• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Tiga Makanan Alami Yang Terdapat Pada Pohon Sagu. Salah Satunya Sangat Ekstrem.

muyasy
TS
muyasy
Tiga Makanan Alami Yang Terdapat Pada Pohon Sagu. Salah Satunya Sangat Ekstrem.



Assalamu'alaikum Gansis. Apa kabar? Oke deh, tetep stay at home. Kalo bosen, uprek-uprek aja tridku. Hehe.

Bicara tentang Papua, aku langsung berpikir, keunikan apa nih yang harus aku bagikan di trid ini, supaya kalian lebih tau. Semua daerah pasti mempunyai ciri khas, makanan khas, adat istiadatnya dan lain-lain.

Bicara tentang makanan khas daerah Papua, aku teringat tentang sagu. Pertama dari pohon sagu yang ditebang, lalu dipangkur, diperas, diendap sampai kelihatan patinya. Kemudian, pati sagu tersebut ditaruh dalam karung atau daun rumbia yang ditata sedemikian rupa untuk membawa pati tersebut di bawa pulang. Itu adalah proses pembuatan tepung sagu. Membutuhkan waktu yang sangat lama.


Quote:



Adapun tiga makanan alami dari pohon sagu, antara lain :

1. Tepung sagu

Makanan pokok pengganti nasi, gizinya juga tak meragukan. Mengandung karbohidrat untuk membuat badan tetap mempunyai energi sebelum menjalankan aktivitas. Selain dibuat papeda, tepung sagu sekarang banyak dikemas dan dijual ke berbagai daerah.


Quote:



Kadang sebagian orang menyebutkan tepung sagu adalah tepung tapioka, padahal keduanya sangat berbeda. Kemungkinan tepung sagu yang jarang dijumpai, menjadikan tepung tapioka sebagai gantinya.

2. Ulat sagu

Selain tepung sagu, ada sebagian orang yang menyebut makanan ini adalah makanan ekstrem, yaitu ulat sagu. Ulat sagu panjangnya kira-kira 5 centimeter - 6 centimeter berkumpul di dalam pohon sagu yang sudah tumbang. Rezeki mereka jika saat menebang pas ada ulat sagunya.

Panen banyak pastinya. Lalu, mereka beramai-ramai membuat api unggun untuk memanggang ulat sagu di atasnya. Rasa manis yang dihasilkan dari ulat sagu menjadi kesenangan tersendiri. Terkadang, mereka memakan ulat sagu dalam keadaan mentah. Jangan heran, mereka sudah terbiasa akan hal itu.


Quote:



Bukan hanya protein tinggi yang ada pada gizi ulat sagu, sebagian tubuhnya adalah lemak. Terlihat ulat sagu yang berwarna putih atau kekuningan.

Orang Papua tidak hanya memanggang ulat sagu di atas bara api. Terkadang ulat sagu dibuat lauk atau camilan. Seperti, roti isi ulat sagu panggang, mie goreng ulat sagu, keripik ulat sagu, sop ulat sagu dan masih banyak lagi.

3. Buah rumbia/buah sagu

Satu ini nih, yang sangat langka dan hampir tidak terjamah sekarang ini, yaitu buah rumbia atau buah sagu. Mungkin karena buahnya yang kelat/lengket jadi tidak ada yang minat untuk memakannya.


Quote:



Sepintas mirip dengan buah salak. Kulitnya yang keras dan bersisik. Buah sagu ini dulu sangat disukai, tetapi tahun pun berlalu buah sagu ini lama-lama sudah ditinggalkan. Tidak ada yang pernah mengambil untuk memakannya.

emoticon-I Love Indonesia

Tanaman liar yang satu ini, sebagai pelengkapnya yang dapat dikonsumsi orang Papua, yaitu jamur sagu. Tumbuh tidak terdapat pada pohon sagu, tapi tumbuh alami di sekitar ampas sagu yang sudah lapuk.

Sangat jarang ditemui pada hutan sagu tersebut. Maka dari itu, orang Papua sangat senang jika menjumpai jamur sagu di hutan. Rasanya yang enak, lezat dan nikmat.


Quote:



Bentuk dari jamur sagu mirip dengan jamur merang pada umumnya. Warnanya yang putih keabuan dan seperti payung yang bergerombol. Kalau bisa, jamur sagu ini dapat dibudidayakan. Pasti banyak orang Papua mempunyai penghasilan dan dapat mengonsumsinya setiap hari.

Semua makanan yang terdapat dari hutan sagu langsung, menambah kesenangan tersendiri. Rasanya yang alami dan tanpa adanya bahan pengawet.

Bagaimana Gansis, apa nggak penasaran dengan makanan dari tanaman asli Papua? Aku juga penasaran banget. Semoga ada rezeki ya untuk makan angin ke sana. Aamiin.





Sumber : blog pribadi
Diubah oleh muyasy 31-05-2020 00:46
evihan92nona212tien212700
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.5K
113
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.