News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
101
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebd4d0b09b5ca232d3df5ad/kemenkeu-iuran-bpjs-kesehatan-kelas-1-harusnya-rp286000-kelas-2-rp184617
JAKARTA - Pemerintah kembali menaikan iuran BPJS Kesehatan mulai 1 Juli 2020. Kenaikan ini termuat dalam Peraturan Presiden (Perpes) nomor 64 tahun 2020. Staf Ahli Menkeu Bidang Pengeluaran Negara Kemenkeu Kunta Wibawa Dasa menjelaskan, besaran iuran BPJS Kesehatan menurut aktuaria lebih tinggi dari kenaikan yang ditetapkan pemerintah. Per 1 Juli 2020, iuran JKN-KIS bagi peserta PBPU dan BP disesu
Lapor Hansip
14-05-2020 20:52

Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617

Quote:

JAKARTA - Pemerintah kembali menaikan iuran BPJS Kesehatan mulai 1 Juli 2020. Kenaikan ini termuat dalam Peraturan Presiden (Perpes) nomor 64 tahun 2020.

Staf Ahli Menkeu Bidang Pengeluaran Negara Kemenkeu Kunta Wibawa Dasa menjelaskan, besaran iuran BPJS Kesehatan menurut aktuaria lebih tinggi dari kenaikan yang ditetapkan pemerintah.

Per 1 Juli 2020, iuran JKN-KIS bagi peserta PBPU dan BP disesuaikan menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II, dan Rp42.000 untuk kelas III.

"Sesuai perhitungan aktuaria, besaran iuran untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 1 sampai Rp286.000, kelas 2 Rp184.617, kelas 3 Rp137.221," jelas Kunta dalam telekonferensi, Kamis (14/5/2020).

"Tapi kita tidak menetapkan besaran iuran seperti itu, kita sesuaikan kemampuan bayar," sebut dia.



Dia menyinggung keadilan sosial yang menjadi salah satu asas dalam menaikan iuran BPJS Kesehatan. "Dan jelas, keadilan sosial, yang miskin tidak perlu bayar dan yang kaya bayar sesuai kemampuan membayar," sebut dia.

Untuk kelas III, iuran peserta PBPU dan BP kelas III tetap dibayarkan sejumlah Rp25.500. Sisanya sebesar Rp16.500, diberikan bantuan iuran oleh pemerintah. Kemudian, pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, peserta PBPU dan BP kelas III membayar iuran Rp35.000, sementara pemerintah tetap memberikan bantuan iuran sebesar Rp7.000.

Dia menjelaskan, pemerintah memiliki keterbatasan anggaran untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diimplementasikan melalui BPJS Kesehatan.

"Karena meski ini prioritas kita, tapi negara juga punya fiscal space, jadi tidak semua uang ke sini, harus ada arahan-arahan atau dalam arti berapa besaran yang bisa dilakukan untuk JKN ini dan masyarakat harus terjangkau sesuai kemampuan," jelas dia.


https://economy.okezone.com/read/202...as-2-rp184-617



Segera dinaikkan saja, orang Indonesia kaya kaya, kalo cuman bayar 200-300 ribu mah sambil tiduran juga bisa emoticon-Imlek

Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 20:53
Murah 150 rb, tp yg bikin mahal mesti bayar 1 KK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 20:54
Haduh
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
decodeca dan introvertpsycho memberi reputasi
2 0
2
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 20:55
asuransi kesehatan perusahaan asuransi internasional juga ga semahal itu preminya deh
Diubah oleh chenzahendratan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 20:55
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
Diubah oleh kaum.milenial
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 20:56
masa sih?
ada itungan aktuarianya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 20:58
ya udah dibikin segitu aja kan kelas menengah atas yak, tapi syaratnya ga ada kewajiban kudu ngikut, fair2an aja bersainh ama asuransi swasta

aseeekkkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:00
Serius deh, kelas 1 apa kelas 3 obat lu bakal sama kalo berobat ke faskes tingkat 1.
Agak percuma sih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hanyaku04 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:02
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:04
Setuju...... kalau tidak dipaksah ikut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:11
Lha itu kalau dihitung per kepala kalau dalam satu KK misalnya cuman suami bekerja ada istri dan anak untuk tanggungan, kan jadinya 3 ditanggung dengan asumsi anak 1 dan belum mandiri. Macam dalam satu KK mandiri semua ada penghasilan saja. Hitung-hitungan ngawur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:13
Asuransi itu murni itung2an.

Jadi hitungan aktuaria itu penting.

Bukan pake feeling, menurut saya kemahalan ini blablabla

Silahkan bagi yang merasa kalau 25ribu sebulan cukup, cari aktuaria yang hitungannya sesuai sama feeling anda.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:14
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:20
Ga kurang bos, tambahin sekalian cokk
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
decodeca dan introvertpsycho memberi reputasi
2 0
2
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:26
daripada berpolemik masalah besaran iuran BPJS, mending pemerintah fokus ke masyarakat kurang mampu yang ditanggung iurannya. sedangkan masyarakat yg lain dibebaskan mau ikut ato enggak.
toh nanti akan terbentuk kesadaran sendiri di masyarakat akan pentingnya jaminan kesehatan.

kalo dipaksakan seperti sekarang ini, yang ada malah antipati dan ketidakpercayaan kepada pemerintah.

masalah subsidi silang, itu suatu hal yang lucu bila dikaitkan dengan program negara. harusnya di APBN sudah diperhitungkan, dan APBN itu sumber dananya mayoritas dari pajak. dan di pajak ini sebenarnya sudah ada subsidi silang, karena orang yang penghasilan dan kekayaannya lebih besar akan membayar pajak lebih besar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:28
Kalau besaran iuran PBPU kelas III sesuai perhitungan aktuaria sebesar Rp.137.221,00 artinya ya cukup berat juga beban APBN buat jika benar² dinaikkan cukup drastis seperti itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:31
Kalo ente masih muda
Ada masalah ma besaran iuran kelas 1 atau bahkan kelas 2
Yakin gak bakal diopname
Pilih kelas 3!


Oiya jgn ente pikir kelas 3 tu bakal dirawat kayak di rmh sakit thn 80an...

Ane pernah jenguk temen yg di rawat di RSUD kecamatan di Jakarta
Dapetnya kelas 3 bos...
Tapi...
Ruangan kamar sangat bersih...
Tempat tidur modern... bagus dan msh baru
Bisa disejajarkan ma kelas 2 rumah sakit swasta malah
Atau malah lebih bagus emoticon-Big Grin
Swear deh...
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:34
terserah biayanya tapi tapi dibebasin mau ikut atau ngak
profile-picture
profile-picture
decodeca dan introvertpsycho memberi reputasi
2 0
2
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:35
bayar segitu mending ambil swasta sekalian

bpjs amburadul, obat kagak ada, rujukan perwilayah alasan biar ga numpuk sementara rs wilayah amburadul.

apoteknya ngeluh kalo bpjs ngutang udah sampe miliaran.

emoticon-Leh Uga

kalo pemerintah udah ga mampu mengelola bpjs, jangan paksa orang ikut bpjs berikan mereka kebebasan memilih mau ikut apa enggak.
Diubah oleh rajin.meremas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:39
Gimana kalo pake hitung2an gw

Quote:Original Posted By p.star7
Lalu kalau masih merugi juga, naikin lagi? Lalu naikin lagi? Begitu terus
Bpjs harus rubah sistem dan skema, pemerintah harus bikin kebijakan yg beda dengan selama ini yg cm naikin iuran sama kurangin layanan

Kalo solusi menurut gw :
1. Jelas efisiensi pengeluaran bpjs dr segi gaji dan tunjangan petinggi2 bpjs, seminar gk jelas, karyawan
2. Hapus pbi, dan sistem kelas
3. Bikin bpjs sifatnya pemaksaan, berlaku untuk seluruh rakyat indonesia tanpa kecuali, penunggak diberikan sanksi seberat2nya, seperti gak bs urus surat2, pelayanan perbankan, dll
4. Bikin iuran semurah2nya 10k-20k per orang per bulan tidak lebih
5. Penyesuaian tarif pembayaran ke rumah sakit supaya bisa naikin standar pelayanan


Ya cm angan2 sih, gak mungkin diterapin juga emoticon-Big Grin





Quote:Gimana ya, badan milik negara tp sifatnya sosial, pemerintah juga harus subsidi, gak bs lepas tangan
Tapi subsidinya gak model kayak sekarang

Kita coba hitung2an kasar
Penduduk indonesia tahun 2020 diperkirakan 270jt jiwa
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
Penerima pbi ada 134jt x 25rb = 3,35T
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
Pemasukan bpjs skrg kira2 6,5T sampai 7T dan pengeluaran 8T
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617

Kalau dengan usul gw, 271jt x 20rb = 5,4T + subsidi 3,35T = 8,75T per bulan
Jauh diatas pengeluaran bpjs perbulan (bpjs gak rugi, masyarakat tidak terbebani)
Itu perbulan, kalo setahun ya lebih banyak lagi selisihnya yg bisa digunain untuk peningkatan pelayanan misalnya, atau bangun rumah sakit? Bisa! Atau mau kasih beasiswa tenaga kesehatan? Bisa!

Daripada kayak sekarang, udah keluar untuk pbi 3,35T masih juga rugi 1,5T perbulan

Untuk pelayanan kesehatan menyeluruh cm bayar 20rb perorang perbulan, pemerintah berhak untuk memaksa masyarakat, demi rakyat juga toh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kemenkeu: Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 Harusnya Rp286.000, Kelas 2 Rp184.617
14-05-2020 21:41
klo mau bikin kyk gitu harusnya jgn dipaksa ikut
pait2 aja bpjs kes itu buruk masih bagusan sodaranya bpjs tenaga kerja
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan introvertpsycho memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia