Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
305
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb478d5dbf76449ab6fd40f/5-tipe-guru-yang-akan-selalu-dikenang-muridnya-sampai-kapan-pun
Satu fase dalam kehidupan yang akan selalu dikenang siapa pun sepanjang hayat adalah masa-masa sekolah. Banyak kenangan manis pada fase ini, kendati mungkin tak sedikit pula kenangan pahit.
Lapor Hansip
08-05-2020 04:08

5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Satu fase dalam kehidupan yang akan selalu dikenang siapa pun sepanjang hayat adalah masa-masa sekolah. Banyak kenangan manis pada fase ini, kendati mungkin tak sedikit pula kenangan pahit.

Tipe Guru



Masa-masa SD menjadi kenangan yang sulit dilupakan. Masa-masa sekolah menengah, SMP dan SMA, lebih-lebih lagi. Masa-masa sekolah menengah, terutama SMA, adalah masa remaja yang penuh dinamika, penuh gejolak, dan fase pencarian jatidiri yang membawa seribu satu kenangan tak terlupakan dalam hidup ini.

Salah satu kenangan yang tak terlupkan pada fase sekolah adalah guru. Sosok yang digugu dan ditiru ini adalah figur sentral ketika kita menjalani kehidupan di sekolah.
Banyak kenangan manis dan pahit dengan “profesi Oemar Bakri” ini. Namun, kali ini TS akan menuliskan kenangan manis pada sosok guru yang terkait tipe kepribadian guru.

Ada 5 tipe guru yang memberi kenangan manis pada siswanya sehingga sang guru tak akan terlupakan seumur hidup siswa. Tipe-tipe yang dimaksud adalah:

1. Guru yang Cerdas

Guru juga manusia biasa. Mereka ada yang memiliki kecerdasan tinggi, ada yang biasa-biasa saja. Ketika mereka menjalani pendidikan di lembaga pendidikan keguruan, seperti IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) atau FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), nilai yang mereka raih berbeda-beda. Ini menunjukkan tingkat kecerdasan mereka juga berbeda-beda.

Guru yang cerdas dan berwawasan luas akan selalu dikenang siswanya. Guru tipe ini di samping menguasai materi pelajaran yang diajarnya, juga bisa menjelaskan berbagai hal dan fenomena yang pernah dan sedang terjadi di masyarakat. Bahkan sering mereka ketika mengajar “ngelantur” menerangkan berbagai hal. Yang “ngelantur” ini justru disenangi para siswa karena menjadi semacam intermeso ketika siswa jenuh dengan materi pelajaran yang sedang dibahas. 

Namun, setelah “ngelantur”, sang guru cerdas akan segera kembali ke materi pelajaran yang sedang dibicarakan, ketika siswa telah “segar” kembali. Tak jarang guru tipe ini ketika menerangkan pelajaran, tak perlu melihat buku lagi, semua sudah di luar kepala karena menjadi materi yang setiap hari diajarkannya.

2. Guru yang “Enak” dalam Mengajar

“Enak” di sini artinya apa yang diterangkan, mudah dipahami dan diserap siswa. Banyak guru yang cerdas, tapi tidak cerdas dalam menerangkan materi pelajaran. Ia pintar, tapi tidak bisa memintarkan siswa. Ia hanya pintar sendiri. 

Misalnya, guru matematika. Matematika adalah suatu disiplin ilmu, namun mengajarkan matematika adalah ilmu tersendiri. Tidak semua orang yang pandai matematika, bisa mengajarkan matematika dengan baik. Karena itulah, diperlukan IKIP/FKIP untuk mengajarkan bagaimana mengajar matematika yang baik dan benar. 

Guru yang “enak” dalam mengajar ini akan sangat terasa perbedaannya dalam ilmu eksakta, seperti matematika tadi. Banyak siswa yang jadi menyukai dan menguasai matematika karena faktor guru yang “enak” dalam mengajar, kendati matematika sebelumnya dianggap pelajaran yang berat. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika matematika diajarkan oleh guru yang tidak “enak” dalam mengajar.

3. Guru yang Humoris

Guru humoris selalu dinantikan kehadirannya di depan kelas. Guru tipe ini selalu asyik dalam menyampaikan materi pelajaran. Mata pelajaran apa pun menjadi lebih mudah dicerna bila disampaikan oleh guru humoris ketimbang guru yang kaku dan menegangkan.

Guru humoris bisa mengusir rasa kantuk pelajar, terutama pada jam-jam siang di mana siswa mulai lelah dan mengantuk. Namun, humor yang ditampilkan seorang guru haruslah yang kontekstual dan terukur. Jika humornya terlalu melebar ke mana-mana, tanpa konteks yang terkait mata pelajaran, guru tersebut akan tergelincir menjadi komika stand-up comedy.  

4. Guru yang Jujur

Dalam profesi apa pun, ada yang orang yang jujur dan tidak jujur alias korup. Begitu juga profesi guru, walau mungkin korupsi yang dilakukan profesi ini tidak sebesar yang dilakukan pejabat-pejabat strategis.

Tipe Guru



Sumber yang TS wawancarai, menceritakan seorang guru olahraga yang jujur ketika dia SMA. Sementara ada oknum guru olahraga lainnya yang tidak jujur.

Guru olahraga yang tidak jujur itu melakukan korupsi kecil-kecilan. Modusnya, dengan memungut biaya masuk ke kolam renang atau stadion olahraga, untuk penilaian praktik renang, atletik, dan sebagainya, di atas biaya normal. 

Anehnya, oknum guru ini tidak pernah menegur siswa yang hanya membayar, namun tidak ikut masuk dan praktik di kolam renang atau stadion. Dia malah seperti lebih senang dengan siswa yang demikian. Asal sudah bayar, tanpa praktik pun, nilai yang didapat siswa pasti bagus. Tentu ini karena semakin banyak siswa yang hanya bayar, tanpa masuk ke kolam renang atau stadion, semakin besar uang yang masuk ke pundi-pundi si oknum guru. Belum lagi dari tarif yang ia kenakan di atas biaya normal, padahal seharusnya karena siswa yang masuk ke kolam renang atau stadion sangat banyak, harga tiket masuk bisa didiskon.

Sebaliknya, ada seorang guru olahraga yang sangat jujur. Sekalipun siswa sudah membayar tiket, jika ia tidak hadir di kolam renang atau di stadion olahraga, artinya tidak melakukan praktik, ia mendapat nilai 0 dan uang yang sudah dibayarkan dikembalikan. Nilai yang didapat murid, murni dari prestasinya, tanpa dikurangi atau ditambah sedikit pun. 

Sang guru juga mengenakan tarif di bawah normal (diskon) untuk tiket masuk karena ada aturan demikian dari pihak pengelola kolam renang atau stadion untuk yang masuk secara rombongan (kolektif).

Pak guru jujur ini pun tetap bersepeda motor bebek ketika guru-guru yang lain sudah bermobil. Sumber TS mengatakan, jika ada reuni sekolah, pak guru jujur ini paling dinantikan kehadirannya. Jika ia tak hadir, suasana reuni menjadi terasa hambar. Kenangan akan kejujuran sang guru tak pernah terlupakan oleh murid-muridnya. 

5. Guru yang “Hadir” dalam Permasalahan Siswa

Ketika TS SMA, ada teman perempuan satu kelas TS yang mempunyai masalah pribadi. Ia yang sebelumnya jago dalam pelajaran bahasa Inggris, tiba-tiba nilai bahasa Inggrisnya anjlok. Ia tak bergairah belajar dan sering melamun di kelas.

Guru bahasa Inggris yang juga seorang wanita, mencium ada sesuatu yang tak beres pada muridnya. Ia pun segera melakukan pendekatan pribadi pada muridnya. Akhirnya si murid menceritakan kalau ia sedang putus cinta. 

Setelah muridnya membeberkan persoalan yang dialaminya, sang guru melakukan pendampingan terus-menerus pada muridnya hingga muridnya bisa melupakan persoalan yang dihadapinya. Ia bisa move on dan akhirnya prestasi belajarnya pun meningkat kembali. 

Bagi sang murid, guru yang telah membangkitkan kembali semangat hidupnya ini tak akan terlupakan sepanjang hidupnya.

Demikian 5 tipe guru yang akan selalu dikenang murid sepanjang hidupnya. Ini berdasarkan pengalaman pribadi TS dan bincang-bincang TS dengan teman-teman TS yang sama-sama pernah mengalami masa-masa sekolah. 

Bisa jadi GanSis tidak sependapat atau punya pengalaman lain untuk melengkapinya. Terima kasih telah membaca thread ini.



Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan wawancara dengan narasumber.





Referensi 1

Referensi 2

Sumber foto 1

Sumber foto 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 226 lainnya memberi reputasi
227
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 11
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:06
guru yg banyakan ngelawak daripada ngajar nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:13
Quote:Original Posted By jamesbenlee
Ane punya guru agama wktu SMP dulu, biasa dia orang flores NTT...dia agama nya kuat dan nasionalisme tinggi.

Orangnya tegas suka gamparin anak2 yg bandel, kurang ajar, tidak respek sama bendera n lagu nasional... Udh ratusan anak dri angkatan jebot sampe angkatan ane di taon sktr 90an yg udah kena gampar dia...

Yg paling diinget honda CB dia dari taon 70an sampe 90an tidak pernah berubah, dia fans bola sejati dan perokok berat.

Orang nya pemarah dan tidak pendendam, bahkan dia pernah melindungi siswa2 nya ketika sekolah ane dikepung oleh siswa2 beberapa sekolah yang mau mukulin salah satu siswa nya... Dia keluar seorang diri dan bilang "saya tidak takut sama iblis n setan, apalagi sama monyet2 macam kamu, saya cuman takut Tuhan, kalau situ mau masuk sekolah ini, langkahi mayat saya dulu!!" habis dia berkata kek gitu siswa2 yg mau ngeoung akhirnya kaga jadi dan pulang...

Dia jg org yg humoris, pernah dia waktu ulangan umum, dia kebagian jaga kelas... Suatu saat dia bilang sama seorang anak yg bandel bilang," pulang sekolah menghadap ke ruangan saya!!!" alhasil omongan itu membuat suasana hati anak itu tidak karuan sepanjang hari, karena guru ini terkenal galak... Eh tak tahunya pulang sekolah ke ruangannya cuman ditipin duit ama dia untuk BELIin koran BOLA n sebungkus rokok buat dia wkwkwkwk...

Pernah ada anak yg digampar sama dia, anak ini ngadu ke ortu nya. Ortunya tanya kamu digampar sama pak Anton kan? Sang murid berkata "Iya", alhasil anak itu digampar orang tuanya, orang tuanya bilang kalo kamu digampar pak Anton pasti yg salah itu Kamu!! Selidik punya selidik ortu dia waktu SMP juga diajar sama pak Anton n pernah digampar juga.

Waktu reuni akbar, pak Anton udh lama pensiun dipanggil utk menerima penghargaan, banyak testimoni luar biasa akibat "didikan" pak Anton yang penuh disiplin itu dan beliau menerima penghargaan yg luar biasa dari eks anak2 didiknya itu...

Menurut gw dialah beneran pahlawan tanpa tanda jasa n satu2nya guru yg penuh dengan kenangan.

Jadi terharu inget dia waktu ane nulis ini hehehe


Keren ini Guru Gan emoticon-Matabelo emoticon-2 Jempol
Mirip2 pelem GTO yak emoticon-thumbsup
Skrng udh jrng guru kya gtu emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:23
guru yang cantik gan... mesti kalau reunian ditanya eh ibu A gimana kabarnya??

profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:28
guru killer gan. gak bakal terlupakan itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:30
Dulu waktu sma ane punya guru yang rada metal gan, stelannya pake motor rada gede, doyan pake jaket kulit, rambut selalu klimis mengkilat, yang kerennya ane pernah ketauan ngeroko di warung dia ga marah malah ikutan ngeroko juga...The Best lah pokonya
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:34
emang ada guru yang ga cerdas emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:34
gw mampir pengin liat mulustrasinya😁😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:43
guru killer juga bre.
sampai kapanpun selalu diingat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 03:53
semua guru harus dikenang gan jasanya, baik guru yg baik maupun guru yg galak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:00
guru analis kimia yang ngajar tanpa buku, dan usianya baru 28 tahun, salut sam beliau.

guru sejarah yang mengajar dengan metode yang interaktif

guru sunda ane yang ketika di jam terakhir selalu punya mantra "wah geus aleum yeuh bardaks, beberes weh lah" 🤣

malah ane kangen mereka ketimbang kangen sama teman sekelas ane 🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:06
guru yang diingat itu guru yang ujiannya selalu open book emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:14
guru yang rese dan habisin rambut gonrong.. mengheningkan cipta.. di mulai!emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:17
ane malah inget banget sama guru ane yang teges ketika ngajarin gan. bahkan sampe ngebuat ane bener bener gak perlu contekan wkakakaka tapi dapet nilai tinggi, senengnya minta ampun emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:26
guru cewe yg cantik dan ramah gan emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:26
Guru sexy gan.
Biasanya yg baru aja lulus kuliah ngajar honorer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:32
Ane yang inget Bu Guru Matematika di SMA..orangnya baik bahkan muridnya dibuat kaya suasana Paud

Kalo pada berisik dia malah tepuk tangan n bilang "eh ayo dong jangan pada berisik ya..ayo2 duduk yang rapih"

Kalo lagi ngajar banyak yang pura2 ke WC dia malah bilang "oh ya udah cepet gih jangan di tahan2" padahal banyak yg pd mw ngudut

Kalo lagi nerangin dia bilang "gimana ini ko pada ngga ngerti ? Ya udah ibu kasih tau deh jawabannya"..ditulis juga ama dia di papan tulis

Guru Matematika paling the best
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:38
guru yang enak dalam mengajar, soalnya jadi nggak ngebosenin kan pas pelajaran, biar nggak ngantuk juga sih wkwkwk secara dikelas ada jam jam ngantuknya juga kan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:38
guru yg galak biasanye paling di kenang kalo udeh lulus..kadang kangen pengen di marahin lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:45
gw selalu ingat guru yg dulu nampar ane emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
5 Tipe Guru yang Akan Selalu Dikenang Muridnya Sampai Kapan Pun
17-05-2020 04:54
Guru humoris paling ane kenang sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 7 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
The Lounge
untitled
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia