• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengirim Pesan Kepada Orang Baru

adivaazzahraAvatar border
TS
adivaazzahra
Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengirim Pesan Kepada Orang Baru

dokpri

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam, sobat kaskuser. Bagaimana nih kabarnya malam ini? Masih semangat dan sehat wal 'afiyat 'kan?

Malam ini, balik lagi bareng aku, 'Adiva' dalam thread kali ini yang akan membahas tentang 'Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengirim Pesan Kepada Orang Baru.'


Dalam berkomunikasi dengan orang lain, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal itu sebagai bentuk sopan santun kita kepada orang yang diajak berkomunikasi.

Namun, di era teknologi seperti saat ini, saat berkomunikasi jarak jauh sudah menjamur di masyarakat. Sudah barang tentu ada hal yang perlu diperhatikan, kebiasaan yang sebagian orang mungkin tidak suka, atau bahkan menganggap kamu sebagai orang yang tidak sopan.

Berikut beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan saat berkomunikasi dengan orang baru.

1. Mengganti Salam dengan Huruf 'p'


dokpri

Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan saat mengirim pesan kepada seseorang. Apalagi jika kamu baru pertama kali menghubungi orang tersebut. Setidaknya, kamu menyapa dengan ucapan selamat pagi dan semacamnya.

Tidak semua orang suka dikirimi huruf 'p' sebab tak tahu apa tujuannya. Apatah lagi jika kontakmu tak ada dalam daftar orang yang dia kenal. Kemungkinan yang akan kamu dapatkan adalah tidak mendapat balasan alias hanya read, atau bahkan pesanmu tidak dibaca sama sekali.

2. Tidak Memperkenalkan Diri


dokpri

Mengenalkan diri sendiri saat pertama kali menghubungi orang lain juga penting. Sebab, orang akan bingung melihat pesanmu jika dia tak mengenalmu. Apalagi jika kamu tiba-tiba meminta sesuatu.

Memang ada ya, orang tidak dikenal yang akan dengan mudah dibantu orang lain di dunia maya? Mungkin saja ada yang langsung membantu, tapi tak banyak. Bisa jadi, mereka yang mendapat pesanmu akan mengatakan, "Orang ini kenapa, ya? Tidak tahu namanya siapa, tidak perkenalkan diri, tapi tiba-tiba bilang begini ke aku. Dia siapa?"

Memperkenalkan diri juga penting di sosial media saat kamu hendak meminta bantuan kepada orang lain. Tak semua orang akan sabar menanyakan satu per satu nama orang baru yang menghubunginya. Justru sebagian orang akan mengabaikan pesan dari orang yang tidak dia kenal. Kamu tidak mau 'kan, jika pesan yang kamu kirim hanya di read dan tidak dibaca oleh orang yang kamu kirimi pesan, bukan?

3. Berkata Kasar dan Tidak Sopan


dokpri

Tutur kata juga perlu diperhatikan saat menghubungi orang baru. Jika kamu tidak mengenal orang tersebut, lalu kamu mengirim pesan seperti yang tertera di gambar. Aku yakin, bukan balasan yang akan kamu dapatkan, melainkan nomor kamu akan diblokir oleh orang di seberang sana.

Ingat! Berkomunikasi dengan siapa pun, entah di dunia maya atau dunia nyata, semua ada aturan, semua ada tata krama dan sopan santun. Jika kamu hendak meminta tolong, jangan gunakan bahasa yang justru membuat orang lain naik pitam.

4. Mengirim Pesan Spam (Tidak Sabar Menunggu Balasan)


dokpri

Hei, aku mau bilang gini, "Kamu, kalau di spam orang, suka tidak?"

Sebagian orang terkadang lupa bahwa tidak semua orang tidak punya kesibukan, sehingga kamu bebas mengganggunya, menyepam pesan dan panggilan untuknya. Mungkin kamu akan berkata, "Sombong amat, chat gini aja enggak dibalas, padahal lagi online."

Hem, aku kasih tau, ya, tidak semua orang tidak sibuk sepertimu. Bisa jadi, saat kamu mengirim pesan, dia memang sedang online. Tetapi, di seberang sana, orang yang terlihat sedang online itu sedang mengerjakan hal lain. Jika kamu tetap memaksakan pesan spam, tunggu saja dia geram dengan ulahmu kemudian memblokir kontakmu.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan orang-orang yang biasanya membuat orang lain enggan untuk menanggapi. Termasuk aku yang berprofesi sebagai admin online. Tugasnya kebanyakan berada pada posisi balas chat orang yang masuk, siapa pun itu. Tetapi, admin juga manusia yang butuh untuk dihargai, butuh diperlakukan dengan sopan.

Kamu tahu? Saat kamu mengirim pesan spam, bisa saja itu membuat ponselnya error, membuatnya terganggu saat membalas pesan dari customernya yang lain, dan lain sebagainya.

Intinya, saat kamu hendak memulai percakapan dengan siapa pun itu. Selalu perhatikan tutur kata dan perlakuanmu. Meski itu hanya dunia maya, tetapi yang berada di balik layar itu adalah manusia yang berhati juga, bukan robot.


Sekian, assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan.

Sumber:
Pict: dokpri
Narasi: opini dan pengalaman pribadi
Diubah oleh adivaazzahra 22-05-2020 02:46
nona212
dian14aja
zulmusarofah
zulmusarofah dan 72 lainnya memberi reputasi
73
8.4K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.