• Beranda
  • ...
  • DKI Jakarta
  • Menengok Masjid Istiqlal di Bulan Ramadhan, Sebelum dan Sesudah Corona

wahyuharuka
TS
wahyuharuka 
Menengok Masjid Istiqlal di Bulan Ramadhan, Sebelum dan Sesudah Corona
Menengok Masjid Istiqlal di Bulan Ramadhan, Sebelum dan Sesudah Corona

Bukan rahasia lagi jika bulan ramadhan merupakan bulan yang menjadikan banyak umat muslim berbondong-bondong pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat wajib/sunah, sahur/buka bersama, iktikaf atau tausiah.

Yang biasanya hanya pergi ke masjid di hari jumat atau gak pernah ke masjid sama sekali maka di bulan puasa jadi rajin ikut shalat tarawih atau kelar sahur langsung ke masjid untuk mengikuti shalat subuh berjamaah.

Namun, semua kebiasaan di masjid itu harus lenyap di bulan ramadhan kali ini akibat kedatangan virus corona di Indonesia yang membuat pemerintah menghimbau untuk melakukan social distancingdan menerapkan aturan PSBB.

Belajar, bekerja dan beribadah, semuanya harus dilakukan di rumah sehingga sunyilah masjid-masjid kita sekarang. Jika sebelumnya yang membuat kita tidak pergi ke masjid adalah godaan setan yang terkutuk maka sekarang pelakunya adalah Covid-19.

Masjid-masjid sunyi dari kehadiran para jemaah, sunyi dari lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan sunyi pula dari doa-doa hamba yang dipanjatkan, tak terkecuali bagi masjid Istiqlal Jakarta.

Berikut adalah foto-foto kolase suasana masjid Istiqlal di bulan ramadhan saat ini, sebelum dan sesudah wabah Corona...

Spoiler for Masjid Istiqlal:


Spoiler for Masjid Istiqlal:


Spoiler for Masjid Istiqlal:


Spoiler for Masjid Istiqlal:


Buka Puasa Bersama Dan Tarawih Ditiadakan

Untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19, Masjid Istiqlal, Jakarta meniadakan acara keagamaan yang dapat menciptakan kerumunan orang, seperti buka puasa bersama (bukber) dan salat tarawih berjamaah.

Selain itu, program keagamaan lainnya, seperti iktikaf dan tausiah yang biasa dilaksanakan selama bulan ramadhan juga turut ditiadakan mengikuti imbauan dari Kementerian Agama, Gubernur DKI Jakarta dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penghentian kegiatan keagamaan di tempat ibadah demi mencegah penularan Covid-19. 

Penutupan Gerbang

Pihak pengelola Masjid Istiqlal juga melakukan penutupan gerbang yang disertai pula dengan tulisan imbauan di kawasan masjid untuk mengantisipasi kedatangan jamaah.

Santunan Yatim Dan Zakat Fitrah secara Online

Pihak pengelola Masjid Istiqlal mengupayakan agar santunan yatim dan zakat fitrah tetap bisa berjalan secara online sehingga masyarakat tidak perlu datang langsung ke masjid. 


Sedih ane liat masjid sunyi sepi tanpa kehadiran para jemaah yang ingin beribadah dan tanpa ada anak-anak bandel yang berisik dan seliweran di masjid. Namun, ini semua demi menghentikan penyebaran dan penularan Covid-19.

Pergi ke masjid, selain beribadah, kita juga dapat ilmu ketika bertemu dengan para kiyai yang ilmu dan pengalamannya sudah luar biasa, berkumpul dengan orang-orang soleh sambil menambah pertemanan dan juga mempererat tali silaturahmi dengan orang-orang yang kita kenal, yang juga berjumpa kita lagi saat di masjid.

Tak sabar lagi ane melihat Masjid Istiqlal dipenuhi ribuan jamaah ketika waktu berbuka dan tarawih menjelang, riuh tawa canda anak-anak kecil yang berlarian di antara jamaah atau seperti masa dulu, ketika anak-anak sekolah pada nyerbu penceramah buat minta tanda tangan.

Ayolah, kita sama-sama untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah saja supaya virus ini hengkang dari negeri kita. Tahan dulu keinginan kita buat berkerumun di masjid atau di luar rumah.

Makin kita patuh, makin cepat pula virus Corona ini berlalu.


JANGAN LUPA GAES!!!



Quote:


Spoiler for SS Bukti Isi form Cendolin Serentak:


Spoiler for SS berbagi cendol:
Diubah oleh wahyuharuka 14-05-2020 22:33
srusuutoniknona212
nona212 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
953
7
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
DKI Jakarta
DKI Jakarta
icon
2.7KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.