• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nilai Auto A, 5 Tips Jitu Memikat Hati Dosen Ini Wajib Mahasiswa Coba!

Alya917Avatar border
TS
Alya917
Nilai Auto A, 5 Tips Jitu Memikat Hati Dosen Ini Wajib Mahasiswa Coba!

[Sumber foto]

Jika para siswa bersekolah untuk mendapatkan nilai angka 1-100 atau dengan kata lain mendapat nilai rapot yang tinggi, lain halnya dengan mahasiswa. Mahasiswa, justru memburu nilai A dari setiap mata kuliah yang diambilnya. 

Tapi, nampaknya, bagi para mahasiswa, mendapatkan nilai A tidak begitu mudah. Salah satunya, jika ada dosen yang killer, hal itu akan lebih susah dan butuh sedikit usaha. Nah, berikut adalah 5 tips jitu memikat hati dosen, supaya kamu dapat nilai auto A! 

1. Tunjukkan antusiamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menarik perhatian dosen padamu. Caranya, kamu harus bisa tunjukkan bahwa dirimu sangat antusias dengan mata kuliah yang diajarkannya. Duduklah di bangku terdepan agar sang dosen dapat melihatmu. Cobalah untuk serius memerhatikan dosen ketika sedang menjelaskan suatu materi.

Anggukanlah kepalamu, jika setuju dengan apa yang dosenmu itu kemukakan. Jangan sampai, kamu terlihat mengobrol dengan temanmu, saat dosenmu itu tengah menjelaskan materi yang diajarkannya. Karena, hal itu bisa berpotensi menghilangkan respect dosen padamu, lho! Antusiasmu itu, bisa diartikan juga dengan tidak datang telat saat mata kuliah sedang berlangsung, ya. 

2. Aktif bertanya

Setalah kamu memerhatikan dosen dengan khidmat, kamu harus aktif bertanya. Eits, tapi, jangan sekali-kali kamu hanya bertanya omong kosong, ya. Maksudnya, omong kosong itu bagaimana? Artinya, kamu bertanya sesuatu yang sebelumnya sudah dosen itu jelaskan.

Karena, nantinya, bukan tidak mungkin, dosen dan teman sekelasmu, berpikir bahwa kamu caper alias cari perhatian saja. Nah, agar tidak dicap seperti itu, bertanyalah, sesuatu yang substansial atau lebih berbobot, ya. Hal ini akan lebih menunjukkan bahwa dirimu lebih berdedikasi dan rasa keinginantahuanmu sangat besar terhadap materi kuliah dosenmu. 

3. Berani beda argumen

Siapa yang bilang, kalau mau menarik hati seseorang, terutama dosen, haruslah selalu manut sama pendapatnya. Cara seperti itu sudah tidak mempan lagi, lho untuk memenangkan hati dosenmu. Jadilah berbeda dari yang biasa mahasiswa lain lakukan. 

Salah satunya, tunjukkan saja jika kamu memang memiliki argumen yang berbeda dengan dosenmu itu. Karena, dosen itu suka untuk berdiskusi, bertukar pikiran dengan mahasiswanya. Tapi, jangan hanya pandai berargumen tanpa bukti yang kuat, lho. Jika, seperti itu, bisa-bisa dosenmu berpikir bahwa kamu hanya ingin menjatuhkannya. 

4. Sering membantu dosen

Kalau ketiga poin sebelumnya bisa kamu terapkan di dalam kelas saat mata kuliah sedang berlangsung, poin yang keempat ini berbeda. Kali ini, kamu harus berusaha menarik perhatiannya ketika di luar jam mata kuliah. Misalnya, ketika jam kuliah selesai, kamu membantu membawakan barang-barang mengajarnya ke ruang dosenmu itu. 

Nah, pada saat kamu berjalan beriringan ke ruangan dosen, kamu harus aktif bertanya padanya. Tanyalah, projek apa yang sedang dosenmu kerjakan, Tawarilah bantuan dan tunjukkan kemampuanmu yang bisa membantunya. Dengan begitu, biasanya dosen akan bertanya namamu dan mengingatmu untuk meminta bantuan dan kamu akan berpotensi mendapatkan nilai A, lho! 

5. Selalu kerjakan tugas 

Tidak cukup dengan aktif membantu pekerjaan dosenmu. Tapi, kamu juga harus bisa menunjukkan kemampuan dalam menguasai mata kuliah yang diajarkannya itu. Misalnya, saat dosenmu itu memberikan tugas, jangan pernah kamu absen untuk tidak mengerjakan, ya. Cobalah untuk melatih daya tarik melalui tugas, agar dosenmu terkesan dengan jawaban dari tugasmu itu.

Caranya bagaimana? Misalnya, kamu disuruh membuat esai tentang suatu tema, nah, kemaslah esaimu semenarik mungkin, jangan copy paste, apalagi menjiplak punya teman. Tulislah opinimu secara mandiri, pastikan berbeda dari yang lainnya. Hal ini, akan membuat dirimu lebih terlihat menonjol di mata dosenmu itu, lho! 

Itulah 5 tips yang wajib para mahasiswa terapkan. Selamat mencoba dan semoga sukses mendapat nilai A! 
darmawati040
gemutro
nona212
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
868
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.