BeritaBola390Avatar border
TS
BeritaBola390
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk


Kopi merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan bagi negara Indonesia. Negara kita sudah lama menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia.

Pada 2016, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi urutan negara sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Rasa khas yang dapat ditemukan di kopi Indonesia memang tidak dapat ditemukan pada jenis kopi yang lain.

Kopi khas yang disebarluaskan oleh Indonesia telah disebarkan dari Sabang hingga Merauke. Setiap daerah pun memiliki cita rasa unik tersendiri.

Selain itu, Indonesia juga memiliki jenis kopi yang disetujui telah terkenal hingga wilayah global karena cita rasa yang dimilikinya. Untuk mengetahui jenis-jenis apa saja kopi tersebut, berikut 8 jenis kopi Indonesia yang mendunia:

1. Kopi Toraja



Jenis kopi Indonesia yang mendunia yang pertama adalah kopi Toraja. Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan dikumpulkan di peternakan Toraja.

Pegunungan di daerah Toraja memang terkenal dengan tanaman yang sangat bagus dan subur bagi pertumbuhan tanaman kopi. Buktinya adalah dua jenis kopi terbaik di dunia yang dapat diproduksi di daerah ini contohnya adalah Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta.

Perbedaan dari dua jenis kopi ini berasal dari kopi yang diproduksi di setiap jenis kopi Toraja. Kopi ini memiliki citarasa keasaman dengan kadar yang tinggi.

Selain itu, citarasa yang memiliki unsur tanah yang unik dan khas menjadi ciri khas kopi Toraja.

2. Kopi Kintamani



Selain terkenal dengan sektor pariwisatanya, Pulau Bali juga dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang telah mendunia.

Kopi Kintamani merupakan salah satu jenis kopi yang telah ada dan tumbuh di pinggiran kota Pulau Bali. Di daerah Kintamani, kopi ini memiliki ciri khas yanng selain dari yang lain.

Kopi Kintamani memiliki rasa segar dan bercampur dengan rasa keasaman yang khas. Hal ini disebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpangsari.

3. Kopi Aceh



Aceh juga merupakan salah satu kota penghasil jenis kopi Indonesia yang mendunia. Salah satu varian kopi yang terkenal dari kopi ini adalah Kopi Aceh Gayo.

Kopi ini dihasilkan di wilayah dataran tinggi Gayo. Perkebunan kopi di daerah ini rata-rata pada ketinggian 1.200 hingga 1.700 mdpl.

Para penyuka jenis kopi Arabika pasti akan menyukai rasa kopi Aceh Gayo karena memiliki tesktur rasa seperti rempah-rempah.

4. Kopi Sumatera



Pulau Sumatera merupakan salah satu penghasil kopi terbaik dengan tekstur yang dibutuhkan oleh para pecinta kopi di dunia. Beberapa jenis kopi yang diproduksi di sini seperti kopi Mandailing dan kopi Lintong.

Kopi yang dihasilkan dari daerah ini memiliki tekstur yang halus dengan rasa kakao atau tembakau.

5. Kopi Jawa Barat



Jawa Barat merupakan salah satu provinsi penghasil kopi terbaik yang ada di dunia saat ini. Konon, kopi citarasa dari Jawa Barat ini dapat menyaingi kopi citarasa Toraja, Aceh, atau Sumatera.

Citarasa kopi yang dihasilkan dari daerah ini memiliki cita rasa manis yang banyak diperoleh orang-orang. Meski masih sulit ditemukan, kopi asal Jawa Barat ini dipercaya dapat menyaingi kopi asal Afrika dan Ethiopia.

6. Kopi Flores



Jenis kopi Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah jenis kopi Flores. Kopi Flores Bajawa merupakan salah satu jenis kopi yang telah banyak dikenal oleh para pecinta kopi di seluruh dunia.

Kopi ini memiliki tekstur rasa yang buah dan sedikit lebih enak setelah rasa -nya. Kopi Flores dapat tumbuh subur karena tumbuh di dataran tinggi dan disokong oleh abu vulkanik dari gunung berapi yang menyuburkan tanah di daerah tersebut.

7. Kopi Lanang



Jenis kopi indonesia yang telah mendunia yang selanjutnya adalah jenis kopi lanang. Terciptanya kata kopi lanang adalah karena biji pada kopi lanang ini berbentuk bulat tunggal dan tidak ada garis tengah seperti pada biji kopi pada umumnya.

Kata lanang merupakan istilah bahasa Jawa yang menandakan itu laki-laki. Dan Manfaat yang bisa diperoleh dapat menambah vitalitas pria.

Maka dari itu, di pasaran harga kopi ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis-jenis kopi yang lain. Kopi jenis ini dapat menghasilkan kopi lanang robusta dan kopi lanang arabika. Selain itu, kopi ini ternyata telah populer sejak masa pemerintahan Belanda.

8. Kopi Sidikalang



Jenis kopi Indonesia yang mendunia yang terakhir adalah kopi Sidikalang. Konon, kopi ini sangat digemari oleh para pecinta kopi baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Karena menghargai memiliki kualitas yang tinggi, kopi ini menjadi keunggulan utama dari kopi Brazil. Kopi ini memiliki tekstur yang halus dan lembut untuk Anda yang ingin jenis kopi ini.

Nah Dari 8 Jenis Kopi Di Atas Kopi Yang Mana Paling Kamu Sukai...?
bulboel
nona212
ujellyjello
ujellyjello dan 82 lainnya memberi reputasi
83
6.3K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.