sangputusasaAvatar border
TS
sangputusasa
Mahasiswa TI tapi gabisa ngoding dan stress
halo agan2 sekalian.. sebelumnya ijinkan ane buat curhat disini karena ane gatau mau cerita ke siapa lagi

Jadi gini gan sebenarnya ane emang dari awal gaada niatan masuk jurusan TI,tapi karena tuntutan orang tua yaudahlah ane masuk aja siapa tau nanti lama lama cocok pikir ane waktu itu

Singkat cerita ane Akhirnya beneran masuk ke jurusan TI dan ternyata pemikiran ane salah,ane bener2 ngerasa tertekan masuk jurusan ini.ane sangat lemah di coding.ibarat 1-10 kemampuan ane cuma 3 aja.ane bukannya males atau gimana karena di matkul lain ane aman2 aja tapi entah kenapa sulit banget buat ane untuk mencerna pelajaran yang berbau coding.

Hal itu yang itu yang bikin ane bener2 stress gan,ditambah ane orangnya overthinking. jadi setiap hari selalu ane terpikir seperti  "apakah ane bisa survive di smester ini ?","kalo ane gabisa ngoding gini gimana waktu bikin skripsi ?","gimana nanti ane bisa kerja kalo gabisa ngoding" dsb yang bikin ane jadi cemas sendiri tanpa sebab

Jadi sampe sekarang cara ane buat survive tiap smester yaitu dengan bener2 tancap gas ke matkul2 yang gaada kodingnya dan buat matkul yang ada kodingnya ane cuma mengandalkan "yang penting dateng kumpul tugas seadanya" + nyari dosen yang murah nilai.untungnya cara tersebut lumayan ampuh karena ipk ane dari semester 1 sampe awal tahun ke-3 ini masih diatas 3. tapi walaupun begitu ane masih ngerasa cemas karena koding ane sangatt lemah.

Mungkin agan ada yang bertanya kenapa ane ga pindah jurusan aja ? well, ane sudah 2 kali curhat ke ortu ane dan jawabannya selalu  big NO. Makanya ane gabisa pindah sampe sekarang yang udah tahun ke 3 yang mana semakin hari semakin bikin ane tertekan.

diakhir dari curhat ini ane ada pertanyaan agan2 sekalian :
1.apakah ane tetep bisa lulus walaupun ane gabisa ngoding ? apakah bisa kita membuat skripsi tanpa berhungan dengan coding ?
2.ditahun ini ane ada penjurusan dan ane rencana mau ngambil NETWORK ENGINEERING,apakah nanti di jurusan itu ane masih sering berjumpa dengan coding lagi ?
3.apakah ada agan2 sekalian ada yang senasib kaya ane ? kalo ada gimana cara agan buat ngejalaninnya
4.maaf ini mungkin agak kurang sopan sih,apakah ada agan2 disini yang udah lulus tapi masih gabisa ngoding atau ilmu kodingnya lemah ? kalo ada gimana cara agan2 buat survive sampe lulus
5.Terakhir, adakah agan2 yang lulusan TI tapi kerja ditempat yang gaada hubungannya sama TI ? ceritain sekalian dong soalnya ane juga ada rencana mau kerja yang diluar TI kalo dah lulus nanti

Itu aja dari curhat ane gan,ane berharap agan2 sekalian mau menjawab pertanyaan2 dari ane atau mungkin mau berbagi kisah pengalaman ke ane. Karena jawaban2 dari agan2 sekalian sangat berarti buat ane kedapannya nanti.

Sekian,may god bless you
terimaksih

okynigel
nona212
weihaofei
weihaofei dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.6KThread27.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.