LordFaries3.0Avatar border
TS
LordFaries3.0
Dibahas Jokowi-Trump, Brebes akan Tampung Pabrik Jepang-Korea

Jakarta, CNBC Indonesia - Kawasan Industri Brebes disiapkan oleh pemerintah sebagai lokasi tak hanya menampung relokasi pabrik-pabrik dari China yang dimiliki AS, tapi juga Jepang hingga Korea Selatan.

"Pengembangan kawasan industri di Brebes diharapkan bisa membuat kawasan ini menarik untuk relokasi dari negara Jepang, Korea, atau AS terutama mereka yang akan mengambil untuk merelokasi value chain industrinya ke daerah, termasuk Indonesia," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai Ratas soal Proyek Strategis Nasional, di Jakarta, Jumat (29/5).

Nama Brebes belakangan sering jadi buah buah bibir, selain jadi lokasi baru relokasi pabrik PT Shyang Yao Fung, salah satu pabrik yang memproduksi brand kenamaan yang buyernya antara lain Adidas, yang pindah dari Tangerang.

Brebes juga digadang-gadang menjadi lokasi baru relokasi pabrik-pabrik multinasional milik AS di China yang akan dipindah ke Indonesia.

Hal ini bermula saat Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bercerita soal percakapan 'rahasia' antara Presiden Jokowi dengan Presiden AS Donald Trump. Jokowi berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, soal pembahasan peluang investasi di bidang farmasi di Indonesia, karena 90% bahan baku farmasi harus impor.

"Presiden Jokowi bicara dengan Presiden Trump, sekarang Presiden Trump dengan Indonesia. Karena dia berantem dengan Tiongkok, dia mau relokasi industrinya (di China), saya diminta presiden untuk bicara nanti sama pembantu Presiden Trump," sebut Luhut, kemarin (10/5)

PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) sebagai BUMN pengembang Kawasan Industri Brebes (KIB) di Jawa Tengah menyatakan siap dalam menyambut sejumlah pabrik AS yang berencana merelokasi pabrik dari China.

Direktur Operasional PT KIW, Ahmad Fauzie Nur mengatakan persiapan-persiapan sudah dilakukan sejak dini untuk menciptakan KIB menjadi ramah investasi. Sehingga, pengalaman pahit Indonesia pada tahun 2019 lalu, tak ada satupun pabrik dari China yang relokasi ke Indonesia diharapkan tidak terulang lagi.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...k-jepang-korea

Bagus ini... Paska industri AS cs diungsikan, mengleng bakal ditabokin, lebih baik jaga jarak dengan mengleng, daripada kena getahnya....

Yg masih halu mengleng militernya bisa nandingi AS lebih baik mulai sadar..... AS dah mulai kalab.... Dalam sejarah kalau AS ngamuk negara yg terdampak bakal berantakan...

Diubah oleh LordFaries3.0 29-05-2020 13:29
a.w.a.w.a.w
Uprutz
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.