hellosehatAvatar border
TS
hellosehat
Cara Ampuh Mengatasi Cegukan Saat Sedang Puasa


Cegukan bukanlah suatu kondisi medis yang membahayakan. Akan tetapi, cegukan bisa sangat mengganggu dan bikin kamu jadi tak nyaman. Apalagi bila kamu sedang berpuasa. Kondisi berpuasa tentunya tidak bisa membuatmu minum banyak air untuk mengatasi cegukan tersebut.

Namun, tak perlu khawatir. Masih banyak cara lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi cegukan saat puasa. Yuk, simak baik-baik berbagai langkah mengusir cegukan tanpa makanan atau minuman di bawah ini.

Kenapa bisa cegukan saat puasa?

Cegukan bisa terjadi kalau otot-otot diafragma mengalami kejang atau kontraksi. Posisi diafragma terletak di bawah ulu hati dan di atas perut. Ada banyak hal yang bisa memicu hal tersebut. Di antaranya adalah makan sahur kebanyakan atau terlalu cepat, minum minuman bersoda, menelan udara misalnya karena makan permen karet, atau perubahan suhu yang mendadak.

Selain itu, cegukan juga bisa kamu alami karena otak bereaksi terhadap emosi tertentu. Misalnya stres, gugup, cemas, atau terlalu bersemangat. Karena adanya emosi yang meluap-luap inilah, terjadi gangguan pada saraf yang menghubungkan otak dengan diafragma.

Lalu, bagaimana mengatasi cegukan saat puasa?

Umumnya, cegukan bisa hilang sendiri tanpa pengobatan apapun. Akan tetapi, dalam beberapa kasus cegukan bisa berlangsung sangat lama sehingga membuat kamu merasa tidak nyaman dan menyebabkan otot-otot diafragma jadi nyeri. Selain minum air atau menelan makanan, ini empat cara mengatasi cegukan saat puasa yang perlu kamu pelajari.

1. Tahan napas

Ambil napas dalam dengan hidung, kemudian tahan napas selama kira-kira sepuluh detik. Selanjutnya, hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali. Ulangi setiap dua puluh menit bila cegukannya belum juga hilang, ya.

2. Bernapas dalam kantong kertas

Siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung, jangan ke seluruh wajah. Pastikan mulut dan hidung sudah tertutupi oleh kantong kertas. Kemudian, bernapaslah dalam kantong tersebut.

Tanpa disadari, lama-lama kamu akan menghirup karbon dioksida. Otot-otot diafragma yang tadinya berkontrasi tersebut pun akan melemas kembali. Pastikan kamu tidak memakai kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung ketika kamu mengambil napas.

3. Duduk memeluk lutut

Duduklah dengan posisi kaki ditekuk. Kemudian peluk lutut sambil mencondongkan badan ke depan seperti mau meringkuk. Tahan posisi ini selama kira-kira dua menit. Posisi ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada area diafragma agar udara yang terjebak bisa keluar.

4. Pijat area ulu hati

Bila langkah-langkah mengatasi cegukan saat puasa lainnya belum berhasil, coba memijat area ulu hati. Otot-otot diafragma letaknya persis di bawah ulu hati, di atas perut. Beri tekanan lembut pada area tersebut dengan ujung jari-jari selama 20-30 detik.


Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cegukan. Jangan sampai cegukan dan rasa lapar yang bersatu membuat Agan dan Sista jadi cepat marah, ya. https://hellosehat.com/hari-raya/ram...h-saat-lapar/
abdurrahman19
Pupilsxone
nona212
nona212 dan 14 lainnya memberi reputasi
13
1.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.