• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hebat! Jepang Berhasil Atasi Corona Tanpa SOP Covid-19 Seperti Negara Lain, Kok Bisa?

widoko
TS
widoko
Hebat! Jepang Berhasil Atasi Corona Tanpa SOP Covid-19 Seperti Negara Lain, Kok Bisa?
Infeksi Corona di tanah air terus bertambah. Tepat pada Hari Raya Idul Fitri kemarin total kasus di Indonesia telah mencapai 22.271 (kompas.com, 24/5). Dari jumlah sebanyak itu 1.372 diantaranya berakhir dengan kematian.


Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe (Sumber: tribunjogja.com)


Di saat Indonesia masih harus berjibaku dengan virus menggemparkan itu, Jepang hari ini, 25 Mei 2020, telah mengumumkan kembali dalam kehidupan normal. Ya Jepang telah menyatakan berhasil mengatasi Corona.


Tambahan Kasus Baru Per Hari Jepang Sampai 24 Mei (Sumber: worldometers.info)


Dilansir Kompas.com, 25 Mei 2020,  setidaknya keberhasilan Jepang mengatasi Corona tersebut diungkapkan oleh Mikitho Tanada, seorang Profesor dari Universitas Waseda. Dasar sederhana yang dilihat adalah dengan memperhatikan angka kematian di Jepang akibat Corona.


Grafik Kasus Aktif Per Hari Sampai dengan 24 Mei (Sumber: worldometers.info)


Menurut catatan Worldometers.info, diakses 25 Mei 2020, total kasus di Jepang saat ini mencapai 16.550 kasus. Dari jumlah itu 820 diantaranya berakhir dengan kematian. 

Grafik kasus infeksi Corona yang masih aktif pun juga sudah menurun drastis. Per 24 Mei 2020  di Negeri Sakura tersebut hanya ada 2.317 orang yang masih dalam proses penyembuhan.

Jika dilihat perkembangan kasus Corona baru di Jepang saat ini memang sudah menurun drastis.  Menurut situs yang sama, penambahan kasus baru di Jepang sudah hanya pada tingkat belasan. Pada Minggu 24 Mei 2020 tambahan kasus baru hanya 14 saja. Jumlah itu sudah sangat turun dibanding pada saat ada tambahan tertinggi pada 11 April lalu yang mencapai 743 kasus per hari.

Yang menarik, keberhasilan di Jepang tersebut diraih dengan tanpa menerapkan kebijakan atau SOP ketat seperti negara-negara dengan yang lain. Dilansir Kompas.com, 25 Mei 2020, di Jepang tidak ada batasan yang diterapkan pada interaksi penduduknya. Bisnis di sana tetap buka. Dari restoran sampai penata rambut tetap buka. Di sana juga tidak ada teknologi tinggi yang diterapkan. 

Lalu apa rahasia dari keberhasilan Jepang dalam memerangi corona tersebut?

Kata Mikito Tanada para ahlipun tidak tahu alasannya. Tetapi satu hal yang disepakati di sana bahwa tidak ada solusi instan.

Salah satu yang penting di sana adalah adanya Pusat Kesehatan Publik yang sudah terbentuk jauh sebelum adanya Covid-19. Pusat Kesehatan Publik ini mempunyai puluhan ribu paramedis yang sudah terlatih menyusuri jejak infeksi sejak sekitar dua tahun lalu. Pada kondisi normal sebelum Corona mereka telah terbiasa melacak infeksi virus yang lebih umum seperti TBC dan Influenza.

Keberadaan pelacak kontak ini merupakan keunggulan Jepang dari negara lain. Saat negara-negara maju seperti Amerika dan Inggris masih sibuk merekrut dan melatih pelacak kontak, Jepang sudah siap melacak sejak kasus pertama muncul.

Di samping itu ada beberapa faktor lain yang dianggap mempengaruhi seperti budaya memakai masker, tingkat obesitas rendah serta langkah awal menutup sekolah.

Yang dititikberatkan para ahli di Jepang dalam mengatasi Wabah Corona ini adalah penanggulangan kelompok. Penanggulangan kelompok ini adalah penangulangan kelompok infeksi pada sebuah klub atau rumah sakit. Hal ini segera dilakukan sebelum infeksi Covid-19 menyebar.

Sebuah langkah yang perlu konsistensi dan komitmen. Bisakah kita menirunya...?I]








Referensi:

1. Kompas.com, 24 Mei 2020

2. https://lifestyle.kompas.com/read/20...ok-bisa?page=3

3. Worldometers.info, diakses 25 Mei 2020
Diubah oleh widoko 25-05-2020 14:15
j0rjikyukyunananona212
nona212 dan 68 lainnya memberi reputasi
69
19.5K
257
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.