Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec34fb55cf6c460084c8583/bagaimana-jika-kita-harus-hidup-berdampingan-dengan-corona
Kehidupan mencekik yang dijalani saat ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah lebih banyak lagi orang yang terjangkit Virus Corona. Namun, dalam pikiran terliar kita, Bagaimana jika semua yang terjadi saat ini akan terus terjadi kedepannya dan menjadi kebiasaan baru dalam kehidupan kita sebagai manusia?
Lapor Hansip
19-05-2020 10:17

Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Bersama Corona? Hal Gila Apa Yang Terjadi?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
sumber gambar: tirto.id

Kehidupan mencekik yang dijalani saat ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah lebih banyak lagi orang yang terjangkit Virus Corona. Namun, dalam pikiran terliar kita, Bagaimana jika semua yang terjadi saat ini akan terus terjadi kedepannya dan menjadi kebiasaan baru dalam kehidupan kita sebagai manusia?

Sebelum era berdaulat dan merdeka seperti sekarang ini, kehidupan manusia telah diancam oleh banyak hal. Menurut Yuval Noah Harari, salah satu penulis bestseller dunia lewat buku Sapiens dan Homo Deus, manusia terlebih dahulu menghadapi tiga ancaman utama yaitu kelaparan, wabah, dan perang. Harapan hidup manusia pada masa-masa saat ketiga faktor pengancam kehidupan manusia itu masih relevan bahkan jauh lebih rendah dari harapan hidup rata-rata manusia di era modern sekarang. Jika kita bisa hidup hingga 60-70 tahun, manusia di era itu hanya bisa bertahan selama 40-50 tahun atau bahkan 30 tahun.

Ketika era ini sedang berusaha menatap masa depan dengan meninggalkan tiga ancaman di masa lalu, kini tiba-tiba salah satu ancaman itu kembali datang menghantui kehidupan manusia. Wabah penyakit yang sekarang sedang hinggap di dunia lewat Virus Corona kembali mengancam. Sejak tulisan ini dibuat, sudah 4,7 juta kasus positif di dunia yang terpapar Corona dengan  1,7 juta orang sembuh dan 317 ribu orang meninggal dunia. Laju pertumbuhan virus masih fluktuatif walaupun kurva kasus positif telah menunjukan kelandaian. Sampai saat ini, belum ada institusi maupun individu secara independen yang dapat memperkirakan dengan tepat kapan wabah ini berakhir. Seperti yang disinggung pada paragraf pertama, dalam pikiran terliar kita, apa yang akan terjadi jika pandemi ini tidak menghilang dan kita harus hidup berdampingan? Apakah kehidupan kita akan di tarik mundur untuk menghadap faktor pengancam dari masa lalu lagi?

Jika dipikir kembali, tiga ancaman kehidupan manusia itu bisa saja datang kembali, namun dalam bentuk yang sedikit berbeda. Berikut ini beberapa poin yang bisa menjabarkan hal itu:

Quote:
1.     Harapan hidup manusia menurun
Berkaca dari kejadian di masa lalu, harapan hidup kita sebagai manusia mungkin akan berkurang. Dengan banyaknya kasus orang positif dan sedikitnya fasilitas kesehatan yang bisa menangani banyak orang secara bersamaan, poin ini akan sangat mungkin terjadi. Walau begitu, dengan adanya teknologi dan ilmu kedokteran yang maju seperti saat ini, harapan hidup seseorang tidak akan serta merta menurun jauh signifikan. Kita memiliki teknologi yang lebih dari cukup untuk setidaknya menahan hal ini terjadi. Selain itu, dengan adanya pandemi ini, manusia akan dipaksa untuk mencari teknologi ataupun obat baru yang ampuh untuk menangani corona. 

2.     Berubahnya banyak budaya manusia
Dengan aturan untuk selalu menjaga jarak aman, akan banyak budaya yang berubah dari kehidupan manusia di masa modern ini. Di Indonesia sendiri, banyak hal yang akan berubah seperti budaya bersalaman, budaya berkumpul, festival, acara adat, dan masih banyak lagi. Kedepannya, semua hal yang mengundang banyak orang mungkin akan dibatasi atau bahkan dilarang untuk mencegah penyebaran virus.

3.     Angka kejahatan meningkat
Seiring dengan semakin sedikitnya pekerjaan yang bisa dilakukan, perlahan angka kejahatan bisa saja meningkat signifikan. Bahkan, untuk orang yang sama sekali tidak pernah melakukan kejahatan, tindakan-tindakan seperti pencurian atau perampokan mungkin akan banyak terjadi. Hal ini tentu saja disebabkan oleh insting bertahan hidup manusia yang menuntut mereka untuk mencari makan. Orang-orang ini terpaksa melakukannya untuk menghindari salah satu ancaman kehidupan manusia yang telah disebut sebelumnya yaitu: kelaparan.

4.     Konflik meningkat
Di masa seperti ini kemungkinan salah satu ancaman kehidupan manusia mencuat, kali ini yang muncul adalah ancaman perang atau konflik. Tak dapat dipungkiri, demi bertahan hidup, akan terjadi banyak sekali gesekan utamanya karena memperebutkan sumber makanan. Hal tergila yang mungkin terjadi adalah konflik fisik. Namun hal ini sebenarnya sangat bisa dicegah apabila distribusi makanan terbagi secara merata dan aksesibilitas menuju sumber makan menjadi lebih mudah. Selain itu, faktor harga pun akan sangat berpengaruh pada kemampuan seseorang untuk mendapatkan makanan yang diinginkan. 

5.     Solidaritas komunitas masyarakat meningkat
Dibalik adanya ancaman konflik, secara alami orang-orang akan meningkatkan solidaritas diantara komunitas masyarakat. Hal ini bisa berarti positif dan negatif. Hal positifnya tentu saja komunitas masyarakat akan saling bahu membahu untuk menjalani kehidupan bersama. Namun, hal negatifnya adalah, solidaritas ini terjadi dalam bentuk kelompok-kelompok masyarakat, tidak terjadi di seluruh penjuru negeri. 

6.     Kebijakan semakin ketat
Poin terakhir ini adalah poin yang paling pasti terjadi diantara semua poin, yaitu kebijakan yang semakin ketat. Banyak kebijakan akan dibuat untuk memperketat masyarakat bisa menjalin kontak fisik secara langsung. Salah satu kebijakan yang sudah kita lakukan sekarang adalah social distancing dan physical distancing. Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sejatinya harus selalu didukung jika itu bertujuan untuk mencegah penularan yang lebih massif, namun masyarakat juga harus selalu mengawal kebijakan yang ada agar tetap pada tujuan awal tanpa ada agenda-agenda lain yang tidak diperlukan.


Dari pemaparan di atas, hal yang paling penting untuk dijaga selain kesehatan adalah rasa kemanusiaan. Sebelumnya, sudah kita dapati banyak berita mengenai kelangkaan hand sanitizer, masker, bahkan alat pelindung diri yang notabenenya sangat diperlukan oleh tenaga medis sebagai garda utama yang memerangi virus ini. Hal itu mencerminkan ternodainya rasa kemanusiaan manusia yang sudah ditanam sangat lama. Rasa kemanusiaan pula yang mencegah ancaman masa lalu (kelaparan, wabah, dan perang) datang kembali dan merusak kehidupan damai manusia yang sudah dijalani cukup lama. Jika rasa kemanusiaan bisa dijaga, kemungkinan-kemungkinan di atas mungkin tidak akan pernah terjadi.

Selain itu, kita juga harus tetap optimis dan mendukung upaya-upaya pemerintah untuk memerangi virus ini. Kita harus mengawal semua kebijakan dan mematuhinya agar semua ini cepat berakhir. Sejatinya, pertanyaan yang harus kita tanyakan saat ini bukanlah, bagaimana kita bisa mengatasi wabah ini?Akan tetapi, kapan kita bisa mengatasi wabah ini? 


Sumber Tulisan:
Pemikiran TS

Sumber Gambar:
Google Images
Diubah oleh kulitkacang10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 59 lainnya memberi reputasi
60
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:16
semoga segera ditemukan vaksin pembunuh virus atau imun tubuh biar bisa seterong
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan dukuncaboel memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:19
kemungkinan akan susah mendapatkan yang diinginkan dibanding sebelum-sebelumnya ya
profile-picture
dukuncaboel memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:20
tentunya banyak kebiasaan yg bakal berubah, seperti kebiasaan mencuci tangan.
profile-picture
dukuncaboel memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:23
Errr klo mnurut ane kita tdk usah se gloomy sperti isi tulisan TS

Ingat , faktanya covid-19 ini bisa sembuh , bahkan tanpa obat virus x pun

Dri gejala penyakit sebagian besar juga ringan , bahkan ada yg tanpa gejala apa2

Meskipun kita lockdown dri awal
Tetap gk akan ada jaminan bahwa usai lockdown everything goes back to normal

Karena yg kena ini udah seluruh dunia , gak indonesia saja
China aja skrang tetap kena covid 19 imported cases

Makanya yg pling penting selain new normal adalah

Kita harus punya data sendiri gimana pola persebaran covid 19 d dunia.

Kita identifikasi mana kelompok yg pling resiko mati krena covid 19 berdasarkan data kita , bukan data dri luar negeri

Dari sana gw yakin pemerintah harusnya bisa formulasikan kebijakan new normal baru yg bisa untuk melindungi kelompok2 yg paling beresiko mati kalau kena covid 19

Sisanya yang kelompok dengan survival rate klo kena covid 19 tinggi tetap bisa berkehidupan normal seperti biasa namun dengan mematuhi new normal

Itu solusinya !
Diubah oleh djinggo88
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:25
wellcome to new normal, yg patuh tetep patuh jgn kasih kendor, yg msh bandel2 tolong jgn cuma protes n nyinyir pemerentah aja, pake tuh masker sm sering2 cuci tangan
profile-picture
dukuncaboel memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:26
Ya cm harus jaga kebersihan
Selama wabah, pasti byk budaya yg berubah
Tp bs cpt kembali normal lg kalo org pada disiplin
profile-picture
dukuncaboel memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:27
Mudah2an vaksin yang tokcer akan ditemukan, jadi virus corona hanya seperti virus kacang goreng
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:27
tatanan hidup manusia berubah gara gara korona gan..
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:29
SELEKSI ALAM BREEE...
YG JOROK BAKALAN MUSNAH..🤣
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:34
mending balikan sama mantan
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:37
ini sama saja herd immunity. yg kuat yg bertahan hidup
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:46
sebisa mungkin harus kita hindari,
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:55
Aduh gamauuu
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:58
Sebelum herd imunity tercapai, hidup mungkin jadi seperti hukum rimba, emoticon-Takut


dimana si covid jadi predator utama, yang kuat bertahan syukur2 nyampe imunity dan yang gk kuat lewat. emoticon-Takut
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 08:58
Daya imun tubuh dan pola hidup harus diubah kalau masuk era "New Normal"
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 09:04
welcome Herd Immunity kalo emang kejadian harus berdampingan..
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 09:11
udah kebiasaan salaman
kalo gw nolak nanti takutnya orang tersinggung
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 09:17
Indonesia terserah
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 09:35
Aduh banyak berdoa deh mudah”an org yg kita sayang ga cpt mati emoticon-Frown
0 0
0
Bagaimana Jika Kita Harus Hidup Berdampingan Dengan Corona?
20-05-2020 09:36
ga perlu dibesar2kan, kecuali te-es adalah jurkam proud of death.
selama ini manusia selalu berdampingan dengan penyakit dan tiada masalah karena tiada kampanye heboh.
selama ini bersimbiosis dengan cacing perut
bersolek bareng dengan jamur panu dan koreng
berdampingan dengan lalat hijau
hidup dalam lingkungan dengan e-coli
bernafas bareng polusi udara dan tbc
tubuh secara alami punya imunitas, hanya akal sehat yang bisa menyelamatkan
bukan penyakit yang menyakitkan, tapi cara penanganan yang mematikan apalagi jurkam tak punya otak yang selalu kampanye kopet kolornya.
emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh TuanLi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
KASKUSER BERTANYA, KASKUSER MENJAWAB
kaskuser-bertanya-kaskuser-menjawab
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia