• Beranda
  • ...
  • Cilacap
  • 6 Takjil yang Bikin Mupeng Saat Ramadhan, Agan Suka yang Mana?

anna1812Avatar border
TS
anna1812
6 Takjil yang Bikin Mupeng Saat Ramadhan, Agan Suka yang Mana?


Bulan Ramadhan selalu identik dengan sesuatu yang berbeda dari bulan-bulan lain. Ada tradisi menyambutnya, makan sahur dan buka bersama, yang tidak kita temukan di bulan selain bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia ini.

Berbicara soal tradisi, ada beberapa hal yang tidak bisa lepas dari bulan mulia ini. Selain ibadah dan berbagai hal baik di dalamnya, salah satu hal yang dirindukan ketika Ramadhan datang adalah takjil gratis. Bulan yang penuh berkah ini selalu membuat kita berlomba untuk berbuat kebaikan. Hingga salah satu ide yang tercipta adalah membagikan takjil gratis di jalanan atau di masjid dan mushola.

Spoiler for berbagai macam takjil:

sumber gambar

Banyak di antara kita yang beranggapan bahwa takjil adalah istilah yang digunakan untuk mengartikan makanan atau sajian pembuka untuk buka puasa. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) takjil artinya menyegerakan (berbuka puasa).

Terlepas dari makna yang sebenarnya, ane tidak akan membahas lebih lanjut. Akan tetapi, ane akan memakai istilah itu untuk pembahasan pada thread kali ini, supaya mudah dipahami karena memang begitu istilah yang akrab di masyarakat. Intinya, di bulan Ramadhan ini banyak makanan khas yang kerap muncul menemani waktu berbuka dan diburu oleh banyak orang. Tidak hanya di kota-kota lain di Indonesia, di kota ane juga ada makanan khas /takjil yang sering muncul saat Ramadhan. Ane juga kadang membuatnya sendiri di rumah, loh, GanSis.

Penasaran takjil apa sajakah itu? Yuk simak!

1. Kolak pisang

Takjil ini terbuat dari campuran bahan seperti pisang, ketela rambat, kolang-kaling, dan bisa bahan lain sesuai selera. Kuah gurih dan manis dari perpaduan santan dan gula merah, menjadikan sajian ini cocok dimakan saat mengawali buka puasa.

Spoiler for kolak pisang:

dokpri


2. Bubur sumsum

Bubur ini juga kerap muncul dan diburu banyak orang loh, GanSis. Makanan yang terbuat dari perpaduan tepung beras dan santan ini memiliki tekstur yang lembut. Ditambah guyuran saus kental yang terbuat dari gula merah, menambah cita rasa gurih manis bubur. Jadi sangat cocok sebagai menu saat berbuka.

Spoiler for bubur sumsum:

dokpri


3. Bubur mutiara sagu


Pembutan bubur yang satu ini sangat mudah, GanSis. Cukup rebus mutiara sagu dan tambahan gula pasir. Bisa juga memakai gula merah, sesuai selera saja, sih. Rasa manis dari bubur ditambah rasa gurih kuah dari santan kental, adalah perpaduan yang sangat pas sebagai makanan pertama yang masuk ke lambung setelah perut kosong seharian.

Spoiler for bubur mutiara sagu:

dokpri


4. Bubur kacang hijau

Ini adalah salah satu takjil kesukaan ane GanSis. Bubur yang didominasi rasa manis inilah yang selalu ada saat bulan Ramadhan. Seolah makanan ini telah menjadi menu wajib. Kandungan gizi di dalamnya pun tidak diragukan lagi.

Spoiler for bubur kacang hijau:

sumber gambar


5. Kolak biji salak

Ada yang tidak tahu takjil lezat yang satu ini? Dilihat dari namanya, pasti GanSis penasaran. Ternyata biji salak di sini hanyalah nama. Sebab biji yang terdapat dalam takjil yang satu ini ternyata terbuat dari ketela rambat yang telah dikukus dan dihaluskan serta dicampur dengan tepung kanji atau bisa dari tepung ketan. Rasa manis dari biji salak dan kuahnya, dipadu dengan kucuran kuah santan kental, menjadikan sajian ini sangat cocok untuk berbuka.

Spoiler for kolak biji salak:

sumber gambar


6. Pisang ijo

Takjil penggugah selera yang satu ini, tidak hanya ada di kota ane, loh. Makanan ini telah tersebar di wilayah Indonesia. Kalau di sini biasanya dicampur dengan es dan bahan lain seperti agar-agar dan mutiara atau bubur sumsum.

Spoiler for pisang ijo:

sumber gambar


7. Bubur kampium

Ada yang tidak tahu jenis bubur ini? Kalau di Cilacap ini namanya bubur campur, yaitu takjil yang merupakan campuran dari berbagai bubur, seperti sumsum, mutiara, ketan hitam, ketan putih, dan kacang hijau. Menu ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka karena rasanya yang manis berpadu dengan gurihnya santan.

Spoiler for bubur kampium / bubur campur:

sumber gambar

Itulah sederetan takjil yang kerap muncul dan menemani buka puasa di kota ane, GanSis. Dari daftar takjil di atas, Agan dan Sista bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau menurut ane, sih lebih irit. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat. GanSis bisa membelinya di warung atau pasar terdekat. Namun, jika GanSis beli di pasar, sebaiknya lebih berhati-hati sebab kita akan bertemu banyak orang di sana. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah memasuki pasar.

Bagaimana dengan takjil yang kerap muncul di kota Agan dan Sista saat Ramadhan? Apakah ada yang sama dengan di kota ane? Atau ada takjil yang unik dan lain daripada yang lain? GanSis boleh membagikannya di kolom komentar, ya.

Oke, GanSis, demikian yang bisa ane tulis pada thread kali ini sembari menunggu waktu berbuka puasa. Semoga menginspirasi Agan dan Sista semuanya. Buat yang sudah mampir, ane ucapkan terima kasih. Tetap semangat berpuasa, ya.


Penulis : @anna1812
Referensi : opini pribadi plus di sini


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
nona212
embunsuci
abellacitra
abellacitra dan 25 lainnya memberi reputasi
26
1.7K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cilacap
Cilacap
icon
461Thread176Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.