• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bahaya Efek Domino COVID-19 Sedang Mengintai, Pemerintah Harus Melakukan Ini, Gan

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bahaya Efek Domino COVID-19 Sedang Mengintai, Pemerintah Harus Melakukan Ini, Gan
Kesimpang siuran kebijakan pemerintah yang mendualisme dan terkesan gagap saat ini membuat rakyat kebingungan harus berpegang pada aturan yang mana, dan akibatnya kalimat 'Indonesia TERSERAH' menjadi viral di media lokal sampai dunia.

[ HT# 592 ]



Ya, begitulah jika sebuah kebijakan tidak dalam satu koridor pintu yang seharusnya menjadi pegangan masyarakat yang memang sudah menunggu sejak lama karena ruang geraknya sedang di batasi ini.

Meski ada aturan dan syarat masyarakat yang boleh beraktifitas dan bisa melintas mudik justeru menimbulkan kecemburuan masyarakat dan peluang bisnis baru bagi para oknum.



republika

Kebijakan dualisme ini tentu membawa dampak positif dan negatif. Positifnya perekonomian dan kebutuhan pokok masyarakat tetap terpenuhi. Efek negatifnya tentu saja virus Corona kemungkinan besar terus 'bergerilya' menjadi penumpang gelap oleh seseorang, benda-benda tertentu yang sering menjadi kontak manusia di kehidupan sehari-hari.

Menurut kabar yang saya baca, di Jakarta korban Covid19 sendiri diperkirakan sudah menurun. Ada dua sebab menurunnya korban Covid19 ini, pertama karena memang warga Jakarta memahami dan sudah sadar betul pentingnya memutus mata rantai Covid19 ini, ke dua karena sang 'carry' Covid19 telah berpindah lokasi baru secara massal ke tempat lain aka karena mereka telah ikut terbawa oleh pemudik yang terpantau ataupun tidak.

Sebenarnya menurunnya angka korban Covod19 di Jakarta menjadi kabar dan sinyal yang baik bagi parameter pandemi Covid19 di Indonesia, tapi sayangnya menurut saya masih membawa tanda tanya besar.

Sebab apa, sikap dualisme pemerintah yang kian melemah saat inj membuat kantong-kantong check point di lapangan bisa bermain, apalagi jika ujung-ujungnya duit berbicara, situ senang-saya senang. Hal ini bisa saja terjadi karena saya sendiri mendengar ada travel yang sampai tulisan ini di buat masih ada travel gelap yang berkeliaran di wilayah tertentu yang tujuan pulang kampungnya mengirim pemudik ke daerah Jawa Barat.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, karena sikap dualisme pemerintah ini memberikan peluang bisnis oknum yang ingin mendapatkan keuntungan sesaat di tengah kesusahan dan keresahan masyarakat ini bisa terjadi tanpa terpantau baik oleh pemerintah?


lcghd

Jadi, jika Indonesia benar-benar ingin terbebas dari pandemi Covid19 ini menurut saya ketegasan dan penerapan dalam satu pintu aturan pemerintah dan sosialisasi terutama di pelosok-pelosok desa harus tetap di lakukan. Tidak ada kata terlambat sebelum efek domino bisa saja terus terjadi. Sampai kapan saya sendiri tidak bisa menjawabnya. Semoga pandemi Covid19 lekas berlalu dan hilang dari muka bumi, aamiin.




Sebuah opini
Img.header. theiconic



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 21-05-2020 09:50
antonisalim007
eriksa
nona212
nona212 dan 40 lainnya memberi reputasi
39
5K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.