riley718Avatar border
TS
riley718
Pentingnya DIY (Do-IT-Yourself) Dimasa Pandemi Ini.
Pandemi ini telah menimbulkan keadaan yang menakutkan serta membosankan. Mulai takut untuk keluar rumah hingga takut untuk ketemu orang.  Hingga, kita telah merasakan bosan melakukan didalam rumah.. Berabagai cara digunakan untuk mengurangi keadaan tersebut. Mulai dari memasak, menulis, membuat video dan masih banyak lagi. Tapi ada salah satu yang populer yaitu DIY atau Do-IT-Yourself. Dimana, DIY adalah membuat sesuatu dengan menggunakan bahan disekitar kita. Seperti membuat gantungan baju dengan bantuan pipa pvc, membuat lighting untuk kamera dan masih banyak lagi. Tanpa disadari pun sebenarnya DIY ini sangatlah penting pada masa pandemi hingga selsainya. Berikut adalah pentingnya DIY :

1. Daripada membeli barang yang kita mau. Kenapa tidak membuatnya ?


Pernahkan kalian menginginkan sesuatu tapi memiliki harga yang sangat mahal. Sedangkan, kalian berusaha untuk menabung sekuat-kuatnya tapi belum tentu mendapatkan barang tersebut. Kenapa kalian tidak berusaha membuatnya saja ? Contohnya jika kalian seorang content creator yang membutuhkan lighting untuk keperluan contentnyya dan masih banyak lagi.

2. Membuat kita lebih kreatif.

Membuat lebih kreatif ini dalam hal bagaimana kita memanfaatkan barang-barang yang disekitar. Misal jika kalian ingin membuat tempat tidur tingkat 2 dengan menggunakan besi. Kalian bisa saja menggunakan kayu untuk menghemat biaya. Selain itu, kalian bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan barang dan bagaimana proses dalam membuatnya.

3. Mampu menghemat biaya.

Sudah tidak dipungkiri bahwa dengan mmbuat sesuatu ini dapat menghemat biaya yang hampir 50% dibandingkan jika membelinya. Coba dipikirkan tanpa menghilangkan sisi fungsionalitas dan sisi estetika. Kita telah mampu menghemat biaya. Sebagai contoh harga kursi sofa biasa standar rumahan sederhana sekitar 1 juta hingga 2 juta (Misal ada yang lebih murah atau mahal. mohon dimaafkan. Ini hanyalah rata-rata yang bisa dijabarkan). Dengan kalian membuat kursi sofa tersebut kalian bisa membuatnya dengan harga kurang lebih 500 ribu.



Itu saja beberapa pentingnya dalam DIY dalam masa pandemi ini. Sehingga, diharapkan setelah masa pandemi ini kalian memiliki skill baru yaitu DIY.




sunshii32
arju321
nona212
nona212 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It Yourself
icon
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.