Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
174
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecbd508337f93278645a49a/kenapa-lambung-kapal-dicat-merah
Siapa yang pernah melihat kapal-kapal yang sedang berlayar? Apakah kamu pernah memperhatikan cat kapal yang berada di lambung kapal. Nah coba deh kamu perhatikan pasti rata-rata kapal-kapal itu identik dengan cat warna merah.
Lapor Hansip
25-05-2020 21:24

Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Siapa yang pernah melihat kapal-kapal yang sedang berlayar? Apakah kamu pernah memperhatikan cat kapal yang berada di lambung kapal. Nah coba deh kamu perhatikan pasti rata-rata kapal-kapal itu identik dengan cat warna merah.

Mau tahu ga sejarahnya? Setidaknya untuk pengetahuan agan kalau ada yang nanya, ya ga tulalit jawabnya. Lumayankan nambah ilmu sedikit, yuklah kita kulik ini sejarahnya.

Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Dahulu kapal-kapal yang terbuat dari kayu umurnya tidak kuat, cepat lapuk di bagian lambung kapal karena terkena air dan juga hewan-hewan laut. Tentu saja kerusakan pada lambung kapal sering terjadi dan harus diperbaiki agar kapal bisa berlayar lebih lama.

Kemudian kapal pun berganti bahan dengan besi, disinilah kapal mulai rentan dengan karat dan korosi maka kapal harus dilapisi dengan cat anti korosi yang fungsinya mencegah karat pada kapal.

Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Cat korosi itu biasanya adalah tembaga, yang warna dasarnya adalah warna merah. Warna dasar dari cat untuk anti korosi yang ada di bagian lambung kapal berupa campuran biosida. Campuran biosida ini fungsinya untuk mencegah hewan laut menempel di lambung kapal, seperti cacing laut, teritip dan sebagainya.

Zat kimia biosida ini diperlukan agar lambung kapal tidak dirusak oleh hewan laut yang suka membuat rusak kapal, seperti lubang kecil hingga air laut pun masuk ke dalam rongga lambung kapal.

Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?

Karena zat biosida berwarna merah juga, maka cat warna merah menjadi identik pada lambung kapal. Jadi warna merah itu bukan iseng apalagi ngasal ya gan tapi ada fungsinya, karena cat tembaga dan juga biosida memang berwarna merah.

Selain itu warna merah juga menjadi pemandu kru kapal untuk mengukur berat beban kapal dari muatan yang dibawa kalau over kapasitas bisa dipastikan kapal akan tenggelam dan ini berbahaya.



Maka tak jarang ada coretan angka-angka di sisi lambung kapal, untuk mengetahui beban maksimal kapal agar bisa tetap stabil berlayar. Walau saat ini zat kimia biosida dan juga cat tembaga sudah bisa dicampurkan dengan warna lain selain merah, tapi nampaknya warna merah tetap melekat di lambung kapal hingga saat ini. Mungkin sudah tradisi bagi para kru pembuat kapal, bahwa lambung kapal itu cocok dengan warna merah.


Sumber 1




profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 103 lainnya memberi reputasi
102
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 22:13
Kirain ane dulu buat nakut² in hewan laut 😂, ternyata ada fungsi yang begitu manfaat bagi penumpang kapalnya 😁
profile-picture
profile-picture
seperduaratus dan .r4hma. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:01
Pasti ada alasannya. Kalau warna merah mudah dilihat di lautan, sama buat ngukur.
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:06
Nice thread nih.. Tambah pengetahuan ane nih wkwk pernah belajar sih masalah cat anti korosi di kapal atau bangunan lepas pantai tapi baru tau kalo asal muasal warna merahnya
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:10
oooh begono. nais inpo emoticon-Cendol Gan
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:10
gwe kira datang bulan
merah...
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:10
itu biasanya bottom, di primer dulu gan, baru kasi anti fouling, lalu ada zinc anode nya juga
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:12
keren gan..baru tahu ane
profile-picture
.r4hma. memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:21
itu namanya anti-fouling paint, fungsi utamanya agar memperlambat pertumbuhan organisme laut pada lambung kapal...
Karena kalau lambung kapal dipenuhi organisme laut bikin performa kapal menurun dan lebih boros bahan bakar...
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:23
Thanks infonya ane baru tau bahkan kurang merhatiin bahwa lambung kapal warna merahh
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:25
Nice info bray
Sumpah ane baru tau emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:27
Nais trit, nais info gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:30
thx info nya gan emoticon-thumbsup selama ini juga kurang perhatikan warna lambung kapal

0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:30
Nice info gan...
Baru tau..
Taunya cuma cap Kapal Api, enak juga diseruput..
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:36
inget kaskus 2014 kebawah, tridnya isisnya info" gini yg ht.
kangen
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:37
Ternyata begitu asal usulnya, walaupun gak semua kapal lambungnya gak berwarna merah kayaknya, kapal pesiar misal
Btw nais trit, tq inpohnya emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:37
hanya warna merah saja Gan???
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:42
Masa iya dikasih cat pink...
Cucok jadi nya cyin..emoticon-Betty
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:42
Kalo di cat coklat dikira ketupat......
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:42
Ada yg biru juga.
0 0
0
Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah?
26-05-2020 23:46
gitubye gan
nice sharnya
0 0
0
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia