gaygeneAvatar border
TS
gaygene
Viral Dokter di Jayapura Pakai APD dari Galon



Sebuah foto yang menunjukkan tenaga kesehatan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dari galon viral. Dalam foto tersebut, ia dan rekannya tampak mengenakan APD lengkap, mulai dari sepatu boots, coverall berwarna putih, sarung tangan latex, dan masker N95. Hanya saja, ia menambahkan galon di bagian atas untuk melindungi kepala.

ADVERTISEMENT

Setelah ditelusuri, foto tersebut merupakan milik dokter Victor Manuhutu. Ia bekerja di sejumlah rumah sakit di Jayapura. Yakni di RSUD Jayapura, RS Bhayangkara tk III dan RS Provita.

Terkait viralnya foto tersebut, ia mengatakan, APD Do It Yourself (DIY) dari galon itu hanya untuk menambah rasa aman di tengah pandemi virus corona. Ia mengelak pakaian tersebut merupakan akibat dari kurangnya APD.

"COVID-19 ini kan droplet, pintu masuk utamanya dari mulut dan hidung. Kalau kita proteksi betul seperti itu kan lebih baik rasanya," ujar Victor kepada kumparan, Senin (30/3).

"Itu di dalam saya sudah pakai face shield yang bagus dan masker N95. Cuma saya double lagi di luar dengan face shield DIY [galon] supaya merasa lebih aman," tambahnya.



Dokter Victor (kanan) menggunakan APD DIY dari galon Foto: Dok dr. Victor Manuhutu, SpP

Victor menambahkan, pasokan APD di Jayapura sudah didukung dari pemprov. Ia mengatakan, jumlah ketersediaannya cukup.

ADVERTISEMENT

Untuk kondisi di Jayapura, pemerintah telah melakukan karantina hingga 9 April 2020, tambah Victor. Termasuk penerbangan untuk sipil juga sudah ditutup.

"Tapi stok APD di dinas provinsi masih cukup banyak. Mudah-mudahan masih aman jumlahnya. Karena itu pemakaian APD juga harus bijak, harus appropriate, jangan berlebihan tapi juga jangan tanpa APD sama sekali," jelasnya.


https://m.kumparan.com/kumparannews/...m_campaign=int

Jos gandosss

emoticon-Leh Uga
sebelahblog
m.fikri.h
makiinun
makiinun dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.3K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.