anna1812Avatar border
TS
anna1812
6 Minuman Segar Pelepas Dahaga, Awas Ngiler!


Berbuka puasa belom puas rasanya jika tidak mengonsumsi minuman segar, dingin, dan melegakan tenggorokan. Apakah Agan dan Sista setuju?

Bagi sebagian orang, minum minuman dingin saat berbuka adalah hal wajib. Akan tetapi, tahukah GanSis jika hal tersebut sebetulnya tidak baik untuk kesehatan lambung?

Spoiler for minuman dingin:

sumber gambar

Mengonsumsi minuman dingin setelah seharian penuh tidak minum dan makan apapun, justru akan membuat lambung bekerja lebih lambat. Terutama mengingat minuman tersebut juga harus disesuaikan dengan suhu tubuh. Banyak terjadi kasus, lambung akan kaget apabila langsung meminum minuman dingin saat berbuka puasa. Apabila hal itu tetap dilakukan, perut akan mudah kembung dan terasa penuh atau istilahnya sebah.

Selain itu, organ tubuh akan bekerja lebih keras karena harus menyesuaikan suhu minuman dengan suhu tubuh. Hal tersebut tentu sebaiknya dihindari, supaya metabolisme yang terjadi dalam tubuh setelah berbuka puasa, tidak menjadi berat.

Penjelasan di atas bukan berarti tidak boleh mengonsumsi minuman dingin saat berbuka ya, GanSis. Boleh saja, asal minumnya setelah lambung terisi makanan dulu.

Berbicara soal minuman dingin, banyak sekali minuman yang kerap dicari orang saat Ramadhan. Mungkin ada salah satu minuman favorit GanSis di bawah ini. Cek, yuk!

1. Es campur

Membaca namanya saja sudah bisa dipastikan jika komposisi es ini adalah campuran dari beberapa bahan ya, GanSis. Perpaduan cincau, mutiara, kolang kaling, buah nangka dan sirup, membuat minuman segar ini banyak diburu saat buka puasa.

Spoiler for es campur:

sumber gambar


2. Es pisang ijo

Mimuman segar dengan vla bubur sumsum dan irisan pisang yang dibalut adonan berwarna hijau ini, sangat cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Spoiler for es pisang ijo:

sumber gambar


3. Es cendol

Ada banyak jenis es cendol. Di Cilacap juga bisa ditemukan beberapa jenisnya. Ada cendol khas Bandung, Banjarnegara, dan Purworejo. Perpaduan manis gurih dan dingin dari keduanya, membuat siapa pun yang meminumnya seolah tidak mau berhenti meneguk.

Spoiler for es cendol:

sumber gambar


4. Es oyen

Ane tidak tahu sejarah es jenis ini, GanSis. Namun, di Cilacap keberadaannya sudah tersebar di tiap sudut kota. Banyak pedagang yang menjual, terlebih di saat Ramadhan. Bahkan teman ane sendiri adalah salah satu penjual es segar tersebut.

Spoiler for es oyen:

sumber gambar


5. Sop buah

Dulu ane tertawa ketika pertama kali mendengar nama jenis minuman ini. Setahu ane yang namanya sop, kan salah satu jenis sayur ya.
Nah ini sop, kok buah. Terasa ambigu. Mungkin ane terkesan 'ndeso' waktu itu. Karena penasaran, akhirnya ane membeli. Perpaduan berbagai buah, susu, dan sirup menjadi satu dalam mangkuk, membuat candu tersendiri bagi penikmatnya, termasuk ane. Di Cilacap, nama minuman jenis ini sekarang sudah sangat familiar.

Spoiler for sop buah:

sumber gambar


6. Es bubble tea

Ini adalah salah satu minuman kekinian, GanSis. Ane tahu pertama kali ketika anak ane pulang sekolah, menenteng minuman yang dikemas dalam cup ukuran sedang. Minuman manis dengan toping bubble yang terbuat dari tepung tapioka, membuat minuman segar ini digemari anak-anak muda zaman sekarang. Sedikit fakta yang mencengangkan setelah ane search google, ternyata minuman ini berbahaya bagi kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi, karena mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Jadi GanSis jangan terlalu sering mengonsumsinya ya.

Spoiler for es bubble tea:

sumber gambar

Bagaimana, GanSis? Apakah mupeng melihat penampakan minuman segar di atas? Tahan dulu, ya. Sebentar lagi buka, kok. Hehehe.

Satu hal penting yang perlu diingat dan sudah ane sebut di atas, bahwa mengonsumsi minuman dingin sebelum perut terisi makanan satu pun saat berbuka, sebaiknya jangan dilakukan. GanSis bisa meminumnya nanti setelah mengisi perut dengan makanan yang lunak dan mudah dicerna terlebih dahulu.

Demikian sedikit infirmasi yang ane tulis, semoga bermanfaat.

Penulis : @anna1812
Referensi : opini pribadi plus di sini


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


nona212
embunsuci
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
1.9K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cilacap
Cilacap
icon
461Thread176Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.