others
Batal
link has been copied
17
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebe1d7668cc9550dc114871/list-tradisi-seru-di-bulan-ramadan-khas-kota-cilacap--before-amp-after-covid-19
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh :malusSebelumnya, ane mohon untuk::malus :rate5:rate5:rate5:rate5:rate5 :ilovekaskussTerima Kasih Kaskuser:ilovekaskuss Riset Dan Analisis Mengenai Lingkungan Tempat Tinggal Thread Starter dibantu Si Otak yang terkolerasi dengan kandungan Kafein serta Nikotin.:medicine:   Sudah menjadi pengetahuan umum khalayak ramai bahwa Indonesia, negara yang mayori
Lapor Hansip
15-05-2020 11:41

List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)

icon-verified-thread
Quote:
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

emoticon-Malu (S)Sebelumnya, ane mohon untuk:emoticon-Malu (S)

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
emoticon-I Love Kaskus (S)Terima Kasih Kaskuseremoticon-I Love Kaskus (S)

List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
Sumber.


Cek Repost.




Sudah menjadi pengetahuan umum khalayak ramai bahwa Indonesia, negara yang mayoritas penduduknya muslim, mempunyai ragam budaya dan tradisi yang tersebar di tiap daerah di tanah air. Apalagi Ketika tiba bulan ramadan seperti sekarang ini, Uah, tentulah banyak tradisi unik dan seru untuk dilakukan dan belum tentu bisa kita temui di bulan-bulan yang lain. Beda tempat beda cerita! Walaupun di tiap daerah baik itu kota, desa, dll caranya berbeda-beda tapi percayalah, ada semangat yang sama di balik perbedaan tradisi ini. Nah pada thread kali ini ane coba bagikan berbagai kegiatan seru “Menghidupkan Ramadan” mulai dari sahur, sampai waktu menjelang berbuka tiba khas dari kota kelahiran ane, Kota Cilacap! Cilacap Bercahaya!emoticon-Big Grin


   

Quote:
Jumpa Sunrise di Pantai.


Quote:
Assolatuwassalamualaik.. ya imamal mujahidin…”


    Menjalang waktu masuk sholat subuh, pasti speaker masjid akan membunyikan sholawat seperti yang tertulis di atas, atau dikenal dengan istilah Sholawat Tarhim. Kental sekali bukan bacaan sholawat tersebut dengan nuansa ramadan di pedesaan? Tapi percayalah, sebelum sholawat tersebut dibacakan, ada tradisi membangunkan sahur yang cukup epic lewat speaker masjid juga, dan lebih epic lagi saling bersahutan antara satu speaker dengan yang lainnya, wkaka.

    Habis sahur lanjut imsak, terus tiba waktu buat subuhan. Habis subuhan ngapain? tidur? Mana ada ceritanya lanjut tidur, nggak seru amat. Atau nyeduh kopi? Ini lagi tambah ngaco, ane bareng temen-temen biasa main ke pantai kalau habis subuhan, nunggu agak terang dikit sih nggak langsung ngacir. Sebagai salah satu kota paling luas di Jawa Tengah, Cilacap ini letaknya di pinggiran selatan pulau, jadi deket sama beberapa pantai yang jaraknya juga terjangkau banget dari rumah ane. Biasanya sih berangkat sekitar jam 5 lebih, kadang naik sepeda, kadang juga naik bis kecil.


    Tiap orang pasti taulah gimana cara menikmati suasana ketika sedang berada di pantai, kalau ane bareng temen-temen biasa bawa bola dari rumah, jadi gak cuman pasir yang bisa di tendang di pantai. Selain itu, jelas menikmati fenomena alam yang begitu menakjubkan, yaitu sunrise atau matahari terbit. Memang nggak bisa dipungkiri gan, warna kemerahan yang dihasilkan ketika matahari terbit jelas bikin berbinar bagi mata yang menatanya. Nggak sedikit warga yang dateng ke pantai ini, jadi kadang juga bisa lah dapet satu dua pemandangan gadis-gadis Made in Cilacap yang bening-bening.


    Ada 3 pantai yang biasa ane kunjungi pas jalan pagi sehat sehabis subuh, yaitu pantai bunton, pantai sodong, dan pantai teluk penyu.


Quote:1.Pantai Bunton.
Quote:
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
Sumur:Klik Disini. 


    Pantai Bunton ini adalah pantai yang jaraknya paling dekat dari rumah, agan sista yang tinggal di Cilacap pasti taulah, seberapa jauh jarak antara Maos ke Adipala itu, beda kalau yang rumahnya di dalam kota, anggap dari gumilir atau mungkin kuripan, pasti lumayan berasa jaraknya. Ini adalah salah satu tempat favorit ane buat latihan lari karena spotnya oke banget.


Quote:2.Pantai Sodong.
Quote:List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
Sumur:  Klik Disini.


          Masih di sekitaran kecamatan Adipala, ada pantai yang berdekatan dengan Gunung Selok, ya.. Pantai Sodong/ Selok namanya. Berbagai pemandangan alam yang asri mulai dari persawahan, kebun yang dilalui untuk menuju pantai Sodong ini menjadi keseruan tersendiri yang bisa dinikmati oleh ane dan temen-temen, apalagi berangkat di pagi hari yang mana kondisi udara masih sejuk dan fresh.


   

Quote:3.Pantai Teluk Penyu.
Quote:
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)


Sumur: Klik Disini.


    Berlanjut ke pantai Teluk Penyu, meskipun tergolong biasa-biasa saja karena cuman ada pasir hitam, dan kadang agak kotor, tetep gak mengurangi keeksotisan pantai teluk penyu ini. Banyak view keren yang bisa kita temui kalau ke sini, mulai dari pantai tentu saja, kapal nelayan karena tempat ini juga jadi dermaga bagi para nelayan, dan yang paling populer tentu saja .. jembatan trackdam.

Quote:
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
Sumur:  Klik Disini.


    Bangunan beton seperti jembatan ini menjulur hingga beberapa meter di atas lautan lepas dengan desain lubang-lubang kotak di sisi tengahnya. Spot ini cocok banget buat sekedar duduk santai sambal menikmati hembusan angin laut dan pemandangan segara yang mempesona. Kalau beruntung, kita bisa ketemu orang lagi mancing atau nyebar jala di jembatan beton ini.



Kala terik siang hari tiba…

 

Quote:
Dikala Siang Hari Ada...



   


   

Quote:
Ngabuburit di Pusat Kota.


Quote: 
      Puas dengan pesona pantai dan terik siang hari yang menggoda, sorenya kita bisa main ke pusat kota untuk nongkrong dan juga berburu takjil untuk berbuka puasa. Kalau ane walaupun musti riding dari pinggiran ke dalam kota nggak apapa lah, kapan lagi kan ada momen berkumpul dengan teman atau keluarga seramai pas bulan puasa, jadi sayang banget kalau cuman di rumah dan dihabiskan dengan aktifitas yang itu-itu aja.emoticon-Ngacir


Quote:*]Nongkrong di Alun-Alun + Berburu Takjil.
Quote:
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
Sumur: Klik Disini. 




    Menjelang jam berbuka tiba, ya sekitar setengah 5 keatas, ada yang mulai nyiapin menu buka dirumah, ada juga yang mulai nongol seliweran di jalan-jalan, bisa itu cari makanan mateng karna gak masak di rumah, atau sekedar liat talenta-talenta muda jalan-jalan. Daripada capek nungguin yang bening-bening lewat yang belum tentu keliatan, mending samperin aja langsung ke Alun-Alun. Bisa dipastikan nuansa kepengin meminang seseorang bisa segera kita dapatkan di sana, banyak banget yang cakep euy.emoticon-Genit

    Sebelum keterusan ngiler gegara liat yang bening-bening, langsung aja kita berburu takjil sebelum kehabisan diborong sama yang lainnya. Gak susah buat kita cari takjil apa yang mau dibeli, karena banyak banget pedagang takjil dadakan di pinggir jalan kalau menjelang buka puasa.emoticon-thumbsup

    Beragam menu takjil lezat bisa kita beli mulai dari kolak santan, es pisang ijo, atau manisnya es buah yang bikin haus bandel di tenggorokan ilang. Ada penjual es buah mantap yang biasa ane dan temen-temen beli di sekitaran kota Cilacap ini, yaitu di sebelah barat SMK Dr.Soetomo.emoticon-thumbsup


   

Quote:    *]Buka Bersama.
Quote:
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
Sumur: Klik Disini.



    Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu ketika bulan puasa, ya .. Buka puasa. Bisa berbuka Bersama sanak family dirumah, atau berbuka bareng mantan temen sekolah dulu a.k.a reunian dan lain sebagainya. Apalagi jika puasa sudah memasuki hari ke-21 kedepan, wah rasanya bakal banyak makanan dirumah ditambah banyak saudara yang pulang kampung ditambah lagi kadang kita dapat bingkisan selepas pulang dari tarawih.emoticon-present


   

   

Quote:*]Bakar Duit.
Quote:
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
Sumur: Klik Disini.



    Petasan dari mulai yang kecil sampai yang gede, sering banget ditemui saat mau terawehan atau pas pagi-pagi habis subuhan. Yang biasa disulut di tempat ane, mercon korek. Cukup mengeluarkan duit Rp.1000 rupiah kita sudah dapet 20 biji mercon korek siap sulut. Dan tentu saja, barangkali mengiringi kali ya, satu paket pembelian maksudnya, bakal ada yang mencak-mencak entah itu Ibu-ibu atau Bapak-Bapak karena kelewat gaduh dan cenderung mengganggu. Tapi namanya bocah, ya demen aja lempar-lempar petasan gituan.emoticon-Embarrassment


    Nah, itulah beberapa kegiatan seru yang biasa ane lakuin di bulan puasa Bersama temen-temen kampung ane, mulai dari sahur bersama, dolan bersama, sampe buka bersama, pokoknya bersama terus kemana-mana. Tapi…

Tapi…
Nampaknya…
Dan….
Hanya saja …


   

Quote:
     Hanya dan hanya saja antusias dan kemeriahan itu harus redup karena pandemi yang belum usai. Semua keseruan yang bisa dirasakan hampir di tiap sudut kota di kota ini mengerucut hingga hanya sampai seluas rumah tempat kita tinggal saja. Semua lesu, pancaran hingar-bingar kemeriahan ramadan itu seolah-olah hilang entah kemana. Covid-19 mengubah segala rutinitas kehidupan manusia secara ekstrim. Pekerjaan diliburkan, tagar #dirumahaja diserukan, dan pembatasan pun dilakukan oleh pihak berwenang. Untuk beberapa pekan kedepan, kita semua mempunyai ruang gerak yang terbatas.emoticon-Nohope

    Ingat, kemeriahan itu mungkin harus redup untuk beberapa saat, hanya redup dan belum sepenuhnya mati. Artinya apa? Ada nyala terang yang masih bisa kita jaga. Bagaimana caranya? Hemat penulis, kegiatan Membaca mungkin termasuk salah satu dari usaha yang dapat kita lakukan di tengah pandemic ini agar tetap hidup.emoticon-thumbsup


1.Membaca Situasi.
Membaca Situasi.


2.Membaca Kondisi.
Membaca Kondisi.


3.Membaca Buku.

Membaca Buku.


Quote:
Penutup.


Quote:
    Bersama kesulitan terdapat kemudahan, semoga kita semua senantiasa diberikan kemampuan untuk terus optimis, sabar, syukur dan bersemangat untuk mendapat taqwa, karena taqwa yang benar dapat membuat matangna jiwa, meluruskan pikiran, dan pada akhirnya menguatkan imun atau daya tahan tubuh yang sangat berguna untuk menghadapi virus.
    Semoga kita mampu untuk membaca esensi dari serangkaian peristiwa yang sedang dan sudah kita lalui sepanjang perjalanan hidup kita. Marhaban ya Ramadan temen-temen KasKuser semuanya. Aamiin.emoticon-I Love Indonesia (S)



Quote:
Sekian dari TS, semoga Thread sederhana ane ini bisa jadi Inpirasi dan bermanfaat bagi agan2 semua ya, ane tunggu banget komengtarnya ganemoticon-Big Grin, salam dari ane gan.emoticon-Big Grin
Akhir Kata:
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)



Diubah oleh nohopemiracle
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d0dittt dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 12:17
bakar duit di tempatku masih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 12:30
Quote:Original Posted By TaraAnggara
bakar duit di tempatku masih


Apa ora diluruih gan nang warga kono, lagi ana kayakie malah pecicilan nyuledi mercon.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 12:37
kpn yaak bs diculik teesnya kesanaemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 12:55
Kangen sholat tarawih si masjid😣
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan nohopemiracle memberi reputasi
2 0
2
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 12:58
Quote:Original Posted By srusuut
kpn yaak bs diculik teesnya kesanaemoticon-Toast


Uwoogh ente ada² deh, punya harapan masak harapan pengin diculik.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan srusuut memberi reputasi
2 0
2
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 13:00
Quote:Original Posted By anna1812
Kangen sholat tarawih si masjid😣


Bener banget sis, kangen taraweh. Ora taraweh dadi ora bisa nyawang.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan anna1812 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 13:05
Quote:Original Posted By anna1812
Haha. Nyawang sapa hayoo😅😅


Nyawang anake tanggane wetan umah.emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 13:08
Quote:Original Posted By TaraAnggara
wong sing nyumedi bocah, wkwk


Howestrah ana-ana bae jan, kakean polah banget.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan anna1812 memberi reputasi
2 0
2
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 15:14
emoticon-pencet

Hasyeeem wis lali carane ngejunk emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan nohopemiracle memberi reputasi
2 0
2
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 15:29
Quote:Original Posted By ilix
emoticon-Stick Out Tongueencet

Hasyeeem wis lali carane ngejunk emoticon-Hammer2


Mantap ana sedulur sepuh sekan banyumas, salken ya gan. emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
liee dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 16:54
Teluk penyu, aku pingin nyebur, suegerrr
profile-picture
nohopemiracle memberi reputasi
1 0
1
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 18:10
Selamat Berbuka Puasa emoticon-Malu emoticon-Malu
profile-picture
nohopemiracle memberi reputasi
1 0
1
List Tradisi Seru di Bulan Ramadan Khas Kota Cilacap!. ( Before & After Covid-19)
15-05-2020 19:16
Quote:Original Posted By husnamutia
Teluk penyu, aku pingin nyebur, suegerrr


Quote:Original Posted By vandrazz
Selamat Berbuka Puasa emoticon-Malu emoticon-Malu


Selamat berbuka puasa sedulur ngapak.emoticon-Big Grin
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia