lianasari993Avatar border
TS
lianasari993
Berapa Sih Jenis Harimau? Cari Tau Yuk

BeritaLingkungan.com

Harimau adalah hewan yang tergolong dalam filum chordata, subfilum vertebrata, kelas mamalia, pemakan daging (karnivora), keluarga felidae (kucing), genus panthera, dan tergolong dalam spesies tigris.

jenis kucing terbesar dari spesiesnya, bahkan lebih besar dari singa. Harimau juga adalah kucing tercepat kedua dalam berlari, setelah citah. 

Berikut 10 Jenis Harimau:

1. Harimau Jawa

kompas.com

Panthera tigris sondaica adalah subspesies harimau yang hidup terbatas (endemik) di Pulau Jawa. telah dinyatakan punah di sekitar tahun 1980-an, akibat perburuan dan perkembangan lahan pertanian.

2. Harimau Bali

harimau yang sudah punah dan habitatnya di Pulau Bali, Indonesia. Harimau ini adalah salah satu dari tiga subspesies harimau di Indonesia bersama dengan harimau jawa(juga telah punah) dan harimau sumatra(spesies terancam).harimau terakhir ditembak pada tahun 1925, dan subspesies ini dinyatakan punah pada tanggal 27 September 1937. 

3. Harimau Sumatra

arenahewan.com

Panthera tigris sumatrae adalah harimau yang habitat aslinya di pulau Sumatra, dan merupakan satu dari enam subspesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini dan terancam punah. Populasi liar diperkirakan antara 400-500 ekor, terutama hidup di taman-taman nasional di Sumatra.

4. Harimau Malaya

Wikipedia.org

Panthera tigris tigris adalah harimau yang dapat ditemui di bagian pantai timur Semenanjung Malaysia sampai tahun 2004. Harimau ini kini terdapat 250 hingga 340 ekor pada 2013, membuatnya sebagai populasi macan terbesar selain harimau benggala  dan harimau indocina. 

5. Harimau Putih

pixabay.com

Harimau putih sangat terkenal di Indonesia, bahkan keberadaan hewan ini kerap kali dikaitkan dengan peristiwa mistis. Harimau yang membawa gen resesif yang menghasilkan pewarnaan pucatnya. Ada juga satu fitur genetik yang menyebabkan belangnya juga berwarna pudar. Ini terjadi bila seekor harimau mewarisi dua salinan gen resesif untuk pewarnaan pudar yang jarang terjadi.

6. Harimau Kaspia

TribunBatam.id

Panthera tigris virgata adalah harimau yang habitatnya di wilayah Iran, Afganistan, Turki, Mongolia, Kazakhstan, Kaukasus, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Subspesies ini punah pada akhir tahun 1950-an.

7. Harimau Siberia

Ourstory.id

Panthera tigris altaica adalah subspesies harimau yang habitatnya berada di wilayah Amur di Timur Jauh dan berstatus dilindungi, karena terancam punah.

8. Harimau Benggala/ India

metrobali.com

subspesies harimau di India, Bangladesh, Nepal, dan Bhutan. Harimau benggala merupakan yang terkemuka, dianggap termasuk megafauna karismatik dunia. Pada bulan April 1972, Harimau Benggala secara resmi dijadikan hewan nasional India.

9. Harimau Indocina

HamsterPets.blogspot.com

Panthera tigris corbetti adalah salah satu subspesies harimau yang habitatnya di Kamboja, Cina, Laos, Burma, Thailand, dan Vietnam. Nama "Corbett" berasal dari nama ilmiah subspesiesnya,  yang meminjam namanya dari seorang pemburu terkenal bernama Jim Corbett.

10. Harimau Tiongkok Selatan

Wikipedia

Harimau yang berasal dari hutan Tiongkok Selatan, merupakan spesies paling kritis dari semua subspesies harimau. Ahli menyatakan bahwa kini hanya tersisa kurang dari 20 harimau, dan dapat punah pada dekade berikutnya.

Menjaga kelestarian hewan sangatlah penting, apalagi hewan tersebut terancam punah. Perburuan liar sangatlah banyak, bukan hanya harimau saja. Tetapi hewan lainnya juga diburu untuk kepentingan pribadi atau dijual secara ilegal.

Gambar: di masing-masing gambar
Sumber: Wikipedia.org
bangshishigami
nona212
tien212700
tien212700 dan 204 lainnya memberi reputasi
201
12.5K
259
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.