News
Batal
KATEGORI
link has been copied
51
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebefbd68d9b1723cc3baeb1/pp-sudah-diteken-jokowi-kini-punya-kuasa-penuh-angkat-hingga-pecat-pns
Limbago.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam aturan ini ada sejumlah kebijakan yang diubah, salah satunya ialah presiden kini memiliki kekuasaan tertinggi dalam rangka pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS. “Presiden selaku pemeg
Lapor Hansip
16-05-2020 03:30

PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS

PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS

Limbago.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam aturan ini ada sejumlah kebijakan yang diubah, salah satunya ialah presiden kini memiliki kekuasaan tertinggi dalam rangka pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS.


“Presiden selaku pemegang kekuasaan tertinggi pembinaan PNS berwenang menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS,” bunyi pasal 3 ayat 1 aturan tersebut seperti dikutip detikcom, Jumat (15/5/2020).

Selain itu, presiden juga dapat mendelegasikan kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS kepada menteri di kementerian, pimpinan lembaga di lembaga pemerintah nonkementerian, sekretaris jenderal di sekretariat lembaga negara dan lembaga nonstruktural, gubernur di provinsi, dan bupati/wali kota.

Tambahan baru yang ada di aturan ini ialah presiden berhak menarik pendelegasian kewenangan dalam dua ketentuan, dalam Pasal 3 ayat 7:
Pendelegasian kewenangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat ditarik kembali oleh Presiden dalam hal:
a. Pelanggaran prinsip sistem merit yang dilakukan oleh PPK; atau
b. Untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan
Sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal usul, jenis kelamin, dan kondisi kecacatan.

Aturan ini telah diteken dan ditetapkan oleh Jokowi pada 28 Februari 2020. Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

Sumber: https://www.limbago.id/pp-sudah-dite...gga-pecat-pns/


Baca Juga: https://www.limbago.id/terkait-iuran...kangan-hukum/  
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan_hp_nokia dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 07:52
Jadi presiden bs angkat siapapun jadi pns tanpa test?

Wah klo begini mah gawat
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 08:06
hajar yang magabut jok. emoticon-Ngacir
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 08:08
buzer ebong yg belum dpt jatah bisa nih ngarep jd pns, cem banyu biru kmaren yg uplod sk pns bin.
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 08:15
negara suka2 diatur ama petugas partai

LUHUT, INDONESIA NEED YOU!
Diubah oleh nevertalk
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 08:23
Quote:Original Posted By nevertalk
negara bisa amburadul, bikin aturan semaunya ama petugas partai Pedeipeh


Peraturan nya sengaja di buat biar bs bagi bagi kue
profile-picture
nevertalk memberi reputasi
1 0
1
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 08:32
Quote:Original Posted By pokemonman
misalnya gimana?
Mekanisme ngangkat honorer lewat nepotisme dan dijadikan "budak" pns yg tinggal nyuruh2 aja?


Trus lewat presiden aja gtu biar nutup mulut yg udh diangkat terkait kebijkan pusat yg nyeleneh?

Nepotismenya yg diberantas, lah ini kok nambah2in mekanisme yg udh ada buat legitimasi kekuasaan
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 08:45
Kembalinya pendekar rajawali.. kembalinya style orde baru bersemi lagi..
profile-picture
judogal memberi reputasi
1 0
1
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 08:55
Kok lucu malah presiden yg pegang kuasa mecat? Harusnya dibuat sistemnya dong bukan taro kuasa di 1 atau beberapa orang.
Ga bener ini.
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 09:04
emoticon-Wow makin bertambah kekuasaan nya
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 09:06
Bersih2 PNS dulu sblm Indonesia niat maju, soalnya birokrasi itu penting bngt buat menjalankan kebijakan pemerintah. Kebijakan pemerintah penting buat bantu akselerasi ekonomi.
Klo bisa stop jg pengangkatan PNS dr tenaga honorer. Semua PNS wajib ikut recruitment yg ketat buat jd PNS.
Yg bikin downgrade PNS Indon itu tenaga honorer
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 09:15
nah gini lah, jadi namanya penguasa emoticon-Matabelo
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 09:34
Pecat pns yang gaptek..
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 09:37
Jangan terbiasa plonga-plongo jok, tunjukan kalau kamu punya wibawa, biar tidak di bully rakyat mu sendiri.
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 09:59
buat pecat gabener aibon aja 🤣
profile-picture
rullycmtn memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 10:14
makan dari negara, tapi kl di sosmed jelek2in negara

kl pengen khliafah yg kasi makan, sono keluar aja dr asn, bantuin isis





emoticon-Cool
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 10:23
prank apalagi ini??
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 10:56
yg ketahuan KKN langsung aja di babat habis
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 15:36
Kpk isi nya di asn kan semua kan ya?
I see i see...
Jadi kesitu arahnya..
profile-picture
judogal memberi reputasi
1 0
1
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 16:23
ASN yg receh mah gk bakalan k sntuh

yg eselon1 memungkinkan untuk d utak-atik
0 0
0
PP Sudah Diteken, Jokowi Kini Punya Kuasa Penuh Angkat hingga Pecat PNS
16-05-2020 19:20
Setelah pegawai kpk jadi pns, maka bisa dipastikan jadi obyek kekuasaan pemerintah.
Jaman kpk sbg organisasi penegak hukum yg mandiri usai sudah.
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia