Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Joni EstaurinaAvatar border
TS
Joni Estaurina
5 hal yang bisa dilihat dari Sitkom Preman Pensiun
Setelah sebelumnya thread ane yang ngebahas sitkom Tukang Ojek Pengkolan https://kask.us/iFo9q Alhamdulillah sempet jadi Hot Thread, kali ini ane mau coba bahas sitkom lainnya yang 1 kreator sama TOP. Ane gak ngarep jadi Hot Thread lagi kok, tenang...tapi kalo Hot Thread lagi, Alhamdulillah...hahahaha

Kalo sebelumnya sitkom Tukang Ojek Pengkolan alias TOP ane pantau sore-sore setelah Work From Home, kali ini ane memantau sitkom Preman Pensiun yang sedang tayang di salah satu stasiun Tv swasta terbesar di indonesia yaitu RCTI. 



Jujur kalo sitkom Preman Pensiun ini ane ud lama ngikutinnya, lebih tepatnya dari pas bulan puasa tahun 2015. biasanya Preman Pensiun (PP) tayang sebelum waktu berbuka puasa, kalo gak salah mulai jam 5 apa yah? emoticon-Hammer waktu ane mulai ngikutin, PP ud ada di season 2, waktu Kang Bahar yang diperankan oleh alm. Didi Petet masih ada smp eps 20 sebelum meninggal dunia pada 15 mei 2015 (diceritakan juga meninggal dunia di sitkomnya).

Kelar season 2 itu ane coba cari-cari tayangan season1-nya, dan Alhamdulillah selesai juga nonton yg season 1. sejak itu ane ngikutin season 3nya, FTV-nya, film layar lebarnya, sampai yang sekarang lagi tayang di RCTI season 4-nya. akhirnya setelah 4 tahun, seriesnya dibikin lagi sm Kang Aris Nugraha, dan dia yang langsung turun lagi jadi Sutradaranya.

Preman Pensiun menceritakan bagaimana seorang Kang Bahar (alm. Didi Petet) yang merupakan pemegang kekuasaan yang mencengkram jalanan, pasar dan terminal menyatakan pensiun setelah istrinya meninggal dunia. Tongkat kekuasaan Kang Bahar kemudian diserahkan kepada Muslihat (diperankan oleh Epy Kusnandar) yang melanjutkan bisnis dan menjadi kelompok2 preman di Bandung.

Ada 5 hal yang bisa dilihat dari sitkom Preman Pensiun menurut ane:

1. Seorang preman bisa pensiun

Setelah kematian istrinya, Kang Bahar menyatakan pensiun menjadi preman. Alasan ia pensiun dikarenakan sebelum istrinya meninggal, istrinya berujar akan menunggunya di surga. Kang Bahar berpikir, bahwa kalau dia terus menjadi preman, tidak mungkin akan sampai ke sana.

2. Preman bisa menjadi bucin
Keluarga Kang Mus (Epy kusnandar) termasuk menjadi keluarga yang diangkat ceritanya di Preman Pensiun. Istrinya yang bernama Esih dan anaknya yang bernama eneng menjadi perhatian utama dari Kang Mus jika di rumah.

3. Preman takut sama mertua
Selain mengangkat cerita istri dan anak Kang Mus, PP juga mengangkat bagaimana Kang Mus takut sama mertuanya, ibu dari Esih. seringkali Kang Mus yang lagi bernada tinggi, akan bernada rendah jika Emak yang sudah memanggilnya. sering kali juga Emak minta dibelikan sesuatu dan harus dipenuhi Kang Mus.

4. Senioritas
Kang Mus sebagai pemimpin kelompok-kelompok preman di Bandung, sangat ditakuti dan disegani oleh anak buahnya. sebagai senior setelah Kang Bahar, tidak ada yang berani membantah atau melanggar perintah Kang Mus, bahkan jika Kang Mus yang sudah muncul, semua akan menunduk dan terdiam.

5. Kekeluargaan
Meskipun berada dalam bisnis yang "tidak baik" Kang Bahar atau Kang Mus sangat memperhatikan orang yang ada di sekitarnya termasuk anak buahnya. orang-orang tersebut dianggap sebagai keluarga dan rasa kekeluargaan ini tidak akan hilang walaupun mereka sudah pensiun jadi preman. ada beberapa cerita Kang Mus menyelamatkan anak buahnya yang sedang dalam masalah karena sudah menganggap mereka sebagai keluarga

Yaa itulah sedikit pandangan ane mengenai sitkom Tukang Ojek Pengkolan ini sambil menunggu waktu berbuka puasa...kalau ada yang tidak sepemahaman, ane minta maaf yaaaa ini cuma pandangan ane doang kok...mau setuju silahkan, gak setuju juga gak masalah.

emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
denny7802
infinitesoul
pakolihakbar
pakolihakbar dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.