News
Batal
KATEGORI
link has been copied
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec9219bb84088575c56b5af/mui-jatim-anjurkan-takbir-keliling-risma-larang-di-surabaya
Surabaya, CNN Indonesia -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melaksanakan takbir keliling di jalan raya menyambut Idulfitri 1441 Hijriah. Imbauan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya tertanggal 17 Mei 2020, Nomor 443/4591/436.8.4/2020, tentang larangan takbir keliling. Surat edaran itu ditujukan kepada Camat, Lurah, serta se
Lapor Hansip
23-05-2020 20:14

MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya


Surabaya, CNN Indonesia -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melaksanakan takbir keliling di jalan raya menyambut Idulfitri 1441 Hijriah.

Imbauan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya tertanggal 17 Mei 2020, Nomor 443/4591/436.8.4/2020, tentang larangan takbir keliling.

Surat edaran itu ditujukan kepada Camat, Lurah, serta seluruh pengurus atau takmir masjid dan musala untuk diteruskan kepada masyarakat.


Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, ada empat poin yang tertuang dalam surat edaran wali kota itu.

Lihat juga: Satpol PP Siapkan Personel Antisipasi Takbir Keliling Jakarta

Pertama, tidak melakukan takbir keliling ke jalan raya maupun takbir keliling dengan berjalan kaki dan mengumpulkan massa.

Poin kedua, sebagai gantinya kata Eddy, masyarakat muslim diimbau untuk menggemakan takbir di rumah, masjid atau musala oleh pengurus atau takmir, dengan menerapkan protokol kesehatan serta melalui media elektronik dan media sosial lainnya.

"Takbir bisa dilaksanakan oleh takmir musola atau masjid, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Eddy di Balai Kota Surabaya, Jum'at (22/5).

Poin ketiga, lanjut dia, petugas perbatasan atau posko pemeriksaan (checkpoint) juga melakukan pencegahan takbir keliling dari luar kota agar tidak masuk ke Kota Surabaya.

"Nanti petugas checkpoint perbatasan, ketika ada kelompok takbir keliling dari kabupaten atau kota lain yang ingin masuk Surabaya, akan kita kembalikan agar tidak masuk," ujarnya.

Kemudian poin keempat, Eddy menyebut, umat Islam atau warga Kota Surabaya perlu menggemakan Takbir, Tahmid, dan Tahlil saat malam Idul Fitri. Hal itu sebagai tanda syukur, sekaligus doa agar pandemi Covid-19 segera diangkat oleh Allah.

Ia menegaskan, apabila nantinya di malam Idul Fitri ditemukan kelompok masyarakat yang masih menggelar takbir keliling di jalan raya, pihaknya tak segan untuk memberi tindakan tegas dengan langsung menghentikan kegiatan itu.

Masyarakat Ibu kota Jakarta warga merayakan malam takbiran dengan pawai obor keliling menyusuri jalan raya,14 Juni 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)


Lihat juga: Polisi Larang Masyarakat Gelar Takbir Keliling di Jakarta


Takbir Keliling dengan Syarat Protokol Kesehatan

Sementara itu, sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim justru menganjurkan masyarakat untuk tetap menggelar takbir keliling dan di masjid. Dalihnya adalah sebagai penegakan syiar Islam.

Hal itu termaktub dalam surat edaran MUI Jatim Nomor 09/MUI-JTM/Ths/V/2020

"Jadi sebenarnya takbir itu kan syiar Islam, bentuk rasa syukur kepada Allah dengan berakhirnya ibadah puasa. Hal ini seperti tercantum dalam Al Quran. Jadi itu manifestasinya di sana," kata Sekretaris MUI Jatim Ainul Yaqin, Jumat.

Meskipun menganjurkan, kata dia, MUI Jatim memberikan tata cara pelaksanaan takbir keliling di masa pandemi Covid-19. Hal yang paling utama, kata dia, baik takbir keliling maupun takbir di masjid nanti sama-sama menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Tentang teknisnya bagaimana syiar tetap dijaga, dan pengendalian pencegahan Covid-19 tetap dilakukan. Jadi selama takbir bisa tetap menjaga tentu tidak masalah. Misalnya di masjid bisa dibatasi orangnya, begitu pula takbir keliling dengan kendaraan," ujar Ainul.

Lihat juga: Menag Minta Warga Lebaran di Rumah, Silaturahmi lewat Medsos


Untuk takbir keliling, MUI Jatim meminta agar pelaksanaannya nanti tak perlu melibatkan banyak orang. Maksimal, kata Ainul, cukup diikuti lima orang saja demi menghindari risiko penularan Covid-19.

"Jadi ada dua titik, yakni antara kepentingan menjaga siar agama dan juga kepentingan kita memelihara dari ancaman bahaya Covid-19. Jadi tetap 2 hal itu bisa dilakukan secara bersamaan dengan cara apa takbir dibatasi," ucap dia.

Sementara itu, Ainul menilai andai masyarakat tak melakukan takbir jelang Idulfitri, maka suasana lebaran nanti akan terasa mati.

"Karena ini soal syiar agama, supaya tidak mati itu Idul Fitri kalau tidak begitu Idul Fitri bisa mati. Menurut saya ini salah satu dari ajaran agama. Jadi mengangkat syiar Islam itu bagian dari sumber cerminan ketakwaan," ujar dia.

Lihat juga: Polisi Sebut Ada yang Pakai Video Umar Assegaf buat Provokasi

Untuk diketahui, Pemerintah RI telah menetapkan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Indonesia jatuh pada Minggu (24/5).

Keputusan itu didapatkan setelah Sidang Isbat yang digelar di gedung Kemenag dengan cara sesuai protokol kesehatan Covid-19, termasuk sambungan jarak jauh dengan narasumber tertentu. (frd/kid)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ng-di-surabaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 20:43
Sejak kapan takbir merupakan bentuk syukur? Itu bukan bentuk syukur tp bentuk perayaan, pameran.

Klo bersyukur itu berdoa kepada tuhan di rumah bersama keluarga. Mengucapkan syukur atas segala rejeki, kesehatan karena bisa melewati idulfitri tahun ini bersama keluarga di tengah wabah korona.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 20:44
Maksa bet wkwk. Enak bgt nih di rumah tenang nyamab gak ada rame2 bocil rusuh di luaran.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 20:51
satu member beda pendapat yak
emoticon-Bedug
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 20:52
perusak peadaban
miris
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 21:04
nanti aja pas octoberfest di jermanemoticon-Big Grin
take emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh bl0job
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 21:15
Nih MUI juga bakalan mewajibkan sertifikat halal kalau vaksin corona akan diditribusikan di indo

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh dknyind
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 21:39
partai MUI
fasilitas politik terbaru
dulukan ada partai - majelis syuro muslimin indonesia (masyumi)
embahnya sofia lacuba salah 1 yg mbikin (hadiah jepang atas suksesnya ijtima ulama pro dai nippon)
Diubah oleh kingoftki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PROSAV dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 23:28
Paling enak organisasi ini, ngeluarin statement tanpa bwban tg jwb. Kalo ada apa2, rame2 nyalahin pemkot/pemda. Ga adabyg nyalahin organisasi
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Inbox.Kosong memberi reputasi
2 0
2
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 23:39
Biasa orang dema demo minta kebebasan ini itu, ini malah disetir ini boleh itu gak boleh, emang g bisa mutusin sendiri sesuatu itu gimana-gimananya emoticon-Entahlah

MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya

MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
Diubah oleh donal.duck.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 23:40
MUI Jatim periode ini memang rada gmn gitu..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
23-05-2020 23:50
Lek gak jumatan yo ga guno cok olehmu takbiran.GATHEL!!!!
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 00:06
Aku tinggal di jatim, kota malang, disini gak ada yang takbir keliling, tapi suara toa dari masjid tetap menggelegar. emoticon-Cool
0 0
0
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 00:12
Monyong MUI gak sopan, nipuk jemaah nya ndiri.
Tangkap dan masupin ke ruang isolasi positip koronak. Biar dya rasaken nikmat nya kopit19
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 01:00
Tercium bau2 modus niat jahat yang kelam, bukan cuma ketololan yang tidak disengaja...

Rencana jahat apalagi yang Ormas penyembah bulan ini persiapkan?
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 01:38
Ini Ainul pecat aja deh dari MUI, ngelawan psbb terooss
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 02:03
namanya takbir keliling juga akan menimbulkan kerumunan massa yg pengen liat emoticon-Belo

bukan karena anti bertakbir emoticon-Shutup

tapi mencegah lebih baik daripada mengobati emoticon-Berduka (S)
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 02:39
lihat sitkon dong.. kalo masjid banyak dan speakernya bisa menjangkau wilayah luas ya mending itu dioptimalin, minim risiko pula emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 02:56
belum cukup toa apa
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 04:08
mamposs kelen
serius nanya MUI arahnya kemana sih -_-
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
24-05-2020 04:17
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

MUI Jatim lagi.......
memang ada beberapa orang MUI yg nyleneh,
selain yg di jatim ini,
yg pusat juga ada, contohnya ayah naen
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia