• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kocak! Tak Ditangkap Tentara Belanda, Kopral Ini Berlindung di Sarung Pemilik Warung

hvzalf
TS
hvzalf 
Kocak! Tak Ditangkap Tentara Belanda, Kopral Ini Berlindung di Sarung Pemilik Warung


Perang merupakan sebuah peristiwa yang tidak diharapkan terjadi. Karena sudah pasti akibat dari peperangan adalah kerugian, baik secara materi maupun immateri. Ketika perang terjadi maka semuanya tak ada yang merasa diuntungkan. Sekalipun pihak yang menang pasti juga mengalami kerugian. Tentu akan menimbulkan korban jiwa yang tak sedikit. Anak-anak akan menjadi yatim piatu karena mereka terpisah dari orangtuanya yang menjadi korban, kota-kota luluh lantah sebab ledakan senjata perang, ekonomi tak akan stabil karena kerusakan yang terjadi.

Selalu ada kisah mengharukan dari sebuah peperangan. Namun, nyatanya tak selamanya cerita sedih itu hadir dalam sebuah perang. Ternyata ada pula kejadian lucu yang cukup membuat orang menghilangkan sedikit rasa tegang dalam menghadapi situasi perang.



Kisah lucu ini terjadi kepada seorang tentara berpangkat Kopral bernama Saimini. Ketika itu,
Kolonel M. Jasin seorang komandan batalion di Maospati, dan kepala personalia Resimen 31 yang berkedudukan di Madiun dan Kapten Soetarto Sigit serta seorang penghubung berpangkat kopral bernama Saimin sedang di Mojokerto tepatnya di wilayah demarkasi. Cerita bermula saat mereka tengah berisitirahat di warung yang ada di tepi jalan raya.

Waktu itu, pada Agustus 1946 suhu politik antara Indonesia-Belanda mulai memanas, karena sudah dekatnya hari kemerdekaan 17 Agustus 1946. M. Jasin dan Soetarto tengah melakukan peninjauan di batalion Resimen 31 yang tengah bertugas di Front Surabaya Barat, sekitar Desa Kedamean. Kemudian, di waktu pagi tersebut M. Jasin, Soetarto, dan Kopral Saimin menengok kompi di sebelah barat desa Kedamean. Di sana mereka bertiga melihat pesawat perang Belanda melintas dengan jarak yang sangat dekat. Tak lama kemudian, di hadapan mereka telah ada iringan kendaraan lapis baja yang telah menembus daerah demarkasi. Mereka yang tengah beristirahat di warung tersebut, langsung berlari menyelamatkan diri. Naas, Kopral Saimin tak bisa mengikuti langkah seniornya. Ia terpaksa bersembunyi di dalam warung. Cerita lain juga disampaikan Soetarto, bahwa saat itu mereka bertiga sempat berlari ke dalam kebun ketela. Lalu, Kopral Saimin mencari bantuan hubungan dengan kompi-kompi di seberang jalan. Tapi, belum sempat menyeberang konvoi tank Belanda telah dekat. Kopral Saimin langsung bersembunyi di dalam warung.



Peristiwa semakin menegangkan, saat tank Belanda malah berhenti di depan warung. Melihat kejadian tersebut M. Jasin dan Soetarto sangat panik. Pasalnya Kopral Saimin akan ditembaki oleh para tentara Belanda atau ia akan ditangkap dan mereka berdua pun pasti ikut tertangkap.

Namun, sekian beberapa lama tak juga terdengar tembakan dari dalam warung, M. Jasin dan Soetarto pun tak melihat Kopral Saimin dibawa oleh tentara Belanda. Padahal sangat jelas sekali bahwa para tentara itu menggeledah warung dan sekitarnya.



Setelah iringan tank Belanda cukup jauh, barulah mereka berdua pergi ke warung tersebut dan mendapati Kopral Saimin dalam keadaan selamat tanpa terluka sedikitpun namun wajahnya nampak pucat. Saat semuanya tenang, M. Jasin menanyai Kopral Saimin perihal bagaimana ia bisa selamat. Dengan sedikit malu, Kopral Saimin menjawab bahwa ketika para tentara datang menggeledah warung, ia bersembunyi di dalam kain sarung perempuan pemilik warung tersebut yang nampak diam tak bergerak kala tentara Belanda menanyainya dan menggeledah isi warung. "Saya selamat bersembunyi di selangkangan perempuan tadi," ujar M. Jasin mengenang ucapan Korpal Saimin. Tentu saat bersembunyi, Kopral Saimin mesti menahan napas sekuat mungkin kala berada dalam kain. Dan ia mampu bernapas lega setelah para tentara Belanda pergi meninggalkan warung.

Cerita ini cukup lucu juga ya. Tapi, di satu sisi ini merupakan hebatnya seorang TNI yang mampu berpikir cepat dan mengambil risiko dalam keadaan apapun. Duh, ane sih gak bisa membayangkan aroma apa yang tercium selama di dalam kain sarung perempuan pemilik warung tersebut. Hihihihi

Sumber :

Di sini
Richy211swiitdebbynona212
nona212 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
3.3K
58
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.