• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • 6 Tanaman Bernilai Ekonimi yang Dapat Gan-Sis Budidayakan pada Lahan Sempit

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
6 Tanaman Bernilai Ekonimi yang Dapat Gan-Sis Budidayakan pada Lahan Sempit
Berkebun dengan Memanfaatkan Lahan Sempit




Kaskus DeYudi69 -Hampir tiga bulan sudah sejak pertama kali COVID-19 mewabah di Indonesia, ane jarang keluar rumah, keluar rumah pun paling ke warung yang dekat-dekat aja.

Sumpek juga rasanya, tapi untuk menghilangkan kejenuhan itu, kita dapat melakukan beberapa hal positif yang bisa dikerjakan di rumah, salah satunya yaitu berkebun di halaman rumah, atau Gan-Sis juga bisa memanfaatkan pot sebagai solusi berkebun pada lahan sempit.

Saran ane sih bila ingin berkebun, lebih baik Gan-Sis menanam tumbuhan yang bermanfaat atau bernilai ekonimi, selain juga tanaman yang dapat membuat kita merasa jadi bersemangat untuk merawatnya.

Dari pengalaman ane sendiri, berawal dari coba-coba, nantinya pasti akan menjadi sebuah hobi bahkan menjadi sebuah pekerjaan sampingan atau pekerjaan tetap.

Apa saja sih tanaman yang bernilai ekonomi serta dapat dibudidayakan sendiri di rumah?

Berikut ini beberapa tanaman versi ane yang dapat dibudidayakan sendiri di rumah dan bernilai ekonomi:

1. Tanaman Cabai


sumber

Semua orang pasti mengenal tanaman cabai, tanaman yang dikenal karena buahnya yang memiliki rasa pedas ini sangat mudah untuk dibudidayakan, bahkan dapat tumbuh sampai menghasilkan buah hanya dengan menggunakan media tanam yang diletakkan dalam sebuah pot atau plastik polybag.

Cara membuat bibit cabai hingga berbuah yaitu, dengan cara memilih buah cabai yang sudah tua dan berwarna merah.


sumber

Pisahkan biji dari buahnya, kemudian biji cabai kita jemur di bawah terik matahari minimal selama 2 jam dengan beralaskan kain supaya cepat kering.


sumber

Setelah itu kita semai biji cabai pada tanah gembur yang mengandung humus, serta jauhkan dari sinar matahari secara langsung, siram secukupnya pada pagi dan sore hari, sampai kira-kira bibit cabai telah tumbuh setinggi 15 cm dan siap untuk dipindahkan ke dalam pot atau polybag. Setelah 3 bulan, tanaman cabai kita akan mulai berbuah dengan lebat.


sumber

Untuk mendapatkan pohon cabai yang berbuah lebat, kita dapat memotong pucuk daun dari tanaman cabai agar muncul 2 samapai 3 pucuk yang baru pada pucuk yang kita potong pertama kali tersebut.

Di saat masa pandemi seperti sekarang ini, ane rasa ketahanan pangan secara swadaya juga dapat diupayakan, dengan cara menanam cabai di rumah, setidaknya kita dapat menghemat pengeluaran uang dapur untuk membeli cabai.

2. Tanaman Tomat


sumber

Sama halnya dengan cabai, tomat juga dapat kita tanam sendiri di rumah, dengan metode penanaman yang sama seperti cara menanam cabai di atas, tanaman tomat yang kita tanam sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin A untuk kesehatan mata kita.

Kalau ane sih selain suka mengkonsumsi tomat secara langsung, biasanya ane seduh dengan air panas yang ditambahkan dengan gula pasir, atau ane buat jadi rujak tomat.


sumber

Untuk membuat rujak tomat, bahan-bahan yang diperlukan antara lain, tomat yang dipotong kotak-kotak atau sesuai selera, gula pasir, cabe rawit, terasi, dan garam.

Pertama kita campurkan dulu semua bumbu tadi, cabe, gula pasir, garam dan terasi, dihaluskan dengan cobek, kemudian campurkan dengan buah tomat yang sudah kita potong-potong tadi. Mantapz dah pokoknya Gan-Sis, biasanya ane buatnya yang pedas level pake 2 cabe aja udah nggak nahan wwkwkwk hot banget. Coba deh Gan-Sis buat sendiri di rumah.

3. Jahe


sumber

Berikutnya tanaman yang dapat kita taman sendiri di rumah yaitu jahe. Tanaman yang satu ini, rimpangnya dapat kita manfaatkan sebagai bahan untuk membuat wedang jahe, teh jahe, atau susu jahe. Sensasi hangat di dada yang di dapat setelah meminum wedang jahe juga sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

4. Kunyit


sumber

Kaskus DeYudi69 - Sama halnya dengan jahe, kunyit juga merupakan tanaman yang berimpang. Selain sebagai bumbu dapur, kunyit juga dapat diolah menjadi jamu kunyit, serta dapat dipergunakan sebgai obat luka.

5. Pohon Lidah Mertua


sumber

Kali ini ane sarankan untuk menanam tanaman hias yang satu ini. Karena kemampuannya yang dapat menyerap polusi udara dan juga menghasilkan Oksigen, sangat cocok bila di tanam sebagai tanaman outdor maupun indor. Pohon ini juga memiliki nilai ekonomi apabila dijual, banyak ane liat yang menjualnya secara online.

6. Pohon Vanili


sumber

Pohon terakhir yang menjadi rekomendasi ane yaitu pohon vanili, tanaman yang menyerupai tanaman anggrek ini juga dijuluki sebagai tanaman emas hijau, kenapa demikian? Ya memang karena harga jual dari buah vanili yang menyamai harga emas per gramnya Gan-Sis.

Terakhir yang ane tahu, 1 KG buah vanili kering setara dengan 6 juta rupiah. Tapi tentu saja untuk mendapatkan buah vanili yang berkualitas kita perlu kesabaran ektra untuk merawat pohonnya.


sumber

Tanaman ini juga dapat dibudidayakan pada lahan sempit, yaitu dengan menggunakan pot, bahkan banyak orang yang memanfaatkan ember atau galon bekas kemasan air mineral sebagai tempat media tanamnya.

Anggap saja merawat tanaman vanili kita lakukan sebagai penghilang suntuk saat berdiam di rumah, yang tentunya bila berhasil menghasilkan buah, sudah pasti memberi nominal rupiah yang setimpal dengan kesabaran kita saat merawatnya.


Dokumen Pribadi

Media tanam dari tanaman vaninili yang ane tanam sendiri di halaman rumah ane antara lain campuran dari : sekam padi bakar, kohe sapi, tanah humus, kapur dolomit, jamur tricoderma, dan pupuk cair.

Tanaman ini juga tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, dan tidak boleh terlalu basah karena bisa mengalami busuk batang atau busuk akar.

Video Cara Membedakan Antara Vanili Hutan yang Tidak Laku untuk Dijual dengan Vanili yang memiliki Nilai Jual

Spoiler for Video Cara Menbedakan Vanili Hutan dengan Vanili Planifolia:


Oh iya, selain dengan cara berkebun pada lahan sempit yang menggunakan pot atau polybag, Gan-Sis juga dapat menerapkan cara berkebun dengan memanfaatka teknologi hidroponik yang hanya memanfaatkan air yang mengalir sebagai media tanamnya. Namun, menurut ane bercocok tanam dengan tekhnik hidroponik memerlukan biaya yang lumayan besar untuk modal awalnya. Banyak petani hidroponik yang berhasil meraup keuntungan jutaan rupiah hanya dengan memanfaatkan lahan sempit.


sumber

Bercocok Tanam Hidroponik

Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat ya, mungkin Agan dan Sista juga punya rekomendasi sendiri untuk tanaman yang dapat dibudidayakan pada lahan sempit silahkan tulis di kolom komentar ya, jangan lupa beri cendol, rate, dan bagikan ke akun media sosial kalian. Thank You.

Baca Juga: Gunakan 4 Tanaman Ini untuk Mengusir Nyamuk!

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Virus Corona, Gunakan Tanaman Ini untuk Membersihkan Udara Gan!

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , 7 , 8 dan opini pribadi

Diubah oleh DeYudi69 13-06-2020 07:06
KambaliLasmono
nona212
gustiarny
gustiarny dan 48 lainnya memberi reputasi
47
4.5K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.