Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
238
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebc62a94601cf6c514efae1/opini-yakin-psbb-efektif-ane-koq-tidak-terlalu-yakin
Sudah beberapa minggu semenjak PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar) dijalankan, banyak hal yang berubah dari kehidupan masyarakat di kota-kota besar. Apalagi wilayah yang sudah mengajukan PSBB dan di jalankan. Seluruh pusat keramaian mendadak menjadi sepi, dari jalan yang dulu ramai sekarang sedikit lebih lengang. 
Lapor Hansip
14-05-2020 04:12

[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sudah beberapa minggu semenjak PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar) dijalankan, banyak hal yang berubah dari kehidupan masyarakat di kota-kota besar. Apalagi wilayah yang sudah mengajukan PSBB dan di jalankan. Seluruh pusat keramaian mendadak menjadi sepi, dari jalan yang dulu ramai sekarang sedikit lebih lengang. 


[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin


Tapi ada pertanyaan yang sedikit mengusik dalam hati? apakah sebenarnya program ini akan berhasil. Menilik dari negara-negara lain seperti China, Italia dan Spanyol yang mulai menunjukkan trend positif penurunan angka orang yang terinfeksi dengan menerapkan sistem Lockdown apakah seharusnya Indonesia berani mengambil langkah yang sama?
PSBB dan Lockdown punya perbedaan yang sangat mendasar. Lockdown benar-benar suatu kebijakan ekstrim dengan membatasi hampir sebagian besar aktivitas warganya berbeda dengan PSBB yang kebijakannya hanya mengurangi sebagian dari aktivitas warga artinya masih ada potensi penularan virus dalam penerapan sistem ini.

Anepun sebenarnya agak ragu dengan kebijakan ini, jika kita dituntut untuk benar-benar mencegah penularan maka harusnya benar-benar tidak ada toleransi seluruh kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Mungkin gambar ini akan sedikit menunjukkan perbedaannya

[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin


Akhirnya ane sampai pada kesimpulan jika penerapan Lockdown dapat memutus rantai penularan COVID-19, maka untuk PSBB hanya akan mampu untuk memperlambat rantai penularan yang artinya tetap akan ada potensi penularan selama masih ada kegiatan yang melibatkan banyak orang. Kecuali penerapan PSBB yang di lakukan versi Korsel mungkin karena budaya penduduknya yang berbeda dengan budaya penduduk negara kita.

Memang ada banyak konsekuensi berat yang harus dihadapai Pemerintah jika aturan lockdown di jalankan. Kita ambil contoh dari PSBB saja, sudah berapa toko yang ditutup, berapa orang yang terkena PHK dan kita bisa lihat sendiri berapa kenaikan angka pengangguran di Indonesia dari awal diberlakukan PSBB ini. Apalagi jika kita terapkan aturan Lockdown tentu konsekuensinya akan lebih besar.

Pemerintah dihadapkan pada pilihan yang sulit, disamping Pemerintah harus segera menuntaskan pandemi Covid, namun harus juga tetap menjaga perekonomian Negara ini. Siapa yang dapat menjamin Negara ini akan tetap berdiri jika perekonomian kita berantakan.

Akhir kata ane hanya bisa berdoa, agar seluruh orang dalam pemerintahan kita diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik. Kita sebagai rakyat hanya dapat menunggu dan menjalankan apa yang diputuskan pemerintah selama masa-masa sulit ini.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 128 lainnya memberi reputasi
129
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:29
masih kurang efektif menurut ane sih 😁
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 70amazak memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:30
kalo menurut ane sih bakal banyak di langgar jg, karena banyak warga yang mencari nafkahnya dijalan,
jadi jika tidak keluar mereka tidak dapat uang buat makan keluarganya
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 70amazak memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:32
Percuma dah, gada kesadaran warganya buat apa

profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 70amazak memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:32
ane sudah terbiasa me lockdown kan diri sendiri (mager), yg penting kuota inet ada, jd ane setuju lockdown emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 70amazak memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:36
yg positif masih nambah, kesadarab masyarakat masih kurang, pemerintah bingung
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 70amazak memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:36
Di daerah ane gak beda jauh sama situasi normal, pasar masih rame, di jalan rame, toko toko tetep buka yang membedakan cuma pakai masker itupun di jalan utama dijalan jalan lingkungan mah biasa aja, ane bingung harus bilang apa dengan kelakuan orang orang yang egois begini. Di satu sisi karyawan kaya ane dirumahkan, di sisi lain di pasar bebas merdeka yang buka bukan cuma pedagang sembako, kalau itung itungan ekonomi ane juga hampir gak ada pemasukan sama sekaliemoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
3333fen dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:36
yang ane yakin klo begini terus bakalan nyungsep gan
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 70amazak memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:37
sebetulnya tak perlu psbb juga bisa efektif kok.
asal setiap individu bisa menerapkan social distancing, physical distancing, dan rajin cuci tangan.

psbb ini anggap aja melatih massa supaya banyak yang sadar, waspada, dan berdisiplin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:39
Efektif namun jauh dari maksimal.
Lumayan lah daripada ga sama sekali.
Tapi sampe kapan bakal psbb? Kalo masih seperti ini ga ada evaluasi ya gini2 aja malah masyarakat sekarang udah cenderung abai dan petugas juga mungkin sama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hanyaku04 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:40
pemerintah dan aparat memble + masyarakat goblok ya ga efektif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:42
PSBB menurur ane gak efektif. karena :
1. Indonesia gak punya data rakyat sendiri secara akurat 100% yang berdampak bansos gak tepat sasaran.

2. Pola pikir masyarakat yang masih pegang "sekarang ya sekarang, besok ya besok"

3. Banyak perantau di kota mana pun yang ingin pulang, bukan karena kangen kampung tapi sudah hilang mata pencaharian utama.

4. Peraturan pemerintah yang mencla mencle sehingga bikin bingung petugas yang di lapangan.

Solusi nya kita damai sama si covid ini, cukup adaptasi kebiasaan, buka kembali semua kegiatan bisnis. Dari zaman dulu bukannya manusia sudah dipaksa untuk berdamai dengan wabah, sekarang sudah waktunya kita berdamai dengan wabah lagi. Dari zaman nabi ayub pun sudah ada atau dari zaman romawi pun sudah ada. Sudah saatnya berdamai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ugtraveler dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:43
tukang cukur di deket rumah ane mulai rame sama pelanggannya. emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dukiz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:44
manusia +62 itu beda gan..
paling suse sedunia dah..
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 70amazak memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:44
sejak kapan virus bisa dihilangkan kalau benar virus alami
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 70amazak memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:47
yakin kalo dibarengi sanksi dan peraturan yg jelas gan, ini daerah ane udah zona merah tapi tetangga sebelah rumah masih sibuk jalan" tiap hari wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meruru dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:47
hmm melihat keramaian di beberapa lokasi ane juga kurang yakin ganss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meruru dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:48
PSBB bisa efektif kalau masyarakatnya juga mau disiplin.Sekarang faktanya gimana? Contoh ini kejadian tetangga temen ane (beritanya bahkan sampai masuk koran). Jelas2 orang yg rapid testnya reaktif dan di suruh stay at home sambil nunggu hasil swab testnya keluar aja malah jalan-jalan ke tetangga. Akibatnya setelah diumumin kalau di positif kena covid, semua yang pernah dia kunjungi statusnya jadi ODP.

Beritanya
Diubah oleh 70amazak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meruru dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:50
Bicara pake data gan atau ini tidak lebih dari sekedar obrolan warkop.
profile-picture
anjaultras memberi reputasi
1 0
1
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:51
pelaksanaan di lapangan ini yang tidak ada penindakan hukum buat pelanggar. sudah dilaksanakan PSBB kemarin dirubah lagi, kebijakan plin plan jadi nggak jelas emoticon-Cape d...
hukuman pidana dan dendanya mana? dari awal PSBB tidak nyata dilaksanakan, petugas dan pelanggar lebih kasar pelanggarnya emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
meruru dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
[OPINI] Yakin PSBB Efektif? Ane koq tidak terlalu Yakin
14-05-2020 20:53
psbb efektif klo ga ada yg keluar rumah sama sekali, tp apa mungkin bs?
profile-picture
profile-picture
meruru dan anjaultras memberi reputasi
2 0
2
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
KASKUSER BERTANYA, KASKUSER MENJAWAB
kaskuser-bertanya-kaskuser-menjawab
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia