News
Batal
KATEGORI
link has been copied
386
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd5ede65b24d24612cc55e/ngapain-kuliah-sarjana-banyak-yang-menganggur-kok
Jumpa lagi denganku, yang suka nulis apa aja untuk mengisi waktu luang. Daripada bengong melompong, tulis aja apa yang ingin ditulis. Nah, malam ini, karena saya masih fokus pada mempersiapkan anak untuk kuliah, saya ingin tuliskan topik ini. Bisa kita lihat dalam judul tuh! 
Lapor Hansip
14-05-2020 22:08

Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
Foto:  google - onoini.com


Jumpa lagi denganku, yang suka nulis apa aja untuk mengisi waktu luang. Daripada bengong melompong, tulis aja apa yang ingin ditulis. Nah, malam ini, karena saya masih fokus pada mempersiapkan anak untuk kuliah, saya ingin tuliskan topik ini. Bisa kita lihat dalam judul tuh! 

Ngapain kuliah? Terang benderang kita melihat dan mendengar banyak sarjana jadi penganggur. Untuk apa repot-repot nguliahin anak tinggi-tinggi, toh pada akhirnya, sulit juga cari kerja.

Obrolan seputar pesimisme itu tak sulit kita jumpai. Hampir tiap saat bisa kita lahap dengan cepat, baik itu lewat gosip-menggosip ringan maupun benar-benar lewat tulisan yang super serius dengan banyak data atau grafik, yang menunjukkan satu hal: banyak pengangguran di tingkat sarjana.

Apakah pandangan pesimisme itu mampu menggoyahkan semangat saya untuk memberi bekal pendidikan setinggi mungkin kepada anak? Tentu saja tidak. Ini alasan sederhananya.

1. Tanggung jawab orangtua untuk mendidik anak dengan baik
Salah satu bentuk tanggung jawab itu adalah memberi bekal yang cukup kepada anak untuk mengenyam pendidikan. Kalau bisa sampai universitas, kenapa nggak? Semula saya memang ragu apakah sanggup menyekolahkan anak sampai kelak sarjana, apalagi biaya kuliah tidaklah sedikit.

Tapi keraguan itu cuma sesaat. Sebagai bentuk tanggung jawab, berbagai cara harus diusahakan untuk bisa membiayai anak hingga sarjana kelak. Saya masih percaya bahwa anak punya rezekinya sendiri, punya jalannya sendiri nanti di kemudian hari. Saya berusaha mempersiapkannya sebaik mungkin. Jadi, sebagai bentuk tanggung jawab dalam mendidik anak maka anak saya harus sekolah, harus kuliah.

2. Pendidikan tidak melulu harus dikaitkan dengan sulitnya cari kerja
Banyak manfaat jika kita pintar. Bekal pengetahuan yang cukup sangat penting bagi kita untuk mengisi hidup. Orang-orang yang berpendidikan, termasuk jika berkesempatan untuk kuliah, punya daya analisis yang baik. Punya logika berpikir yang lebih jernih. Ini dapat membantu kita dalam menyikapi persoalan hidup.

Jika pun pada akhirnya harus menghadapi kesulitan dalam mencari pekerjaan, dengan bekal pendidikan yang kita dapatkan, kita dapat berkreasi untuk tetap mengisi hari demi hari dengan baik. Kreativitas pun mudah muncul dalam situasi sulit jika kita punya bekal ilmu yang memadai.

3. Orang tamat kuliah pasti dapat kerjaan
Aliran pesimisme tentu tidak setuju dengan pendapat saya tersebut. Tapi, saya tetap berada pada jalur optimisme bahwa orang tamat kuliah pasti dapat kerjaan. Itu yang membuat semangat saya selalu besar untuk membekali anak dengan pendidikan tinggi.  Habis kuliah, pasti dapat kerjaan.

Proses mendapatkannya bisa cepat bisa juga lambat. Tapi, tetap optimistis dapat pekerjaan. Kalau bisa, ciptakan pekerjaan sendiri dan membuka lapangan kerja untuk orang lain. Apalagi di masa kini begitu banyak ragam pekerjaan. Ada yang bisa dikerjakan di kantor, bisa dikerjakan di rumah, juga bisa dikerjakan di jalanan.

Terbuka banyak peluang kerja jika kita berani berpikir, berani optimistis, berani terjun di arena persaingan, daripada berdiam diri dalam kepasrahan. Jangan sampai kalah sebelum bertanding lalu terus-menerus mengeluh dan... pesimistis!

4. Bagaimanapun, pendidikan itu penting!
Ini hanya penegasan saya saja. Bagaimanapun, pendidikan itu penting! Meski banyak orang bilang, “Ngapain tinggi-tinggi sekolah, toh pada akhirnya kerjaannya itu-itu juga.” Apalagi ketika orang yang mengatakannya memberikan beberapa contoh orang sukses yang tidak punya latar belakang pendidikan memadai. Pertanyaan saya, berapa sih yang sukses tapi tidak berpendidikan? Lebih banyakan mana dengan orang sukses tapi punya latar belakang pendidikan yang memadai? Apakah sudah ada perbandingan jumlah pastinya?

Tak perlu repot memikirkannya. Keyakinan orang bisa berbeda. Silakan jika masih berpendapat tak perlu sekolah tinggi-tinggi, tapi kalau bisa jangan sampai pandangan tersebut diterapkan kepada anak. Orangtua yang baik tetaplah harus berusaha mendidik anak dengan ilmu yang cukup, setinggi mungkin.

“Gapailah cita-citamu setinggi mungkin, Nak.

Raihlah bintang gemintang.

Getarkan duniamu dengan tekad yang kuat untuk meraih sukses.

Robohkan dinding-dinding pesimisme,

tuntut ilmu dalam suka maupun dukanya.

Anggap kesulitan sebagai pemompa semangat

menuju masa depan yang lebih baik.” 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 198 lainnya memberi reputasi
199
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 14
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 13:46
kekuatan orang dalam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 13:47
ane nekad keluar kuliah waktu semester 5, skrng ane pilih bisnis/usaha, alhamdulillah rezekinya ada aja, tiap tiap org emang beda jalan hidupnya gan hahaha emoticon-Big Grin
btw jangan di tiru ya perilaku ane ini kalo agan/sista belum mateng apa yg mau di kerjakan setelah stop kuliah, harus dipikirin bener bener dulu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 13:48
Tetep pendidikan itu penting emoticon-Big Grin, jangan sampai ditinggalin hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 13:49
"ngasih ikan ke seseorang, sama dengan kasih makan dia satu hari"
mengajari cara memancing, kamu memberi makan dia seumur hidup"
.
.
.#ilmu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 13:51
pendidikan raihlah setinggi mungkin jeh... kalau bisa sampai gelar s3, buat pegangan hidup kita atau anak kita dimasa depan jeh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 13:55
Justru logika nya terbalik.
Wong yg Sarjana aj banyak yg ga kepake, apalagi lulusan SMA??

Kuliah bukan cm belajar soal buku teks, tp jg organisasi bersosialisasi termasuk decision making bagi waktu..
dan itu smw menunjang untk dunia kerja

walaupun emg terkadang kerjaan g sejalan sm kuliahan

tp Kuliah itu penting, asal kampusnya jg bagus

klo kampus abal2 ya susah cr kerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 13:56
tuntutlah ilmu meski dia tak bersalahemoticon-Leh Uga
kalo mampu, lebih baik kuliah, banyak ilmu yang disembunyikan disana, dosen tak membaginya dengan mudah begitu sajaemoticon-Cool
Diubah oleh mdfck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 13:58
Ane mo kuliah lagi, tapi males ngerjain PR emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:00
ane setuju banget sama point kedua gan, pendidikan itu ngga selalu berkaitan dengan kerja. passion kerja bisa aja berbeda dengan keterkaitan pengetahuan
dan pendidikan lebih ke masalah pembentukan pola pikir, sudut pandang kayak gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:02
Habis graduation sebenernya balik lagi ke skill individu yang dipunya apa, kalo cuma modal ijazah tanpa skill yang mumpuni buat bersaing di dunia kerja sekarang buat apa ?
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:06
Kuliah bukan jaminan mendapatkan pekerjaan
Tapi kuliah itu mempermudah mengakses berbagai ilmu secara sistematis
Ilmunya bisa didapatkan dimana saja? Ya, tapi dibangku kuliah udah ada yg nyuapin ilmunya. Ga usah terlalu mikir urutan mesti belajar apa duluan.

Ntar ilmunya mw dipake apaan ya urusan yg bawa ilmunya
emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:09
Apalagi zaman Pandemi, semakin sulit kondisinya ada baiknya sbg salah satu solusi kalo ada informasi, kesempatan dan kluarga yg bisa bantu adalah jadi TKI diluar negri dgn jalur resmi dan aman. Karena didalam negri sudah jenuh pasaran tenaga kerja dan lagi banyak perusahaan melakukan efisiensi besar2an emoticon-Hot News
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:13
klo ortu lu punya duit banyak, kuliah ya kuliah aja, dapet gelar buat jadi pajangan mah lumayan buat keluarga kaya mah.

atau kalau emang lunya niat belajar dan cari koneksi di kampus, silahkan aja mah, kuliah emang untuk itu.






selain itu ya urusan lu dah, rugi itu pasti. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:14
identik seperti itu sih, yah namanya juga nyari ilmu setinggi langit, klo yang mampu knp nggak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:16
Makanya jadikan anak2 kita Sarjana Sarjana yang BERKUALITAS emoticon-Recommended Seller:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:20
Pendidikan itu penting, tapi menyempitkan pendidikan dengan sekolah itu berbahaya.
Apalagi ilmu di (mayoritas) perkuliahan itu udah telat 10 tahun, padahal jaman cepat berubah. Dan sialnya para dosen masi lebih suka ngajarin pakai ilmu yang dia anut sejak jaman kuliahnya dulu tanpa update tren terkini, malah cerita pengalaman hidup pribadi dosen aja lebih berguna bagi kita pas gede daripada materi kuliahnya sendiri. Nahlho.

Kuliah itu penting kok, lah sarjana aja nganggur apalagi cuma SMA, dan kenaikan jabatan & gaji juga relatif beda signifikan sih antara sarjana & SMA/SMK

Tapi jangan belajar dari kuliah saja yaa. Tuh spotify jangan buka lagu doang, podcast banyak juga dengerin (30 days of lunch dll)
Youtube juga jangan artis doang yang diliat (termasuk deddy walaupun kesannya "smart") Banyak konten edukatif dan APLIKATIF lain, fotografi lah, masak lah, keuangan lah. Coba deh mulai sekarang hayuk nyari video jangan di trending topic aja. Ketik aja judul yang menjawab rasa penasaran waktu kecil, misal kenapa laut biru & asin, kenapa minyak banyak di arab, kenapa manusia butuh bernafas atau as dumb as kenapa bumi bulat. 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:21
kuliah menurut ane penting sih, kalau mampu kuliah sebisa mungkin kuliah... Selain mendapatkan pendidikan juga mendapatkan gelar. gelar ini sangat berguna di dunia kerja nanti..

Banyak sarjana nganggur itu bukan karena gk ada nya lahan pekerjaan, tapi balik ke pribadi sarjana nya....

profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:21
Pendidikan unt bentuk pola pikir
Pekerjaan yg dibutuhkan adalah skill

Kenapa ya, pola pikir kita adalah mencari pekerjaan bukan membuat pekerjaan sendiri?
Diubah oleh luckynvic
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:25
Meskipun kelak akan menganggur juga, setidaknya dengan kuliah kepuasan hati terpenuhi. Menurut ane gitu gan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ngapain Kuliah, Sarjana Banyak yang Menganggur Kok!
17-05-2020 14:29
Intinya itu mental masing2 individu sih.
Kalo uda s2 tp mental ogah2an ya bakal kalah sm yg lulusan lebih rendah dr itu.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
xenondeaths dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 6 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia