• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenang Continental Si Fenomenal,Bus Malam Yang Tidak Memiliki Fitur TV Dan Audio

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Mengenang Continental Si Fenomenal,Bus Malam Yang Tidak Memiliki Fitur TV Dan Audio
Hallo agan sista semuanya,apa kabarnya hari ini ?.Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya,sebelumnya ane mau mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah untuk semua warga kaskuser yang merayakannya.Mohon maaf lahir dan batin ya agan sista semuanya emoticon-Salaman


Bagaimana lebaran kali ini ?,apa ada kaskuser yang tidak mudik tahun ini ?.Tetap bersabar ya gan sist buat yang gak bisa mudik,ditahan dulu rindunya buat ketemu keluarga sampai pandemi ini mereda.Untuk menemani aktifitas lebaran gan sist semua yang lagi dirumah saja,ane akan mengobati kerinduan kalian pada kampung halaman dengan membahas sejarah singkat mengenai transportasi bus AKAP.


Adakah yang biasanya mudik dengan transportasi bus AKAP ?,ane akan membangkitkan kenangan masa mudik gan sist semua ketika mudik,sewaktu masih kecil atau mungkin pas kalian sudah beranjak dewasa.Kali ini ane akan membahas PO legendaris yang eksis di tahun 1990-an,namanya adalah Continentalemoticon-Cool




Sumber


SEJARAH


PO. Continental awalnya memiliki nama lengkap Continental Megah Express,nama pemiliknya adalah Pak Teddy.Kantor pusat berada di jalan AM. Sangaji dan Pool berada di Pondok Bambu (Jakarta Timur). Pemilik PO ini adalah penggemar berat burung gan sist,krena itu semua armada PO. Continental selalu tertulis nama burung.Mulai dari Pinguin,Kaca-Kaca,Condor, Colibri,Taon-Taon.Continental memiliki ciri khas warna dasar putih bergaris jingga,merah, dan kuning.Kemudian berubah menjadi warna dasar putih dengan strip ungu,ditambah siluet gambar burung terbang gan sist.Awalnya unit armada bus mereka adalah Mercedes Benz LP 911 dan OF 1113 dengan mesin depan.Saat Mercedes Benz mulai memproduksi mesin belakang,Continental juga sempat membeli beberapa unit dengan body dari karoseri MBM.




Armada awal seperti ini gan sist.Mercy OF 1113 ini sepertinya,cmiiw.

Sumber



Namun pemilik PO lebih suka dengan bus mesin depan,sehingga kebanyakan armada mereka waktu itu adalah Mitsubishi BM. Dengan karoseri bawaan Mitsubishi rakitan dari Tri Jaya Union.Dengan AC Gantung di bagian belakang. Selain Mitsubishi,Continental juga memiliki banyak bus bermesin Nissan CK (seri mesin depan sebelum Nissan CB),serta Hino AK Silver Wing seri pertama.




Ciri Khas Continental


Continental sampai punya pelanggan setia pada masanya gan sist,karena pelayanan yang sangat bagus dan kebersihan armada busnya. Continental memiliki konsep yang sama dengan PO.Raya,dimana mereka tidak memberikan fitur tambahan berupa TV atau pun Audio musik pada armada busnya emoticon-Big Grin


Hal ini dilakuakan karena mereka tidak ingin mengganggu konsentrasi sopir dan kenyamanan penumpang selama perjalanan,cukup unik ya gan sist.Terkadang memang audio dalam bus diputar terlalu kencang,dan musiknya kebanyakan gak sesuai dengan telinga penumpang.Cukup bikin kesal juga,ane pernah mengalami juga soalnya emoticon-Big Grin
Tapi tanpa perlengkapan TV maupun Audio,bisa dibilang busnya akan sepi sunyi.Walaupun bisa konsentrasi dalam mengemudi,menelusuri pantura yang belum semuanya dibangun tol mungkin akan membosankan juga untuk para sopirnya,tanpa ditemani alunan musik.Minusnya disitu menurut ane sih emoticon-Bingung (S)


Tapi nyatanya walau tidak memasang TV maupun Audio mereka tetap diminati banyak orang,dan menjadi bus favorit pada masanya.Selain itu mereka juga dikenal anti menaikkan penumpang ditengah jalan gan sist,berapa pun penumpang yang naik dari pool atau terminal pemberangkatan,mereka akan tetap jalan.Tanpa perlu dioper ke bus lain emoticon-thumbsup




Continental dalam kenangan,evolusi warna dari putih,jingga dan kuning.Jadi warna putih ungu dengan siluet gambar burung emoticon-Big Grin

Sumber



Mereka melayani trayeknya sampai pulau Bali dan Sumatera,walapun hanya melayani kelas Eksekutif,tapi mereka memberi servis makan pada para penumpangnya.Salah satunya ada di RM Taman Sari Tuban dan RM Taman Sari Pamanukan,biasanya penumpang mendapat jatah makan 2x gan sist.Kelas Eksekutif berasa Super Eksekutif ya,bisa dibilang paling mewah pada masanya emoticon-Big Grin


Selain itu jadwal kebrangkatannya juga selalu terjadwal dan sangat disiplin gan sist,membuat banyak orang memilih Continental sebagai andalan.




Berakhirnya Era Continental


Menjelang akhir era 90-an PO ini mulai mengalami kemunduran gan sist entah apa penyebabnya,kalah saing dengan PO lain atau kurangnya inovasi ? emoticon-Bingung (S)
Mundurnya Continental dicium oleh PT. Mitra Rajasa,sebuah perusahaan pengangkutan semen Tiga Roda yang sedang berada di puncak kejayaannya. Mereka ingin melakukan ekspansi besar di bidang transportasi waktu itu.


Akhirnya Continental Megah Express diakuisisi oleh PT. Mitra Rajasa,pemilik baru PO. Continental kemudian mengganti livery gambar burung terbang menjadi Siluet harimau yang sedang 'balapan' (emoticon-Hammer (S)).Waktu itu PT. Mitra Rajasa juga menjadi operator bus kota jurusan Ragunan–Tanah Abang via Antasari dengan armada Hino AK karoseri Rahayu Santosa body Euroliner,dengan poolnya ada di Depok.




Setelah diakuisisi gambar burung jadi gambar harimau balapan emoticon-Hammer (S)

Sumber



Sedangkan PO Continental pindah pool ke daerah Pondok Kelapa,pemilik baru Continental menggunakan armada Mercy King dan Hino RG.Mereka juga membuka trayek baru Blitar–Merak dengan memakai bus Hino AK eks bus kota PT. Mitra Rajasa.


Menjelang ajalnya,PO. Continental mengandalkan trayek Jakarta–Klaten dengan bus Hino tipe AK3HR karoseri Rahayu Santosa Euroliner,eks bus kota Mitra Rajasa dengan kelas AC Ekonomi seat 2-3.Pergantian logo dari burung ke harimau balapan nayatanya tidak cukup bagus untuk bus ini gan sist,mereka malah semakin meredup dan tertinggal menjelang era 90-an.


Mungkin pengelolaan bus mereka saat ganti pemilik baru kurang baik,sehingga saat diakuisisi pamor mereka langsung jeblok.Faktanya sejak diakuisis,bus ini mulai dikenal dengan bus yang sering menaikkan penumpang dijalan pada masanya gan sist,dan seringkali tidak sampai mengantar penumpang ke trayek tujuannya (emoticon-Cape d... (S)).Pada masanya mereka bersaing ketat dengan PO legend lain seperti KD,Lorena Karina,dan Pahala Kencana.Tiga saingan mereka masih bisa survive sampai sekarang,tapi Continental malah tenggelam ditelan zaman.




Trayek Yang Dilayani Dan Bus Yang Dipakai


Pada masa jayanya Continental punya jarak trayek yang cukup jauh gan sist,meliputi Jabodetabek menuju Jatim,Jateng,Bali,bahkan Sumatera.
Trayek yang pernah dilayani:

Jakarta-Jogja-Klaten.

Jakarta-Surabaya-Malang via Pantura Tuban.

Jakarta-Denpasar via Pantura Tuban.

Jakarta-Lampung-Palembang.




Tiket bus Continental emoticon-Belo




Jakarta-Surabaya-Malang dalam kenangan emoticon-Berduka (S)

Sumber Foto Diatas



Untuk armada busnya sudah ane sebutkan diawal,ada beberapa jenis Seperti Mercy OF1113 (bus mesin depan),Mercy LP 911,Hino RG sampai AK series,dan juga pernah memakai Mercy 1518 (King) yang melegenda.Untuk armadanya sih sudah cukup baik pada masanya ya gan sist ditambah busnya sudah menggunakan AC.Hanya minusnya gak ada TV atau Audionya,tapi itu bukanlah masalah yang besar ya.Buktinya mereka masih bisa survive emoticon-Big Grin


Untuk karoseri yang digunakan,mereka memakai produk body bus dari Rahayu Santosa (body Eeuroliner dan Milenium) dan Tri Jaya Yunion.Dua karoseri yang paling banyak mereka pakai jenis bodynya,untuk armada bus mereka pada masanya.




Dulu pernah pakai Mercy LP 911,kayak gini modelnya.Tapi ini punya OBL ya gan sist busnya,mau nyari punya Continental tapi gak ketemu emoticon-Bingung (S)




Kalau ini Mercy 1518 (King),body yang cukup keren pada masanya.Milenium by Rahayu Santosa emoticon-Big Grin

Sumber Foto Diatas


Spesies terkahir bus ini pernah terlihat di daerah Mangga Dua,dan disekitaran Jl.Soekarno-Hatta Kota Bandung.Dekat terminal Leuwi Panjang tepatnya,tidak diketahui bagaimana status kepemilikannya.Sudah dijul ke perseroangan atau masih dioperasikan oleh Mitra Rajasa (emoticon-Bingung (S)).Sepertinya unit bus mereka digunakan sebagai bus kota untuk terakhir kalinya,kira-kira masih ada kah yang pernah melihat penampakan Continental gak ya gan sist di tempat yang ane sebutkan tadi ? (emoticon-Bingung (S))


Bagaimana gan sist ada yang masih ingat dengan Continental ?,yang masih ingat atau lupa -lupa ingat pernah merasakan mudik dengan Continental pasti sudah tahu betapa mewahnya bus ini pada masanya.Buat yang masih ingat,dipastikan kalian sudah tua alias berumur emoticon-Peace




Spesies terakhir terlihat di Mangga Dua,kurang tahu ini foto tahun berapa ? emoticon-Bingung (S)










R.I.P legend emoticon-Berduka (S)

Sumber Foto Diatas



Jangan lupa share pengalaman kalian dengan bus fenomenal ini ya bagi yang pernah diantar PP dari ibukota ke kampung halaman,bagi yang baru mengenal juga jangan lupa tinggalkan komentar kalian mengenai bus ini,siapa tahu kalian pernah ketemu disuatu tempat emoticon-Big Grin


Sekian dulu ulasan bus legendnya,silakan yang mau nambahin atau berbagi pengalaman dengan bus ini,budayakan komen jangan jadi Silent Reader ya.Bagi yang sudah mau ikut berkomentar ane ucapkan terimakasih sebelumnya,akan ane kasih cendol dawet buat hadiahnya,bagi yang gak suka cendol,dan kebetulan mau bangun rumah atau apartemen.Ane juga siap nyumbang bata emoticon-Big Grin


Ingat ya tetap jaga kesehatan,tetap semangat,dan jangan mudik dulu ya.Uangnya saja yang mudik,orangnya gak usah mudik emoticon-Shakehand2 emoticon-Ngakak





Sumber: opini dan pemikiran pribadi
Referensi: sini,dan sini,ini juga
Ilustrasi foto: blog bismania community
Diubah oleh si.matamalaikat 24-05-2020 05:31
Shyesun.puchaputramelankolisnona212
nona212 dan 78 lainnya memberi reputasi
79
16.5K
204
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.