News
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ece8dd6365c4f700a2306a3/sejarah-propaganda-pki-versi-nu-bagian-2
Sejak dikeluarkannya peringatan oleh KH Hasyim Asy’ari tahun 1947 kala Muhtamar NU-17 di Madiun, kalangan NU sendiri selalu siaga terhadap serbuan PKI, tetapi mengingat besarnya kekuatan PKI maka sulit dibendung.
Lapor Hansip
27-05-2020 22:57

Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)

Past Hot Thread
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
Logo Partai Komunis Indonesia (Tribunnews.com)

Tread dengan judul Sejarah Propaganda PKI ini sengaja ane buat untuk memperkaya wawasan sejarah kebangsaan kita semua sebagai bangsa Indonesia. Dan pemilihan referensi dari NU sengaja ane pilih agar pembahasan sejarah PKI yang ane sampaikan menjadi netral dengan tidak ada bumbu-bumbu politik.

NU PINDAHKAN KANTOR PUSAT DI MADIUN
Sejak dikeluarkannya peringatan oleh KH Hasyim Asy’ari tahun 1947 kala Muhtamar NU-17 di Madiun, kalangan NU sendiri selalu siaga terhadap serbuan PKI, tetapi mengingat besarnya kekuatan PKI maka sulit dibendung. Selama masa revolusi itu kantor pusat PBNU pun sengaja dipindahkan dari Surabaya ke Madiun sehingga kesibukan para tokoh NU terpusat di Madiun. Selepas Muhtamar NU-17 Madiun, KH Wahab Hasbullah seorang Pemimpin Besar NU ditugaskan untuk mengkonsolidasi NU dan Barisan Sabilillah se Jawa. Pertemuan ini sebenarnya untuk menghadapi agresi Belanda tetapi juga sekaligus membentengi Indonesia dari komunis, yang sudah merajalela di mana-mana.
spoiler

Pertemuan yang dihadiri petinggi NU dan pimpinan Sabilillah se Jawa tersebut diselenggarakan di kota Ngawi yang jaraknya sangat dekat dengan Madiun, Pertemuan itu digagas guna mengumpulkan kekuatan NU untuk menghadapiagresi Belanda ke-2 hingga menghadapi propaganda PKI yang semakin masif melakukan aksinya. Para kiai mendapatkan tugas beragam, seperti KH Yusuf Hasyim (putra KH. Hasyim Asyari) mendapatkan tugas mengkonsolidasikan para ulama Pesantren yang ada di sekitar kota Madiun. Bersamaan dengan dilaksanakannya pertemuan antara pemipin NU dan Pimpinan Hisbullah Sabilillah itu terjadilah peristiwa Kudeta berdarah di Madiun. Pertemuan itu langsung ditutup seluruh peserta disuruh segera kembali ke daerah, masing-masing untuk jihad menghadapi PKI. Untuk bisa keluar dari Ngawi juga sangat susah, tetapi karena semuanya telah belajar strategi dan taktik bertempur di Cibarusa selama masa penjajahan Jepang, maka merka bisa keluar dari ngawi dengan selamat. Termasuk Kiai Wahab sendiri sebagai tokoh terkemuka NU yang wajahnya sangat mudah dikenali, ketika kembali ke Surabaya harus melewati Madiun. Gara bisa menembus blokde PKI dengan selamat, maka Kiai itu berhasil keluar dari Ngawi bahkan melewati Madiun dengan selamat sampai ke Surabaya dengan menyamar sebagai orang biasa, sehingga bisa menyelamatkan diri dari sergapan PKI.


PKI UNJUK KEBOLEHAN JUMLAH MASSA

Dalam beberapa kesempatan untuk menyongsong tahun 1955 (Event Pemilu pertama Indonesia) PKI mulai melakukan konsolidasi dan rapat umum terbuka di berbagai pelosok negeri terutama di daerah-daerah yang dekat Basis mereka di Madiun Jawa Timur. Bebererapa kali PKI menggelar kegiatan Rapat Umum dengan menghadirkan Puluhan Ribu Massa, hal ini nampaknya sengaja dilakukan PKI untuk memperlihatkan jumlah mereka di Indonesia kala itu. Padahal tidak semua yang hadir di acara PKI adalah orang PKI, banyak juga masyarakat umum yang di mobilisasi dan dipaksa untuk ikut menghadiri acara PKI. Karena jika tidak mau keselamatannya terancam para warga pun terpaksa mengikuti saja ajakan itu.

spoiler

Sebagai puncak dari semua manuver dan provokasi tadi adalah diselengarakannya rapat umum yang dihadiri langsung oleh Muso maupun Amir Syarifuddin pada bulan Agustus tahun 1948 di beberapa tempat seperti Madiun, Trenggalek dan juga di kota kota lain di sekitar Jawa Timur –Jawa Tengah, sebagai strategi PKI untuk show of forceterhadap kekuatan mereka untuk menguasai Republik Indonesia. Semua tokoh PKI setempat dan daerah serta dari CC-PKI hadir dalam rapat umum yang dihadiri puluhan ribu orang. Tetapi bukan semuanya PKI, sebagian masyarakat desa yang tidak tahu-menahu urusan politik tetapi dimobilisasi secara paksa oleh PKI. Mereka ikuti saja kehendak PKI, kalau mereka menolak jiwa mereka akan terancam. Dengan demikian kekuatan PKI kelihatan sangat besar sehingga bisa menggetarkan lawan.
spoiler


Suatu ketika KH Yusuf Hasyim (anak KH. Hasyim Asyari) melakukan konsolidasi barisan kiai NU di Kota Madiun, kota itu terlihat sangat lengang, warga menghindarkan diri supaya tidak bertemu dengan tentara FDR-PKI terutama dari unsur Pesindo yang sangat agresif. Mereka berkeliaran ke seluruh sudut kota dan desa dengan seragam serba hitam dengan selendang merah bersenjata api atau pedang, siap membunuh dan merampas siapa saja yang ditemui. Pasukan keamanan baik Tentara maupun Polisi sendiri kelihatan sudah kewalahan mengatasi keadaan, sehingga kelompok PKI leluasa melakukan teror dan penindasan. Saat itulah para Kiai yang dikunjungi menyarankan agar K Yusuf Hasyim segera meninggalkan Madiun karena takut bertemu dengan tentara FDR-PKI . Kiai Yusuf Hasyim berhasil keluar dari Madiun dengan selamat, kemudian mendengar kabar para kiai yang kemarin di kunjungi sudah menjadi syuhada dibantai oleh PKI.

 PROKLAMIRKAN NEGARA SOVIET MADIUN, PKI BANTAI BIROKRAT

spoiler

Untuk memperluas pengaruh Front Demokrasi Rakyat (FDR) PKI serta untuk mempersiapkan kader-kader militan PKI, PKI Menyusun siasat untuk mengambil alih karesidenan Madiun dan beberapa daerah disekitarnya untuk di jadikan Negara Komunis. Setelah situasi sudah dianggap matang maka FDR yang berada di Kota Madiun yang dipimpin oleh Soemarsono pada tengah malam sekitar jam 24.00 WIB pada 18 September 1948, memproklamasikan pemerintahan baru yang disebut sebagai Pemerintah Front Nasional, sebagai lawan dari Pemerintah Republik Indonesia, hal itu merupakan cikal bakal berdirinya negara komunis yang dinamakan Negara Soviet Madiun.
Gerakan ini dimulai dengan menyerbu ke markas Tentara, ke kantor Polisi, setelah pasukan keamanan itu dilumpuhkan baru menyerang perkantoran pemerintah. PKI menjebol berbagai penjara yang ada daerah basisnya untuk membebaskan para aktivis PKI dan penjahat kriminal lainnya yang ditahan aparat kepolisian. Kelompok itulah yang kemudian direkrut sebagai kekuatan PKI dalam melakukan serangan terhadap lawannya. Dengan disemangati balas dendam pada polisi dan aparat negara lainnya, mereka terus melakukan penangkapan dan pembantaian kepada siap saja yang dianggap menghalangi gerakan mereka.

spoiler


Setelah posisi mereka kuat di karasidenan Madiun lalu PKI menuju sasaran utama yakni merebut Kantor Residen Madiun serta instansi pemerintah lainnya. Saat itu Residen Madiun Mr. Samadikun kebetulan tidak ada di Madiun, karena sedang bertemu dengan pemerintah RI di Yogyakarta, maka selamatlah ia dari pembunuhan. Sementara wakilnya yaitu Patih berha sil ditangkap dan dibunuh pemberontak. Demikian juga nasib yang dialami pimpinan daerah seluruh Karesidenan Madiun seperti Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan dilakukan penangkapan terhadap para pejabat pemerintah, para bupati, patih, wedono dan para asistennya ditangkap dan dibunuh. Pejabat tinggi yang menjadi korban peristiwa ini adalah R. Soerjo Gubernur pertama Jawa Timur yang ditelanjangi dan dibunuh oleh PKI dengan tangan dan kaki terikat, PKI juga membunuh 2 personel Polisi yang saat itu menemani R. Soerjo mereka adalah Kombes M. Doerjat (Kapolda Jatim saat itu) dan Kompol Soeroso, rombongan para Birokrat / pejabat pemerintah daerah yang sedang melewati Ngawi juga dijegat dan dibantai oleh PKI yang jenazahnya dilempar ke tepi Bengawan Solo.

spoiler

Sebagai langkah lanjutan dari kudeta berdarah itu PKI yang bukan pemerintah resmi melakukan penggantian kepala pemerintahan, sebagai Residen untuk menggantikan Mr. Samadikun ditunjuklah Abdul Muthalib sebagai Residen, dia seorang tokoh Pesindo bekas Wakil Residen Surabaya. Kemudian Soemarsono pemimpin pemberontak ditetapkan sebagai Gubernur Militer, sementara wakilnya adalah Soepardi bekas Walikota Madiun, Komandan Militer dipimpin oleh Kolonel Joko Sujono yang sejak awal mendampingi pimpinan pemberontak Soemarsono. Demikian juga seluruh kepala jawatan di seluruh jajaran diganti dengan orang-orang PKI, sehingga daerah Madiun dan sekitarnya sepenuhnya betul telah dikuasai PKI dan di situlah mereka melakukan pembantaian terhadap orang-orang non PKI. Secara serentak beberapa pimpinan derah yang dikuasasi PKI diganti dengan orang-orang PKI seperti di Ngawi, Blora, Pati dan sebagainya. Ketika kelompok FDR pimpinan Soemarsono telah menguasasi Madiun dan sekitarnya barulah pada 19 September 1948 pimpinan tertingi FDR Muso dan Amir Syarifuddin masuk ke Madiun dengan disambut meriah oleh para pemberontak seraya meneriakkan “Menang Perang!”. Di tengah gerombolan pemberontak itulah Muso segera memberikan pernyataan terbuka yang disiarkan oleh Radio Front Nasional yang ditujukan pada seluruh rakyat Indonesia: 

Quote:
“Pada tanggal 18 September 1948 Rakyat Daerah Madiun telah memegang kekuasaan negara dalam tangannya sendiri. Dengan begitu rakyat Madiun telah melaksanakan kewajiban Revolusi Nasional ini, bahwa ia seharusnya dipimpin oleh rakyat sensdiri dan bukan oleh kelas lain. ....Mereka sewaktu pemerintahan pendudukan Jepang menjadi quisling-quisling budak Jepang, tukang jual Romusa. Sekarang mereka akan menjual Indonesia dan rakyatnya sekali lagi pada imperialis Amerika.
Lupakan Soekarno cs bahwa ia telah membantu dan mengesahkan kejahatan Siliwangi dan kaum teroris itu???. Apa maksud Soekarno Cs ex pedagang Romusa telah melepaskan penjahat-penjahat Trotskis Tan Malaka Cs yang telah mencoba merobohkan kepresidenannya. Dalam tiga tahun ini teranglah pula bahwa Soekarno Hatta ex Romusa Verkopers, quisling telah menjalankan politik kapitula si terhadap Belanda.......Bolehkan orang semacam itu bilang bahwa mereka mempunyai hak yang sah untuk memerintah Republik Indonesia Kita ??? . Bukan Soekarno bukan Hatta yang melawan Belanda , Inggris dan Amerika, tetapi rakyat Indonesia sendiri" Ujar Musso


Dengan seruan Muso yang tegas itu maka kalau selama ini PKI telah melakukan berbagai teror dan ancaman, tetapi sejak dicetuskannya Negara Soviet Madiun itu betul-betul melaksanakan apa yang diancamkan selama ini, yaitu melakukan pembunuhan. Sebenarnya kalangan pesantren dan aparat keamanan baik kepolisian maupun TNI telah mengetahui gelagat PKI itu untuk memberontak, tetapi karena semuanya dilakukan dalam waktu cepat dan mendadak, maka serangan tidak sempat ditangkis akhirnya memakan banyak korban.
BUNG KARNO MEMBALAS SERUAN MUSSO

Quote:Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
Pasukan Divisi Siliwangi (historia.id)


Pemberontakan yang terjadi di Madiun itu segera direspon oleh pemerintah pusat. Melihat langkah inkonstitusional pengambilan kekuasaan yang dilakuakn PKI yang disertai dengan kekejaman itu pemerintah pusat yang berada di Yogayakarta di bawah pimpinan Soekarno Hatta segera bersikap. Kemudian saat itu juga mengeluarkan kecaman dan sekaligus siaran kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak terkecoh oleh ajakan pemberontak dan setia menjaga pemerintahan dan bersatu padu merebut kembali Madiun:
“Kemarin pagi PKI Muso mengadakan perampasan kekuasaan di Madiun, dan mendirikan di sana pemerintah Soviet di bawah kepemimpinan Muso. Perampasan ini mereka pandang sebagai permulaan untuk merebut seluruh Pemerintah Republik Indonesia. ....... Atas nama perjuangan untuk Indonesia merdeka aku berseru kepadamu. Pada saat yang begini genting, di mana engkau dan kita sekalian mengalami cobaan yang sebesar-besarnya dalam menentukan nasib kita sendiri dan adalah memilih di antara dua; Ikut Muso dengan PKI nya, yang akan membawa bangkrutnya cita-cita Indonesai merdeka atau ikut Soekarno/Hatta yang Insya’allah dengan bantuan Tuhan akan memimpin Negara Republik Indonesia yang Merdeka tidak dijajah negara apapun juga. Rebut kembali Madiun, mari jangan ragu, Insyaallah kita pasti Menang.” Seruan Bung Karno saat itu.

spoiler

Sebagai pemerintah yang sah dan sebagai presiden yang dicintai dan ditaati maka rakyat dan kalangan TNI memilih Soekarno dan melawan Muso. Karena itu Seruan Presiden Soekarno itu langsung dijalankan dengan melakukan orasi penumpasan PKI dengan mengerahkan Divisi Siliwangi yang saat itu sedang hijrah berada di Yogyakarta, serta didukung oleh pasukan Hisbullah dan Sabilillah yang berada di Yogya pula. Seruan presiden itu kemudian dicetak dijadikan pamflet yang disebar melalui udara ke berbagai daerah yang diduduki oleh PKI. Seruan presiden itu menyadarkan banyak kelompok yang tertipu oleh Muso. Akhirnya mereka sadar, ternyata mereka bukan diajak melawan Belanda tetapi melawan pemerintah yang sah melawan Bung Karno pemimpin Besar yang mereka cintai. Akhirnya mereka enggan ikut FDR PKI, mereka mulai berbalik melawan PKI untuk membela Bung Karno. Bersambung,,




Quote:Referensi:
Abdul Mun'im & Tim PBNU. 2013. Benturan NU-PKI 1948-1965 (Hal 43-48). Jakarta: PBNU & Langgar Swadaya

Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)



Baca Juga HotTread Ane Yang Lain Gan














Quote:Original Posted By dionlanang
(Part 4)
Diubah oleh dionlanang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 19:19
Ngak ngerti tujuan pki apaan sih ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 19:22
ini trit edukasi yg berkwalitas emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black_robo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 19:45
ninggalin jejak dulu lah sambil rebahan bacanya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 19:51
waspada gerakan PKI di daerah masing2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 19:52
Ternyata musso adalah arif didu emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 20:04
Saat FPI dan antek2nya berkoar2 soal PKI orang2 NU malah udah lebih dulu berperang sama PKI sementara FPI ngbacot doank, tapi ormasnya si rijik pada songong sama orang NU emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 20:10
Quote:Original Posted By black_robo
Simbah saya yg orang PNI hampir saja jadi korban PKI. Kuburannya sdh disiapkan


Lah mbah buyut saya,, jg seorg petani.. emoticon-Mewek


Mana tau,, beliau soal carut marut POLITIK,,, dulu di kasih PACUL sama ARIT aja.. (kata simbah saya..) senangnya... bukan main... emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 20:13
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
Dimari bilangnya ininpasukan PKI tapi di trit sebelah bilangnya orang PRRI??? Pie iki?? emoticon-Bingung

profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 20:34
Sedikit menambahken om Ts. Bahwasanya:
Sejarah NU saat itu beda dgn NU saat ini omkuh. NU dolo itu ada partainya bernama Partai NU (PNU) .
di mana antara PKI vs PNU sering berkompetisi agak "keras" contoh kes land-reform atau kes perebutan pengaruh suara di Jatim khususnya.

Nah Mbah Gus Dur mintak maaf krn kes masa lalu yak itu, yang mana korban sebenarnya juga warga NU yg maaf bisa jadi ndak ngerti di "PKI-kan". Banyak hal kenapa bisa demikian, utamanya aspek sosial budaya n masih mudanya demokrasi liberal saat itu, ditambah Elit PKI keblinger di taon '48 n '65.

so complecated yess. emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh scorpiolama
profile-picture
black_robo memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 21:03
kenapa Soekarno malah dilengserkan..
0 0
0
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 21:04
PKI sepertinya terinspirasi revolusi Bolshevik di Russia dan Kesuksesan Komunis di Vietnam dan Korea Utara
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan jenggalasunyi memberi reputasi
2 0
2
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 21:11
Sejarah yang menarik, lanjutkan bray emoticon-Cendol Gan
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 21:18
Nyimak,,
0 0
0
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 22:01
Banyak versi gan soal pki...beginian hal sensitif
Namun walaupun banyak pro kontra..pemenang lah yg menulis sejarah
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 22:09
jejak 😁
0 0
0
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 22:15
maaf mungkin ane melenceng. ini hukan soal membela pki atau siapa. hanya ane coba merubah sedikit cara pandang ane melihat pki ini yang kedengarannya menurut sejarah sangat boombastis!
nah jadi gini gan, ane hanya punya satu pertanyaan di benak ane, mengapa pki ini bisa tumbuh pesat dan begitu besar di Indonesia sehingga menjadi parpol yang di takuti oleh semua kalangan? jika menilik sisi paham yang dianut jelas ini kiri (menurut ilmu pengetahuan). jika di dekati dengan pendekatan agama yaa bisa dibilang mayoritas adalah islam? lalu apa sih yang terjadi saat itu dengan perpolitikan indonesia sampai sampai pki bisa menjadi besar dan menjadi kekuatan politik baru diindonesia?? itu dulu aja deh
0 0
0
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 22:19
Serem juga yak, cerita-cerita dari alm ayah ane juga serem. Ada part 3 gak nih? emoticon-Big Grin
0 0
0
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 22:42
Sekelas muso mau adu orasi ama bung karno,.hadeuh halu ente kejauhan sooooo musoo..emoticon-Cape deeehh

Lanjutken gan..emoticon-Coolemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh dz.chaplin69
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 23:08
politik emang kejam!!
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Bagian 2)
28-05-2020 23:17
PKI jaman itu yah
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia