foxtrotmikepapaAvatar border
TS
foxtrotmikepapa
Deretan Headset VR Terbaik 2020
Beberapa produsen VR semakin gencar mengeluarkan varian headset VR terbaik produk mereka. Sebut saja Oculus, HTC, Vive Pro hingga Sony. Headset modern terbagi ke dalam tiga kategori: mobile, tethered atau tertambat hingga standalone.  Headset mobile merujuk pada gawai dengan lensa tempat Anda meletakkan ponsel pintar. Lensa tersebut memisahkan layar ke dua gambar bagi mata Anda, mengubah ponsel pintar Anda menjadi gawai VR. Headset mobile, seperti Samsung Gear VR dan Google Daydream View, terbilang murah, yakni sekitar US$100 (Rp 1,4 jutaan).

Berikut headset VR terbaik menurut kategorinya masing-masing:

Headset VR Tertambat Terbaik  

1.  HTC Vive dan Vive Cosmos


Vive buatan HTC merupakan paket lengkap yang meliputi headset, dua motion controller dan dua basis ruangan yang menggambarkan “keseluruhan VR”. VR ini sangat mengesankan sebab bisa melacak pergerakan Anda dalam kubus berukuran 10 kaki, bukannya langsung dari kursi Anda. Tersedia sepaket motion controller yang lebih canggih dari PlayStation Move.  

Sistem VR yang tertambat ke komputer pribadi, seperti Vive, membutuhkan banyak daya. HTC merekomendasikan setidaknya komputer Anda memakai Intel Core i5-4590 CPU dan GeForce GTX 970 GPU.

2.  Oculus Rift S


Oculus Rift merupakan nama besar dalam perkembangan VR saat ini. Rift S mempunyai resolusi yang lebih tinggi dari Vive, tetapi tidak setinggi Vive Pro atau Oculus Quest. Rift S mempunyai Oculus Touch motion controller yang lebih baru dan lebih ringan serta tidak membutuhkan sensor eksternal untuk memfungsikannya.  Akan tetapi, Rift S membutuhkan DisplayPort. Jika komputer pribadi Anda hanya mempunyai output HDMI, Anda akan perlu mencari seri Rift sebelumnya dan berurusan dengan banyak kabel.

Headset Standalone  

1. Oculus Go


Oculus Go adalah piranti termurah untuk mencicipi virtual reality. Dengan harga US$200 (Rp 2,9 jutaan), Oculus Go lebih mahal dari headset mobile VR pada umumnya. Akan tetapi, tidak seperti headset kebanyakan di pasaran, Anda tidak membutuhkan terlebih dahulu ponsel pintar (yang biasanya ponsel pintar kelas atas) yang mendukung Oculus Go.  

Dengan US$200, Anda dapat merasakan pengalaman headset VR terbaik seperti Gear VR yang dilengkapi dengan controller intuitif.

2. Oculus Quest


Oculus Quest dua kali lebih mahal dari Oculus Go tetapi sangat layak dicoba. Oculus Quest mempunyai prosesor Snapdragon 835 yang lebih tangguh dan layar OLED yang lebih tajam. Yang lebih penting, Oculus Quest menawarkan pelacakan gerak penuh 6DOF dengan kendali gerak ganda. Faktanya, Oculus Quest menggunakan controller Oculus Touch yang sama dengan Oculus Rift S.
Diubah oleh foxtrotmikepapa 26-05-2020 21:18
0
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.