News
Batal
KATEGORI
link has been copied
344
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec0c81288b3cb218b7cdfa2/minta-thr-cair-puluhan-buruh-di-jogja-malah-dipaksa-resign
Kasus bermula saat para pegawai ini mendapat pesan WhatsApp dari perusahaan bahwa mereka tak mendapat THR tahun ini. Akhirnya mereka mengadukan masalah itu kepada Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) DIY.
Lapor Hansip
17-05-2020 12:13

Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign

Past Hot Thread
Quote:Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign

SuaraJogja.id - Sebanyak 60 pegawai salah satu restoran makanan cepat saji di Yogyakarta dilaporkan mendapat perlakuan kurang mengenakkan dari perusahaannya. Pegawai yang awalnya menuntut untuk mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) secara tidak langsung dipaksa resign setelah menerima THR.

Kasus bermula saat para pegawai ini mendapat pesan WhatsApp dari perusahaan bahwa mereka tak mendapat THR tahun ini. Akhirnya mereka mengadukan masalah itu kepada Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) DIY.

"Jadi awalnya mereka itu mengadu kepada SBSI untuk dibantu mendapatkan hak-hak THR-nya. Kita kan sebagai serikat memperjuangkan apa yang diharapkan buruh. Setelah itu kita buat laporan kepada Disnakertrans," kata Ketua SBSI Dani Eko Wiyono kepada wartawan, Sabtu (16/5/2020).

Disnakertrans juga memanggil perwakilan perusahaan tersebut. Setelah berdiskusi, Akhirnya THR diberikan kepada para pegawai.

"Hanya saja setelah mendapat THR, para pegawai ini harus menandatangani surat resign. Saya telah berbicara kepada dua pegawai terkait surat dari perusahaan itu, bahwasanya apabila Anda menginginkan THR, maka Anda menandatangani surat resign karena dianggap mereka [manajemen perusahaan] pegawai yang melaporkan ke SBSI itu sudah melanggar hukum," kata Dani.

Dani menyebut bahwa terdapat intimidasi yang diterima pegawai ketika menandatangani surat resign.

"Jika melihat prosedur, namanya resign itu kan keinginan pribadi, tapi jika ada tekanan intimidasi itu tidak dibenarkan, tapi suratnya di mata hukum dia [buruh] memang resign, tapi perlakuan resign-nya tadi itu ada pemaksaan," jelas dia.

Dani melanjutkan, para pegawai juga merupakan korban buruh yang dirumahkan perusahaan. Sejak 31 Maret mereka tak mendapat bayaran. Selain itu, tidak ada kepastian pegawai akan bekerja kembali setelah pandemi berakhir.

"Diawali informasi bahwa mereka dirumahkan pada tanggal 31 Maret, sehingga dirumahkan tanpa biaya dan tidak ada kepastian jika [perusahaan] sudah beroperasi kembali nanti mereka akan dipanggil kembali untuk bekerja atau tidak. Jadi mereka dibiarkan digantung," kata dia.

Karena tidak ada kejelasan tersebut dan mendapat pesan WhatsApp bahwa perusahaan tak akan memberi THR, pegawai pun mengadu. Namun aduan tersebut malah merugikan para pegawai yang telah mendapat THR. Mereka seolah-olah mengundurkan diri secara sadar, padahal tidak, tambah Dani.

"Pembahasan masih dilanjutkan di Disnakertrans terkait kasus ini. Hasilnya masih akan menunggu Senin jika tidak Selasa. Artinya kami ikut mengawal perjuangan para pegawai yang memang dinilai ada ketidakberimbangan yang harus diterima mereka," kata Dani.

https://jogja.suara.com/read/2020/05...dipaksa-resign


Selamat udah dapat THR nya ya.. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yogidn90 dan 108 lainnya memberi reputasi
107
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 10
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:45
Cuma di Indonesia ada THR.. ane jadi TKI di luar negeri nggak ada pembagian THR.. makanya jarang orang demo diluar.. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mika1987 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:45
Lu itu kgk dipecat aja udah syukur, ini malah kgk tau diri mau ngancem biar dpt thr. Ane pernah kena phk dan itu sama sekali tidak enak
profile-picture
profile-picture
chisaa dan mika1987 memberi reputasi
2 0
2
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:45
Ini pelanggaran,,klo kronologi nya begitu,,, perusahaan kan harus mengakomodasi pendapat karyawan,, ini bukan jaman perbudakan

Manajemen harusnya bisa ajak diskusi supaya sama2 menerima,, kan sama2 manusia tho? Atau perusahaan menganggap karyawan hanya kebo?

profile-picture
profile-picture
mika1987 dan mordekay memberi reputasi
1 1
0
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:46
asikk dapet thr 😆
profile-picture
mika1987 memberi reputasi
1 0
1
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:51
mampos, makan tuh THR terakhir mu
profile-picture
profile-picture
chisaa dan mika1987 memberi reputasi
2 0
2
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:52
Semoga bisa diselesaikan cdengan baik...dalam kondisi seperti ini bukan saja karyawan yang rugi dunia usaha juga rugi.....semoga ditemukan solusi terbaik bagi semuanya.
profile-picture
profile-picture
chisaa dan mika1987 memberi reputasi
2 0
2
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:56
Lihat dari segi perusahaannya, kalo gk kena dampak corona.... yah wajib itu thr udah ada aturannya menjadi hak buruh.....
profile-picture
profile-picture
chisaa dan mika1987 memberi reputasi
2 0
2
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:57
sulit dah klo soal kantong n perut
0 0
0
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 09:58
dilema
0 0
0
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:01
Jahat bgt
0 0
0
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:05
harusnya pekerja dan pengusaha sama-sama mengerti dengan kondisi saat ini ya
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:07
ya inilah kenyataan, perusahaan jg mgkn ga ada uang untuk kasih thr. harus ada titik tengah, misal.dicicil atau ditunda pembayaran, tp tetep dikasih
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:07
wkwkwk berakhirlah sudah gaya hidup motor ninja, mobil calya, kontrakan mevah, anak 5, dan kawan kawan
profile-picture
profile-picture
chisaa dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:10
sokorrrr... kaga liat kondisi sih emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:10
kakean polah..gak bersyukur blas..ngerti lg jaman pagebluk ngene kok aneh2.
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:11
Ambil aja jalan tengah nya
Thr dipotong 50%
0 0
0
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:13
THR apa pesangon nih....? turut prihatin
0 0
0
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:17
ya udah gpp... dapet THR dari serikat buruhnya ..... sekali2 donk... masa buruh terus yang kasih THR ke serikat...
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:19
Tolol emoticon-Ngakak met Lebaran coy makan tu THR emoticon-Ngakak ga ada otak kalo lu nganggur mana ada juga resto mau buka loker lg musim covid gini? emoticon-Ngakak
makan tu ego emoticon-Salaman
profile-picture
chisaa memberi reputasi
1 0
1
Minta THR Cair, Puluhan Buruh di Jogja Malah Dipaksa Resign
18-05-2020 10:20
paksa resign itu gimana caranya. kalau pegawai gak mau gimana
0 0
0
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia