Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
152
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec17ff6af7e937e16364f40/8-jenis-kopi-indonesia-yang-mendunia-cari-tau-yuk
Selain itu, Indonesia juga memiliki jenis kopi yang disetujui telah terkenal hingga wilayah global karena cita rasa yang dimilikinya. Untuk mengetahui jenis-jenis apa saja kopi tersebut, berikut 8 jenis kopi Indonesia yang mendunia:
Lapor Hansip
18-05-2020 01:18

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Past Hot Thread
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Kopi merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan bagi negara Indonesia. Negara kita sudah lama menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia.

Pada 2016, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi urutan negara sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Rasa khas yang dapat ditemukan di kopi Indonesia memang tidak dapat ditemukan pada jenis kopi yang lain.

Kopi khas yang disebarluaskan oleh Indonesia telah disebarkan dari Sabang hingga Merauke. Setiap daerah pun memiliki cita rasa unik tersendiri.

Selain itu, Indonesia juga memiliki jenis kopi yang disetujui telah terkenal hingga wilayah global karena cita rasa yang dimilikinya. Untuk mengetahui jenis-jenis apa saja kopi tersebut, berikut 8 jenis kopi Indonesia yang mendunia:

1. Kopi Toraja

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jenis kopi Indonesia yang mendunia yang pertama adalah kopi Toraja. Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan dikumpulkan di peternakan Toraja.

Pegunungan di daerah Toraja memang terkenal dengan tanaman yang sangat bagus dan subur bagi pertumbuhan tanaman kopi. Buktinya adalah dua jenis kopi terbaik di dunia yang dapat diproduksi di daerah ini contohnya adalah Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta.

Perbedaan dari dua jenis kopi ini berasal dari kopi yang diproduksi di setiap jenis kopi Toraja. Kopi ini memiliki citarasa keasaman dengan kadar yang tinggi.

Selain itu, citarasa yang memiliki unsur tanah yang unik dan khas menjadi ciri khas kopi Toraja.

2. Kopi Kintamani

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Selain terkenal dengan sektor pariwisatanya, Pulau Bali juga dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang telah mendunia.

Kopi Kintamani merupakan salah satu jenis kopi yang telah ada dan tumbuh di pinggiran kota Pulau Bali. Di daerah Kintamani, kopi ini memiliki ciri khas yanng selain dari yang lain.

Kopi Kintamani memiliki rasa segar dan bercampur dengan rasa keasaman yang khas. Hal ini disebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpangsari.

3. Kopi Aceh

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Aceh juga merupakan salah satu kota penghasil jenis kopi Indonesia yang mendunia. Salah satu varian kopi yang terkenal dari kopi ini adalah Kopi Aceh Gayo.

Kopi ini dihasilkan di wilayah dataran tinggi Gayo. Perkebunan kopi di daerah ini rata-rata pada ketinggian 1.200 hingga 1.700 mdpl.

Para penyuka jenis kopi Arabika pasti akan menyukai rasa kopi Aceh Gayo karena memiliki tesktur rasa seperti rempah-rempah.

4. Kopi Sumatera

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Pulau Sumatera merupakan salah satu penghasil kopi terbaik dengan tekstur yang dibutuhkan oleh para pecinta kopi di dunia. Beberapa jenis kopi yang diproduksi di sini seperti kopi Mandailing dan kopi Lintong.

Kopi yang dihasilkan dari daerah ini memiliki tekstur yang halus dengan rasa kakao atau tembakau.

5. Kopi Jawa Barat

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi penghasil kopi terbaik yang ada di dunia saat ini. Konon, kopi citarasa dari Jawa Barat ini dapat menyaingi kopi citarasa Toraja, Aceh, atau Sumatera.

Citarasa kopi yang dihasilkan dari daerah ini memiliki cita rasa manis yang banyak diperoleh orang-orang. Meski masih sulit ditemukan, kopi asal Jawa Barat ini dipercaya dapat menyaingi kopi asal Afrika dan Ethiopia.

6. Kopi Flores

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jenis kopi Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah jenis kopi Flores. Kopi Flores Bajawa merupakan salah satu jenis kopi yang telah banyak dikenal oleh para pecinta kopi di seluruh dunia.

Kopi ini memiliki tekstur rasa yang buah dan sedikit lebih enak setelah rasa -nya. Kopi Flores dapat tumbuh subur karena tumbuh di dataran tinggi dan disokong oleh abu vulkanik dari gunung berapi yang menyuburkan tanah di daerah tersebut.

7. Kopi Lanang

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jenis kopi indonesia yang telah mendunia yang selanjutnya adalah jenis kopi lanang. Terciptanya kata kopi lanang adalah karena biji pada kopi lanang ini berbentuk bulat tunggal dan tidak ada garis tengah seperti pada biji kopi pada umumnya.

Kata lanang merupakan istilah bahasa Jawa yang menandakan itu laki-laki. Dan Manfaat yang bisa diperoleh dapat menambah vitalitas pria.

Maka dari itu, di pasaran harga kopi ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis-jenis kopi yang lain. Kopi jenis ini dapat menghasilkan kopi lanang robusta dan kopi lanang arabika. Selain itu, kopi ini ternyata telah populer sejak masa pemerintahan Belanda.

8. Kopi Sidikalang

8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk

Jenis kopi Indonesia yang mendunia yang terakhir adalah kopi Sidikalang. Konon, kopi ini sangat digemari oleh para pecinta kopi baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Karena menghargai memiliki kualitas yang tinggi, kopi ini menjadi keunggulan utama dari kopi Brazil. Kopi ini memiliki tekstur yang halus dan lembut untuk Anda yang ingin jenis kopi ini.

Nah Dari 8 Jenis Kopi Di Atas Kopi Yang Mana Paling Kamu Sukai...?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 81 lainnya memberi reputasi
82
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:17
nice info.. indonesia kaya akan biji-biji kopi yang khas dari berbagai daerah ya
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:20
Kalau kebanyakan gula semua kopi kok rasanya sama aja y
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:21
Kalau ane sih senengnya kopi Lampung ama Kintamani emoticon-Big Grin hehehhe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhy1 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:22
Nikmat2 semua gan emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:28
kopi luwak engga termasuk gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhy1 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:29
kopi sumatera itu demenan ane. mantap lah pokoknya.
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:29
cobain kopi gayo gan
wangi nya enak banget emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:30
Sumatera, aceh, lumayan oke di ane emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:35
Kurang demen kopi item ane demennya good day sama nescafe doang emoticon-Cool dikasih es apalagi demen bangett
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:38
kopi jabar klo yg fresh emang agak manis..
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:39
Kalau ane suka minum kopi kapal api atau torabika susu, kadang kopi abc atau kopi liong, pokoknya hampir semua kopi warung ane suka emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:43
yang uda coba kopi jawa barat niih. mantep seduhan kopinya. kerasa banget kopinys gan
profile-picture
panjul1993 memberi reputasi
1 0
1
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:43
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:45
kopi daratemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan bestakesiangan. memberi reputasi
2 0
2
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:47
segala kopi lanang emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
BTW kalo kapal api itu jenis kopi apa gan? ane ngopi gtuan soalnya
emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Ngakak
profile-picture
panjul1993 memberi reputasi
1 0
1
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:48
sidikalang menjadi salah satu daerah di sumatra utara sebagai penghasil kopi terbesar. bangga kopi sidikalang masuk salah satu kopi yang mendunia
emoticon-Jempol
profile-picture
panjul1993 memberi reputasi
1 0
1
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:50
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
panjul1993 memberi reputasi
1 0
1
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:57
starbucks aja jualin kopi daerah kite...
profile-picture
panjul1993 memberi reputasi
1 0
1
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:57
blom pernah ada yg nyobain
paling sering ngopi yg 3000an di jalan
profile-picture
panjul1993 memberi reputasi
1 0
1
8 Jenis Kopi Indonesia yang Mendunia, Cari Tau Yuk
18-05-2020 20:59
Nice info...
profile-picture
panjul1993 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia