jakarta, pada Kamis (28/05/2020).

Dalam surat edaran ini disebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19, mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.

“Pilihannya saat ini yang utama adalah memutus mata rantai COVID-19 dengan kondisi yang ada semaksimal mungkin, dengan tetap berupaya memenuhi layanan pendidikan. Prinsipnya keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala sekolah, dan seluruh warga satuan pendidikan adalah menjadi pertimbangan yang utama dalam pelaksanaan belajar dari rumah,” ungkap Chatarina.

Kembali Chatarina mengingatkan bahwa, kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum serta difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi Covid-19. “Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik,” katanya.

Chatarina menambahkan aktivitas dan penugasan BDR dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan peserta didik sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR. “Hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif, serta mengedapankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua,” terangnya.

Tahun Ajaran Baru Tidak Harus Tatap Muka

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dikdasmen) Hamid Muhammad menerangkan bahwa lazimnya, kalender pendidikan untuk jenjang PAUD Dikdasmen ditetukan pada minggu ketiga di bulan Juli. Ditegaskan Hamid, mengingat saat ini tengah terjadi pandemi COVID-19, tahun ajaran baru tidak sama dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah.

Metode dan media pelaksanaan BDR dilaksanakan dengan dengan Pembelajaran Jarak Jauh yang dibagi kedalam dua pendekatan yaitu pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). "PJJ ada yang daring, ada yang semi daring, dan ada yang luring," kata Hamid.

Untuk media pembelajaran jarak jauh daring, Kemendikbud merekomendasikan 23 laman yang bisa digunakan peserta didik sebagai sumber belajar. Selain itu, warga satuan pendidikan juga dapat memperoleh informasi mengenai Covid-19 di https://covid19.go.id serta di laman [url]https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id.[/url]

Kemudian, untuk metode pembelajaran jarak jauh secara luring, warga satuan pendidikan khususnya peserta didik dapat memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan oleh Kemendikbud antara lain program belajar dari rumah melalui TVRI, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak serta alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar.

"Ketika tahun ajaran baru sebagian besar sekolah menggunakan PJJ maka ini yang akan diperkuat. Kami akan support melalui Rumah Belajar, TV Edukasi, kerja sama dengan TVRI akan diperpanjang, kemudian penyediaan kuota murah oleh para penyedia telekomunikasi," pungkas Hamid Muhammad. (*)

Jakarta, 28 Mei 2020

Sumber : Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Editor : GVA


Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
30-05-2020 23:27
iya belajar dirumah aja ya adek²..

biar yg dewasa yg lanjut cari nafkah..
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
30-05-2020 23:47
Kita belajar dari keadaan saja.

Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 02:08
Sekarang Homeschooling jadi trend.
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 02:23
Banyak kok univ di indo yg selenggarain online learning dr dulu nah todong aja eh kerja sama gt maksudnya buat semacam numpang di server mereka emoticon-Hammer
Nanti guru2 tinggal upload materi dan soal2 nya disana emoticon-EEK!
Murid2 tinggal dikasi web addresnya suruh bikin akun trus login deh emoticon-EEK!
Sekalian lah klo mau ngonlen yg all out kan katanya didukung pemerintah ini emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Lihat 10 balasan
Memuat data ..
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 03:47
semua juga sekarang uda paham kalo sekedar via layar ga bisa nandingin nikmatnya dateng belajar/mengajar langsung ke sekolah

kadang, ada hal hal yang ga bisa didapet dari sekedar belajar sambil nontonin layar
Diubah oleh tamtambun
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 06:13
hmmm.. masih mantau.. Juli bakal beda lagi
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 06:35
Hmm tumben bener kebijakannya, iya dripada dateng ke sekolah tiba tiba duar positif semua kan kasian bocah bocah, blum apa apa kena korona....emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 06:53
kampus gw gada namanya kuliah online, adanya tugas online yg dikumpulin dlm bbrp jam, udah sebulan lebih gada pertemuan yang khsusu buat mempelajari materi, semua cuman upload tugas
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 07:00
Tahun ajaran baru, masih bisa minta uang bangunan gak yah.
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 07:07
kuncinya adalah internet yg merata..
dan dengan pandemi ini pemerintah harus berpikir kedepan..
Internet merata kalau cakupan jaringan bisa jauh..
Cakupan bisa jauh kalau menggunakan frekuensi rendah..
Di negara2 lain frekuensi 700 itu buat internet, sedangkan di Indonesia masih buat tv analog..
5G di negara lain udah duluan pakai frek 700 untuk coverage..
Disini masih aja gak pada mau pindah ke tv digital..
Harus dipaksa pindah jgn ditunggu..
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 08:15
ksian yang didaerah pegunungan blm terjamah akses internet bahkan sinyal hape saja susah
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 08:40
butuh waktu sebulan untuk muncul pedomannya
pantes negara kita susah maju
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 14:10
Pendidikan di seluruh Indonesia memang tidak bisa disamaratakan implementasinya, keadilan dalam hal ini sangat dibutuhkan.
0 0
0
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 14:11
yang ga punya teknologi memadai serta inisiatif belajar sendiri bagaimana?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Berita Terkini : Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah
31-05-2020 23:35
semoga bisa membantu para pelajar yang masih dibebankan dengan kegiatan belajar ya
emoticon-Jempol emoticon-Jempol
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia