News
Batal
KATEGORI
link has been copied
383
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd5ede65b24d24612cc55e/ngapain-kuliah-sarjana-banyak-yang-menganggur-kok
Jumpa lagi denganku, yang suka nulis apa aja untuk mengisi waktu luang. Daripada bengong melompong, tulis aja apa yang ingin ditulis. Nah, malam ini, karena saya masih fokus pada mempersiapkan anak untuk kuliah, saya ingin tuliskan topik ini. Bisa kita lihat dalam judul tuh! 
Lapor Hansip
14-05-2020 22:08

Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
Foto:  google - onoini.com


Jumpa lagi denganku, yang suka nulis apa aja untuk mengisi waktu luang. Daripada bengong melompong, tulis aja apa yang ingin ditulis. Nah, malam ini, karena saya masih fokus pada mempersiapkan anak untuk kuliah, saya ingin tuliskan topik ini. Bisa kita lihat dalam judul tuh! 

Ngapain kuliah? Terang benderang kita melihat dan mendengar banyak sarjana jadi penganggur. Untuk apa repot-repot nguliahin anak tinggi-tinggi, toh pada akhirnya, sulit juga cari kerja.

Obrolan seputar pesimisme itu tak sulit kita jumpai. Hampir tiap saat bisa kita lahap dengan cepat, baik itu lewat gosip-menggosip ringan maupun benar-benar lewat tulisan yang super serius dengan banyak data atau grafik, yang menunjukkan satu hal: banyak pengangguran di tingkat sarjana.

Apakah pandangan pesimisme itu mampu menggoyahkan semangat saya untuk memberi bekal pendidikan setinggi mungkin kepada anak? Tentu saja tidak. Ini alasan sederhananya.

1. Tanggung jawab orangtua untuk mendidik anak dengan baik
Salah satu bentuk tanggung jawab itu adalah memberi bekal yang cukup kepada anak untuk mengenyam pendidikan. Kalau bisa sampai universitas, kenapa nggak? Semula saya memang ragu apakah sanggup menyekolahkan anak sampai kelak sarjana, apalagi biaya kuliah tidaklah sedikit.

Tapi keraguan itu cuma sesaat. Sebagai bentuk tanggung jawab, berbagai cara harus diusahakan untuk bisa membiayai anak hingga sarjana kelak. Saya masih percaya bahwa anak punya rezekinya sendiri, punya jalannya sendiri nanti di kemudian hari. Saya berusaha mempersiapkannya sebaik mungkin. Jadi, sebagai bentuk tanggung jawab dalam mendidik anak maka anak saya harus sekolah, harus kuliah.

2. Pendidikan tidak melulu harus dikaitkan dengan sulitnya cari kerja
Banyak manfaat jika kita pintar. Bekal pengetahuan yang cukup sangat penting bagi kita untuk mengisi hidup. Orang-orang yang berpendidikan, termasuk jika berkesempatan untuk kuliah, punya daya analisis yang baik. Punya logika berpikir yang lebih jernih. Ini dapat membantu kita dalam menyikapi persoalan hidup.

Jika pun pada akhirnya harus menghadapi kesulitan dalam mencari pekerjaan, dengan bekal pendidikan yang kita dapatkan, kita dapat berkreasi untuk tetap mengisi hari demi hari dengan baik. Kreativitas pun mudah muncul dalam situasi sulit jika kita punya bekal ilmu yang memadai.

3. Orang tamat kuliah pasti dapat kerjaan
Aliran pesimisme tentu tidak setuju dengan pendapat saya tersebut. Tapi, saya tetap berada pada jalur optimisme bahwa orang tamat kuliah pasti dapat kerjaan. Itu yang membuat semangat saya selalu besar untuk membekali anak dengan pendidikan tinggi.  Habis kuliah, pasti dapat kerjaan.

Proses mendapatkannya bisa cepat bisa juga lambat. Tapi, tetap optimistis dapat pekerjaan. Kalau bisa, ciptakan pekerjaan sendiri dan membuka lapangan kerja untuk orang lain. Apalagi di masa kini begitu banyak ragam pekerjaan. Ada yang bisa dikerjakan di kantor, bisa dikerjakan di rumah, juga bisa dikerjakan di jalanan.

Terbuka banyak peluang kerja jika kita berani berpikir, berani optimistis, berani terjun di arena persaingan, daripada berdiam diri dalam kepasrahan. Jangan sampai kalah sebelum bertanding lalu terus-menerus mengeluh dan... pesimistis!

4. Bagaimanapun, pendidikan itu penting!
Ini hanya penegasan saya saja. Bagaimanapun, pendidikan itu penting! Meski banyak orang bilang, “Ngapain tinggi-tinggi sekolah, toh pada akhirnya kerjaannya itu-itu juga.” Apalagi ketika orang yang mengatakannya memberikan beberapa contoh orang sukses yang tidak punya latar belakang pendidikan memadai. Pertanyaan saya, berapa sih yang sukses tapi tidak berpendidikan? Lebih banyakan mana dengan orang sukses tapi punya latar belakang pendidikan yang memadai? Apakah sudah ada perbandingan jumlah pastinya?

Tak perlu repot memikirkannya. Keyakinan orang bisa berbeda. Silakan jika masih berpendapat tak perlu sekolah tinggi-tinggi, tapi kalau bisa jangan sampai pandangan tersebut diterapkan kepada anak. Orangtua yang baik tetaplah harus berusaha mendidik anak dengan ilmu yang cukup, setinggi mungkin.

“Gapailah cita-citamu setinggi mungkin, Nak.

Raihlah bintang gemintang.

Getarkan duniamu dengan tekad yang kuat untuk meraih sukses.

Robohkan dinding-dinding pesimisme,

tuntut ilmu dalam suka maupun dukanya.

Anggap kesulitan sebagai pemompa semangat

menuju masa depan yang lebih baik.” 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 198 lainnya memberi reputasi
199
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 14
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:05
Kuliah itu : nambahin skill, nambah pengetahuan, nambah relasi, nambahin jaminan kemungkinan dpt gaji lebih gede, nambahin kedewasaan pola pikir, nambahin kemampuan menyelesaikan masalah dgn bijak, nambahin kemungkinan pekerjaan yg bisa dilamar, nambahin prestige, nambahin pengalaman, nambahin pengalaman dikejar dealine, nambahin pengalaman putus asa kerjaan ditolak atasan, dll.
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:08
harapan suatu perusahaan ngerekrut sarjana bidang tertentu ialah, untuk memudahkan urusan kerjaan perusahaan berjalan dengan lanjay. tapi yg jadi masalah adalah waktu kuliah jam belajar materi lebih banyak drpd praktik dilapangannya, padahal kan pengalaman itu sangat penting, eh ga taunya pengalaman kerja cuma d kasi pas PKL dngan waktu paling 1 semester ga nyampe. gimana mo dapat expert pengalaman dan penyesuaian lingkungan kerja coba??
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:18
Jika punya dana,, ya usahakan untuk kuliah,,

Pendidikan itu penting? kalau poin ini, ane masih kasih 50% saja...

yg paling penting itu ADALAH BELAJAR.



Edit
Diubah oleh wirdan.hungkul
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan Richy211 memberi reputasi
2 0
2
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:24
Pendidikan itu penting dan wawasan itu juga penting 😁.
profile-picture
xenondeaths memberi reputasi
1 0
1
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:26
KULIAH
BSI AJA
profile-picture
profile-picture
cepakers dan xenondeaths memberi reputasi
2 0
2
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:29
Kalo lu kuliah di ruko iya tod emoticon-Big Grin
profile-picture
xenondeaths memberi reputasi
1 0
1
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:29
Belajar finansial sambil kuliah sesuai wejangan Robert Kiyosaki biar bisa ciptakan lapangan kerja nggak melulu berorientasi jadi buruh terdidik
profile-picture
xenondeaths memberi reputasi
1 0
1
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:29
problem solving nya menurut ane beda dengan yang ga kuliah
cara pandangnya dalam menyelesaikan masalah berbeda
memang tidak semua seperti itu
karna semakin kesini, kuliah cuma menjadi sebuah trend, yg cuma sekedar ikutan doang
ane lebih seneng sama orang yg punya niat kuliah ketika dia sadar, bahwa pendidikan itu penting, bukan karna disuruh orang tua
profile-picture
xenondeaths memberi reputasi
1 0
1
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:47
menurut ane, kuliah memang tidak menjamin kita sukses apa tidak
kuliah hanya sebagai jalur kita untuk mengubah pola pikir kita mengahdapi kehidupan, tergantung otak masing-masing yang menangkap dan menyadari arti kuliah itu apa
jadi salah jurusan pun menurut ane tak apa asalkan tetap mengerti tujuan kamu kuliah itu untuk apa
profile-picture
xenondeaths memberi reputasi
1 0
1
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:50
Makanya kuliah itu jgn tujuannya buat cari kerja....
Tapi cari ilmu tong!!!!
Kalau mikirnya tujuannya buay cari duit mulu...kapan kita akan menglahirkan ilmuwan dan arsitektur handal!!!
Kapan kita mau ke mars!!!
Bisa-bisa blangsak Mulu!!!
profile-picture
xenondeaths memberi reputasi
1 0
1
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:52
Yang bukan sarjana saja justru lebih banyak yg nganggur kok
profile-picture
xenondeaths memberi reputasi
1 0
1
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 17:55
orang sukses ga butuh kuliah
tapi orang kuliah pingin sukses
itu si prinsip gw dulu
profile-picture
xenondeaths memberi reputasi
1 0
1
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 18:05
banyakin ikut organisasi waktu kuliag gan, dulu ane kuliah hukum ane ikut HMI sama BEM, Alhamdulillah dibantuin sama alumni" buat cari kerjaan. sama perbanyak magang.
profile-picture
profile-picture
Ariwanas dan xenondeaths memberi reputasi
2 0
2
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 18:17
pendidikan itu penting bre, biar gak kena tipu-tipu sama penipu.
0 0
0
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 18:23
Bener ini. Pendidikan itu sangat penting, setidaknya untuk menambah wawasan. Masalah nganggur atau kerja setelahnya, itu adalah kelihaian kita dalam mempermainkan skill, mencari peluang, dan satu lagi, takdir serta rezeki.
0 0
0
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 18:23
Prinsip ane, sekolah & kuliah itu utk lebih memperluas pergaulan juga dari berbagai macam background tmn, siapa tau diantara mereka yg jadi partner bisnis kita, itung2 latihan bergorganisasi & bertata bahasa juga
0 0
0
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 18:28
Ane setuju gan, pendidikan itu bukan selamanya utk mencari kerja, tapi lebih utk membuat manusia mempunyai akal dan pikiran yg terlatih dalam menghadapi kehidupan ini
0 0
0
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 18:38
semakin tinggi pendidikan gaji yang di dapat juga semakin tinggi, tapi juga dengan skill dan pengalaman yang mumpuni emoticon-cystg
Diubah oleh Ariwanas
0 0
0
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 18:45
kalau jadi sarjana yg biasa2 saja ya susah bersaing harus yg luar biasa
0 0
0
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 18:48
setuju gan,,meemang pendidikan itu penting,,bahkan untuk anak anak kita,bukan mslh ngangur nya krna sarjana,tapikan ilmunya yg sangat bermanfaat,,semoga org tua sekarang tidak hanya menelan mentan mentah kasus seperti ini.
0 0
0
Halaman 9 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia