GENKBOL
TS
GENKBOL
Teknologi yang Populer di Era New Normal, Serba Online Gan!
Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penularan COVID – 19. Mulai dari himbauan untuk selalu cuci tangan, menggunakan masker, hingga jaga jarak dari kerumunan. Himbauan ini membuat munculnya sebuah tatanan hidup baru bagi masyarakat atau istilah sekarang new normal. 


New normal membuat adanya kebiasaan baru yang dulu sangat jarang dilakukan oleh banyak orang. Dan ini lebih banyak didukung oleh kecanggihan teknologi, karena himbauan untuk jaga jarak dan hindari kerumunan. Berikut ini beberapa teknologi yang cukup populer ditengah era new normal seperti sekarang:

Konsultasi dokter secara online

Demi tujuan memutus mata rantai penyebaran COVID – 19, pergerakan masyarakat pun dibatasi. Tapi ditengah pembatasan tersebut, masyarakat tetap butuh layanan kesehatan dan itu gak hanya terkait dengan COVID – 19.  Oleh karena itu, berbagai platform layanan kesehatan digital (Telemedicine) marak digunakan di era pandemi Covid-19.  Banyak orang bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus melalui tatap muka, tak hanya itu pasien juga bisa langsung membeli obat berdasarkan resep digital yang dikirimkan dokter setelah sesi konsultasi.

Belajar dan bekerja online

Adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk memberlakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Berbagai aplikasi video converence digunakan untuk menunjang kegiatan ini. Selain proses belajar mengajar, bekerja juga dilakukan di rumah. Memang gak semua pekerjaan bisa dilakukan secara daring, namun dengan adanya pandemi ini, kita jadi tau mana kerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah dan gak bisa dikerjakan dari rumah. Mungkin kedepannya ini akan diterapkan oleh beberapa perusahaan.

Penggunaan robot dan AI

Peran robot dimasa pandemi sangat membantu untuk para tenaga medis. Dibeberapa negara seperti Italia dan Singapura, mereka memanfaatkan teknologi robotika untuk penanganan wabah ini. Selain itu teknologi AI juga sangat membantu untuk menganalisa diagnosa pasien COVID – 19. Beberapa negara udah nerapin teknologi ini untuk menganalisa resiko pasien terkena COVID – 19, salah satunya Malaysia.

Pelacakan orang

Banyak teknologi baru yang hadir untuk melacak kondisi kesehatan seseorang. Di China misalnya, warga diberi kode QR berwarna pada ponsel mereka. Warna QR akan menentukan apa yang bisa mereka lakukan. Warga boleh masuk ke restoran atau tempat keramaian lain jika QR mereka berwarna hijau


Diubah oleh GENKBOL 22-05-2020 09:50
darwinsilbShyesun.puchanona212
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.3K
26
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.