• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Beberapa Foto Unik Khutbah Idul Fitri Corona, Tongkat Khatib Bikin Gagal Fokus!

masnukho
TS
masnukho 
Beberapa Foto Unik Khutbah Idul Fitri Corona, Tongkat Khatib Bikin Gagal Fokus!

Unik dan anehnya tongkat kutbah shalat Idul Fitri di rumah saja tahun 1441 Hijriah!
Kok nyeleneh ya?


Assallamuallaikum warahmatullahi wabarokatuh
Tabik pun


Hallo Agan dan Sista, jumpa lagi dengan masnukho di thread terbaru dan terhits.
Sebelumnya ane ucapkan, selamat hari raya idul fitri 1441 Hijriah. Ane sekeluarga mohon maaf lahir dan batin apabila ada kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Gimana keadaan lebaran tahun ini GanSis?
Nampaknya hampir sama saja ya dengan keadaan di bulan Ramadhan kemarin ya, karena memang Ramadhan dan Lebaran tahun ini masih dalam keadaan pandemi virus covid-19, jadi kita tidak bisa melakukan tradisi yang biasa dilakukan di lebaran-lebaran sebelum pandemi virus covid-19 ini ada.

Pandemi virus ini memang sangat berpengaruh dengan kehidupan manusia di seluruh dunia. Tidak hanya menelan banyak korban namun juga menjadi masalah di pemerintahan dan ekonomi!
Tradisi yang biasa dilakukan di bulan ramadhan dan lebaran pun tidak dapat dilaksanakan seperti biasa, melainkan menggunakan cara yang lebih aman demi keselamatan bersama.

Shalat Idul Fitri yang menjadi salah satu sunah muakad atau sunah yang mendekati wajibpun dilakukan dengan cara yang berbeda.
Biasanya shalat id ini diadakan secara berjamaah di masjid atau lapangan, namun kali ini diadakan di rumah masing-masing dengan keluarga demi mengikuti himbauan pemerintah dalam menjaga keselamatan bersama.



Sumber gambar: di sini


Berbicara mengenai shalat Idul Fitri yang dilakukan dengan cara yang berbeda yaitu dilaksanakan di rumah baik berjamaah bersama keluarga atau munfarid, tentu juga mempunyai perbedaan cara pelaksanaan shalat idul fitri yang seperti biasa dilaksanakan di masjid atau lapangan.
Salah satu rukunnya yaitu membawakan khutbah bagi Imam dan mendengarkan kutbah bagi makmum.

Tentu GanSis sering melihat saat membawakan khutbah seorang Imam memegang sebuah tongkat, adapun fungsi tongkat sendiri yaitu untuk membatasi gerak dari khatib agar saat khutbah bisa fokus dan tidak bergerak kesana dan kemari.

Lantas saat melaksanakan shalat idul fitri di rumah bagaimana khatib bisa mendapatkan sebuah tongkat untuk membatasi gerak dan mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW?
Sepertinya beberapa gambar yang sedang viral dibicarakan oleh warganet ini merupakan salah satu alternatif alat pengganti kontak yang cukup unik dan kreatif, dan hanya orang-orang dengan tingkat IQ tinggi yang dapat kepikiran menggunakan alat-alat ini.
Apa saja?
Lihat di bawah ini!



1. Tongkat Gantungan Baju


Benda yang satu ini pasti kita sering sekali melihat di rumah, stand hanger atau gantungan baju satu tiang ini dapat digunakan sebagai tongkat khutbah nampaknya.
Coba lihat gambar, dengan stand hanger maka tidak mungkin khatib agan geser dari tempatnya berdiri karena pastinya seluruh gerak akan terhalang dengan tiang ini.



2. Pedang-pedangan Lampu


Bukan sulap bukan sihir, pedang-pedangan lampu yang biasa digunakan sebagai alat pelengkap cosplay ini juga bisa menjadi alternatif pengganti tongkat khutbah.
Selain panjang pedang ini juga cukup artistik jika digunakan untuk tongkat, asal jamaah tidak gagal fokus saja dengan keberadaan tongkat yang dipegang oleh khotib ini.



3. Pedang-pedangan


Masih dengan alat pedang-pedangan, namun kali ini bukan pedang lampu melainkan pedang besar yang bentuknya lumayan seram.
Entah pedang ini biasanya digunakan untuk apa tapi yang pasti bermanfaat di idul fitri masa pandemi virus ini.



4. Joran Pancing


Bukan salah lagi, nampaknya tongkat khutbah kali ini datangnya dari penggemar kegiatan memancing. Bisa dilihat dari tongkat pengganti yang digunakan saat shalat idul fitri di gambar, menggunakan joran pancing panjang yang harganya lumayan mahal.
Seperti sangat anti mainstream sekali ya!



5. Senapan Angin


Kalau ini sih serem ya jatuhnya, masak iya alternatif pengganti tongkat khutbah shalat idul fitri menggunakan senapan angin.
Pasti para makmum auto diam di tempat nih, kalau belum benar-benar khutbah selesai gak mungkin berani bubar ke kamar masing-masing



6. Samurai


Tongkat yang satu ini dipelopori oleh Ninja-ninja terdahulu, menggunakan samurai sebagai pengganti tongkat.
Tidak kalah seram dengan senapan angin, samurai panjang berbalut sarung pengaman.
Mungkin setelah shalat id dia mau sekalian memberantas wabah corona



7. Spray Mop / Sapu Pel


Alat terakhir dan paling lucu adalah Spray mopatau alat pembersih lantai.
Mungkin di rumah orang yang satu ini tidak ada alat lain yang bisa digunakan sebagai alat alternatif pengganti tongkat khutbah. Jadi menggunakan alat seadanya yang penting khutbah bisa berjalan lancar dan khusyuk.
Kalau Agan dan Sista yang menjadi makmum apakah bisa khusyuk?


Wah benar-benar alat-alat alternatif pengganti tongkat khutbah yang cukup unik dan aneh ya GanSis.
Tapi mau bagaimana lagi, untuk memesan tongkat khusus yang biasa digunakan oleh khatib pun nanti juga untuk apa kalau corona ini sudah tidak ada. Jadi lebih baik memamg menggunakan alat seadanya, karena memang penggunaan tongkat saat khutbah sendiri tidak wajib!

Bagaimana apakah Agan dan Sista kemarin juga mengikuti himbauan pemerintah untuk shalat idul fitri di rumah?
Apakah kejadian di atas juga GanSis alami sendiri?
Coba jelaskan suasana dan keadaan Idul Fitri Agan dan Sista dengan meninggalkan jejak komentar di bawah!

Oke, terima kasih sudah singgah di thread ane dan sampai jumpa di thread-thread yang lain.




Penulis: @masnukho
Referensi dan gambar
di sini


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
Richy211saptalan60nona212
nona212 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
5.2K
81
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.