yogapranata0008Avatar border
TS
yogapranata0008
Perang Vietnam Serta Fakta dan Mitos Yang Menyelimutinya
Hai... agan agan semua berjumpa lagi dengan saya emoticon-Hai

Perang Vietnam adalah salah satu serangkaian konflik terbesar yang terjadi selama masa perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet. Konflik antara Vietnam Utara yang didukung oleh Uni Soviet dengan Vietnam Selatan yang didukung oleh Amerika ini, mengakibatkan lebih dari satu juta rakyat Vietnam tewas selama perang. Bagi pihak Amerika sendiri, perang ini menjadi kekalahan terbesar pasukan Amerika selama masa perang dingin. Perang yang berlangsung dari tahun 1957 sampai 1975 ini, berakhir dengan kemenangan pihak Vietnam Utara dan berdirinya Republik Sosialis Vietnam. 

Quote:


Dalam beberapa kisah yang sering kita dengar, perang Vietnam sering digambarkan dengan kengeriannya emoticon-Takut (S)dan mitos-mitos yang menyelimuti seputar perang tersebut. Mitos tersebut sebenarnya dibuat buat dengan tujuan untuk menakutnakuti dan menjatuhkan pihak musuh. Nah, apa saja mitos dan fakta yang terkenal seputar perang Vietnam ? emoticon-Thinking Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini telah saya rangkum mitos dan fakta seputar perang Vietnam yang jarang diketahui banyak orang. Langsung saja cekidot... berikut adalah daftanya.emoticon-thumbsup


1. Gerilyawan Vietcong Digambarkan Sebagai Tentara Dengan Persenjataan Minim

Quote:


Jika dilihat dalam film-film Barat yang mengangkat tema perang Vietnam, tentara gerilyawan Vietcong selalu digambarkan dengan sekelompok tentara amatir yang hanya bermodalkan senjata ala kadarnya. Tapi faktanya hal itu salah besar. Keterlibatan pihak Uni Soviet yang mendukung tentara Vietcong justru mengirimkan supplay senjata pada pihak gerilyawan berupa artileri berat, tank canggih dan senjata anti serangan udara. Pada akhirnya senjata-senjata canggih dan kegigihan pejuang Vietcong, membuat tentara Amerika kewalahan dan memaksa mereka angkat kaki dari Vietnam

2. Kekalahan Amerika dan Trauma Prajuritnya

Quote:

Hampir mirip dengan point pertama, dalam berbagai kisah di film, buku bahkan digame, pihak Amerika digambarkan sebagai pihak yang selalu memenangkan pertempuran melawan tentara Vietcong. Tapi kenyataannya justru sangat berkebalikan, perang Vietnam mengakibatkan kekalahan besar dipihak Amerika dengan lebih dari 50 ribu pasukan Amerika gugur dan sekitar 150 prajurit lainnya mengalami cacat tubuh. Tidak hanya itu, para tentara yang selamat dari perang dihadapkan dengan depresi dan trauma berat akibat perang yang akhirnya mempengaruhi mental mereka.

3. Hanya Terjadi Di Vietnam
Quote:

Meskipun bernama perang Vietnam, bukan berarti perang hanya terjadi di negara Vietnam saja. Negara tetangga seperti Kamboja dan Laos juga menerima imbasnya. Kedua negara tetangga tersebut menjadi medan pertempuran serdadu Amerika vs Vietcong. Kerusakan parah terjadi di negara tersebut karena tidak lepas dari berbagai serangan Bom imbas dari konflik Vietnam. Dalam catatan sejarah, Laos justru menjadi negara yang mendapat serangan Bom terbanyak.


4. Peran Indonesia Dalam Perang Vietnam
Quote:

Loh, apa hubungannya perang Vietnam dengan negara Indonesia ?. Memang dalam perang Vietnam, Indonesia tidak terlibat langsung dalam konflik tersebut, tapi tahukah agan sekalian bahwa taktik gerilya yang digunakan oleh tentara Vietcong ternyata  diambil berdasarkan buku yang ditulis oleh salah satu Jendral Indonesia loh. Buku yang berjudul Pokok Pokok Perang Gerilya karangan AH Nasution tersebut menjadi pegangan tentara Vietnam dalam menyusun taktik perangnya. Kesamaan geografis dan alam antara Indonesia-Vietnam, membuat poin-poin dibuku tersebut menjadi sangat berguna.

5. M16 Senjata Kebanggaan Yang Tak Berguna
Quote:

M16 digambarkan sebagai senjata andalan pasukan Amerika selama masa perang dingin. Memang pada awal-awal kemunculannya senjata ini sangat dibangga banggakan, tapi faktanya senjata M16 tidak cukup berguna di medan perang Vietnam. Banyak tentara yang mengeluhkan senjata ini sering mancet dan tidak bisa memuntahkan peluru dengan baik. Banyak juga tentara yang merasakan akurasi senjata ini kurang begitu baik. Karena kekuarangannya itulah banyak dari tentara Amerika justru memunguti senjata Ak47 milik musuh untuk digunakan kembali dalam medan perang.


6. Pembantaian Rakyat Vietnam
Quote:

Jika agan pernah memainkan game Call of Duty Balck Ops tentunya tidak asing lagi dengan misi Operation Phoenix agen rahasia CIA. Faktanya misi itu memang benar adanya, operasi rahasia itu bertujuan untuk melakukan pembunuhan dan pembantaian terhadap rakyat Vietnam. Penduduk Vietnam yang dicurigai sebagai mata-mata Vietcong akan dibunuh dan yang melindungi pihak Vietnam Utara akan dibantai. Meskipun diawal awal pihak Amerika menutupi operasi ini, namun pada akhirnya rahasia ini berhasil bocor kepublik. Operasi ini berlangsung cukup lama dan pastinya ada banyak rakyat Vietnam yang tidak berdosa menjadi korban.


7. Tidak Ada Rfek Domino
Quote:

Jika dirasa tidak ada pengaruh dari perang Vietnam terhadap kawasan Asia Tenggara, hal itu salah besar. Perang Vietnam memberikan efek 'Domino' terhadap negara-negara kawasan Asia Tenggara. Keterlibatan Vietnam Utara membuat pengaruh komunis semakin menjamur di Kamboja dan Laos. Karena keterlibatan Amerika, negara-negara asia tenggara seperti Thailand, Malaysia dan Filipina tidak terpapar komunis. Dan karena peran Amerika itu pula Indonesia mampu mengusir komunis pada tahun 1966.

Di atas adalah beberapa fakta dan mitos seputar perang Vietnam yang sering kita dengar. Menurut agan agan semua, fakta dan mitos apa lagi yang belum terungkap dalam perang Vietnam ? Silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar ya.

Terimakasih atas kunjungannya.. salam cendol... emoticon-Cendol (S)


Sumber: https://www.boombastis.com/fakta-per...vietnam/57790
Diubah oleh yogapranata0008 27-05-2020 06:06
giee2
tien212700
mapaygawir
mapaygawir dan 69 lainnya memberi reputasi
68
19K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.