• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kasus Corona di Papua Sebanyak Ini, Petugas Covid-19 di Sana Malah Ditembak Mati

widokoAvatar border
TS
widoko
Kasus Corona di Papua Sebanyak Ini, Petugas Covid-19 di Sana Malah Ditembak Mati
Kasus Corona di Indonesia masih terus bertambah. Dilansir kompas.com tanggal 24 Mei 2020, sampai dengan Hari Raya Idul Fitri kemarin total kasus di tanah air mencapai 2.271. Dari kasus tersebut 1.372 diantaranya meninggal, sedang 5.402 diantaranya dapat disembuhkan.


Total Kasus Covid-19 RI per 24 Mei (Sumber: kompas.com)


Penyebaran Covid-19 ini pun juga sudah meluas ke 34 Propinsi di Indonesia. Termasuk diantaranya Papua. Papua yang sebelumnya minim, saat ini termasuk relatif banyak. Total kasus Covid-19 di Provinsi ujung timur nusantara tersebut saat ini menempati urutan ke sembilan secara nasional.


KKB Papua Merdeka (Sumber: lapan6online.com)


Dilansir situs yang sama, total kasus Covid - 19 di Bumi Cenderawasih saat ini mencapai 556 kasus. Dari jumlah tersebut 48 diantaranya sembuh dan 6 jiwa meninggal. 


Evakuasi Tim Medis Covid-19 Korban Penembakan KKB (Sumber: detik.com)


Sedang di Papua Barat, total kasus Covid - 19 mencapai 130 kasus. Dari jumlah tersebut 19 berhasil disembuhkan dan 2 diantaranya meninggal.

Yang menjadi masalah pelik di sana, petugas tidak hanya harus berperang dengan virus yang tidak kelihatan itu, tetapi juga harus waspada dengan keberadaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua Merdeka.

Keberadaan KKB di Papua memang terus saja membuat gangguan kemanan berbahaya. Dalam aksi-aksinya, KKB tak jarang menjatuhkan korban jiwa, baik dari masyarakat sipil, aparat TNI dan Polri ataupun petugas lainnya. Termasuk yang terbaru diantaranya adalah petugas medis gugus Covid-19.

Dilansir detik.com, 23 Mei 2020, KKB di Papua menembaki 2 petugas medis di Kabupaten Intan Jaya Papua. Peristiwa itu terjadi di Distrik Wandai pada hari Jum'at, 22 Mei 2020. Akibat kejadian itu satu petugas medis Covid-19 tewas di tempat, dan satunya lagi terluka.

Satu korban tewas yakni atas nama Heniko Samou. Sedang korban terluka dan dalam perawatan atas nama Alemanek Bagau. Menurut Kabid Humas Polda Papua keduanya tergabung dalam tim gugus tugas Covid-19.

Peristiwa itu terjadi di Pasar Distrik Wandai ketika Heniko Samou hendak mengantarkan obat-obatan Covid-19. Heniko Samou yang sebelumnya mengetahui ada KKB yang masuk ke daerah itu memperingatkan warga agar segera meninggalkan aktifitas mereka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal itu terdengar oleh KKB yang segera mengejar Sang Petugas. Heniko Samou akhirnya berlari ke rumah Alemanek Bagau. KKB pun mengejarnya dan menembak keduanya. Heniko Samou langsung tewas di tempat, sedang Alemanek Bagau terluka.

Sungguh perjuangan berat bagi para petugas Covid-19 di Papua. Mereka benar-benar bertaruh nyawa. tidak hanya oleh Corona tetapi juga KKB yang tajam pelurunya mengintai kapan saja...I]




Referensi:

1. Kompas.com, 24 Mei 2020

2. https://news.detik.com/berita/d-5026...a-ditembak-kkb

Diubah oleh widoko 25-05-2020 04:33
xiaoxiao20
Shyesun.pucha
nona212
nona212 dan 53 lainnya memberi reputasi
50
12K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.