Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec7c2d6349d0f6bc912a875/dirumahaja-begini-tata-cara-shalat-ied-yang-perlu-diketahui
Demi menekan penyebaran Covid-19, pemerintah menganjurkan untuk salat Idul Fitri di rumah saja. Tidak di masjid, atau lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya. "Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama yang berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali," kata MUI dalam Fatwa tentang Pandua
Lapor Hansip
22-05-2020 19:17

#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui

Demi menekan penyebaran Covid-19, pemerintah menganjurkan untuk salat Idul Fitri di rumah saja. Tidak di masjid, atau lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama yang berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali," kata MUI dalam Fatwa tentang Panduan Kaifat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19 dikutip dari situs resmi MUI.
#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui
Sebagaimana yang diterangkan, berikut niat salat Idul Fitri sendirian.

"Ushalli sunnatan li 'iidil fithri rok'ataini lillaahi ta'aala"

Sedangkan, kalau dilaksanakan berjamaah, niatnya seperti ini:

"Ushalli sunnatan li 'iidil fithri rok'ataini (ma'muuman/imaaman) lillaahi ta'aala"


Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, jumlah jamaah yang salat minimal 4 orang, 1 imam dan 3 makmum. Berikut tata cara salat Idul Fitri:
1. Memulai dengan niat salat Idul Fitri.

2. Membaca takbiratul ihram sambil mengangkat kedua tangan.

3. Membaca doa iftitah.

4. Membaca takbir pada rakaat pertama sebanyak 7 kali (di luar takbiratul ihram). Setiap akhir takbir itu dianjurkan membaca:

"Subhanallah wal halmdulillah wa la ilaaha illa Allah wa allahu akbar"

5. Membaca surat Al-Fatihah, dilanjutkan membaca surat pendek.

6. Rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya seperti salat biasa.

7. Membaca takbir pada rakaat kedua sebanyak 5 kali.

8. Membaca surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan surat pendek.

9. Rukuk, sujud, dan seterusnya hingga salam.

10. Setelah salam, disunnahkan mendengar khutbah Idul Fitri. 

Jika jumlah jamaah kurang dari 4 orang atau tidak ada yang bisa khutbah, salat Idul Fitri boleh dilaksanakan tanpa khutbah.

Tata cara pelaksanaan khutbah Idul Fitri:

1. Khutbah pertama

- Khutbah pertama diawali membaca takbir sebanyak sembilan kali.

- Memuji Allah dengan sekurang-kurangnya membaca hamdalah.

- Membaca shalawat Nabi Muhammad.

- Berwasiat takwa.
- Membaca ayat Al-Quran.


2. Khutbah kedua

- Membaca takbir sebanyak tujuh kali.

- Memuji Allah dengan sekurang-kurangnya membaca hamdalah.

- Membaca shalawat Nabi Muhammad.

- Berwasiat takwa.
- Mendoakan kaum muslimin.


emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganwati

Sumur
Diubah oleh hongabonga
profile-picture
profile-picture
nona212 dan ashinoda memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui
22-05-2020 19:36
cari jamaah kemana ya klo masjid gak mengadakan
0 0
0
#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui
22-05-2020 19:47
Terimakasih gaaaan


Quote:
Cerita Kita Untuk Selamanya

#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui

Bi?
Ya?
Aku mau bikin cerita buat kamu, 100 chapter lebih.
Banyak banget, yakin selesai?
Yakinlah, ceritanya aku mulai darisini ya, bibkuu.

Rendy, seorang pria yang baru saja menyelesaikan bangku kuliah dan mendapatkan pekerjaan pertamanya, bertemu dengan seorang wanita bernama Bianca. Tanpa Rendy sadari, pertemuan inilah yang akan merubah hidupnya nanti. Akankah perbedaan menyatukan mereka atau perbedaan lah yang justru akan memisahkan?

Based on true story.

Link:
Cerita Kita Untuk Selamanya
Diubah oleh qoetzalcolt
0 0
0
#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui
22-05-2020 22:24
emoticon-Wakaka
0 0
0
#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui
22-05-2020 22:39
Wah terima kasih gan, nice info nih. soalnya di daerah ane dipastikan udah ngga ngadain solat ied
0 0
0
#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui
23-05-2020 00:01
iyaa nih sholat eid harus jaga jarak
0 0
0
#DiRumahAja, Begini Tata Cara Shalat Ied yang Perlu Diketahui
23-05-2020 14:53
Berat memang.. Tapi dengan niat memutus rantai hidup/penularan covid 19 saya rasa semua bisa iklas ga ied berjamaah seperti kondisi normal emoticon-Smilie
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia