KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Cek Komponen ini Jika Mobil Gak Mau Distarter

Satu hal yang bikin pemilik mobil geram adalah ketika mobil yang ingin dikendarai tiba – tiba gak bisa distarter alias mogok. Nah, kondisi seperti ini sering kali terjadi pada mobil yang minim perawatan. Jika kondisi seperti ini Agan dan Sista alami, kemungkinan besar paling tidak satu dari deretan kompenen ini mengalami masalah.


Kabel – kabel yang terhubung dengan kunci

Tanpa disadari terkadang kabel – kabel yang terhubung langsung ke kunci mobil mengalami masalah. Entah itu ada yang putus atau ada yang lepas. Oleh karena itu pemilik mobil harus memastikan bahwa kabel yang terkelupas tau terputus sudah diperbaiki dan listrik mengalir. Pastikan juga soketnya terpasang sempurna alias tidak kendur.

Dinamo starter

Pada mobil yang sehat, ketika kunci kontak diputar, maka dinamo starter akan memutar roda gila (flywheel) dan menyalakan mesin. Keberadaan dinamo starter membuatmu gak perlu lagi mendorong mobil untuk menyalakan mesinnya. Nah, kalau mesin mobilmu sulit dihidupkan, bagian satu ini bisa kamu curigai sebagai penyebabnya. Salah satu ciri dinamo starter rusak adalah munculnya suara aneh saat mesin dihidupkan.

Altenator rusak

Altenator berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Sehingga jika bagian ini rusak, maka suplai listrik ke aki akan terganggu. Akibatnya aki tidak memiliki tabungan setrum yang cukup untuk menghidupkan mesin. Nah, untuk mengecek apakah alternator bermasalah, kamu bisa menempelkan obeng atau kunci pas ke pulley alternator. Jika obeng atau kunci pas tersebut menempel pada pulley, berarti alternator tersebut masih bagus.

Aki soak

Aki paling sering dikambinghitamkan dalam kasus mobil mogok. Maklum saja, sebab aki adalah sumber utama kelistrikan mobil. Untuk mengecek kondisi aki, kamu bisa menggunakan voltmeter. Tegangan pada aki normal adalah 12,5-12,9 volt. Kurang dari itu, mobil akan sulit distarter.



kuciank
nona212
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.