• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jangan Anggap Enteng! Kematian Karena Corona Indonesia Tembus 5 Besar Asia

widoko
TS
widoko
Jangan Anggap Enteng! Kematian Karena Corona Indonesia Tembus 5 Besar Asia
Ramadhan memasuki hari terakhir. Umat Islam tanah air akan segera merayakan hari raya. Tetapi Idul Fitri tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja Covid-19 penyebabnya.


Kerumunan di Pasar Pontianak (Sumber: okezone.com)


Mudik yang menjadi ciri khas kita dilarang. Sholat Idul Fitri dianjurkan di rumah. Juga open house dan silaturahmi dianjurkan lewat media sosial. Social distancing digalakkan.


Kerumunan di Pasar  Ikan Jatinegara Jakarta Timur (Sumber: detik.com)


Tetapi yang menjadi masalah ternyata anjuran pemerintah yang gencar itu tak mempan di beberapa tempat. Seperti bandara yang berjubel. Pusat perbelanjaan yang desak-desakkan. Juga masih banyak kerumunan-kerumunan yang tak mengindahkan anjuran di pasar-pasar dan tempat umum lainnya.


Tembus Nomor 5 Asia (Sumber: worldometers.info)


Hal tersebut sungguh disayangkan, karena selama vaksin Corona belum ditemukan usaha yang bisa memutus penularannya adalah dengan social distancing.

Perkembangan kasus Corona di tanah air saat-saat ini tidak bisa dianggap enteng. Worldometers.info, diakses 23 Mei 2020 pukul 14: 51 WIB mencatat saat ini total kasus di tanah air mencapai 20.796. Sedangkan kematian yang ditimbulkan oleh Covid-19 tersebut mencapai angka 1.326 kematian.

Dengan total kasus sebanyak itu, Indonesia memang bukan yang tertinggi di Asia Tenggara. Rekor kasus tertinggi di ASEAN saat ini dipegang oleh Singapura dengan total kasus mencapai 31.068 kasus.

Tetapi meski total kasusnya terbesar di Asia Tenggara, kematian akibat Corona di Singapura termasuk sangat rendah. Dengan kasus yang 30.000 lebih tersebut kematiannya hanya 23 jiwa.

Bandingkan dengan Indonesia yang mencapai 1.326 jiwa. Dengan angka tersebut Indonesia mencatatkan diri sebagai negara dengan kematian oleh Corona terbanyak di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, menurut Worldometers.info bahkan kita menjadi negara dengan kematian tertinggi nomor lima di Asia.

Menurut situs yang sama, total kematian akibat Corona tertinggi di Asia saat ini dipegang oleh Iran dengan jumlah 7.300 jiwa. China berada di urutan ke dua dengan angka 4.634 jiwa.

Selanjutnya di tempat ke tiga dipegang oleh Turki dengan angka kematian mencapai 4.276 jiwa. Kemudian disusul oleh India di tempat ke empat dengan total kematian mencapai 3.728.

Fakta jumlah kematian tertinggi nomor lima di Asia ini tidak bisa kita anggap enteng. Pasalnya kematian karena Corona terus saja bertambah. Pada tanggal 21 Mei kemarin ada 36 kematian. Sedang pada tanggal 22 Mei ada 48 kematian baru.

Di tengah pandemi ini pemerintah sudah menggaung-gaungkan new normal. Dalam pada itu masyarakat juga harus mentaati social distancing yang dipersyaratkan. Mudah-mudahan pada hari-hari ke depan Covid-19 di tanah air tidak melonjak tajam. Semoga pandemi ini segera berlalu...I]






Referensi:

1. Worldometers.info, diakses 23 Mei 2020
Diubah oleh widoko 23-05-2020 08:30
Shyesun.puchanona212tien212700
tien212700 dan 72 lainnya memberi reputasi
73
11K
267
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.