mamadthepunkAvatar border
TS
mamadthepunk
Kronologi Jemaah Mushalla Baitul Muslimin Terpapar COVID-19 dari Imam Salat Tarawih
Puluhan jemaah Mushalla Baitul Muslimin di kawasan RW 07 Jembatan Besi, Jakarta Barat dievakuasi setelah diduga terkena paparan COVID-19.

Camat Tambora, Bambang Sutama menjelaskan bahwa satu keluarga yang terdiri dari kakek, nenek, dan seorang cucu yang tinggal di RW 07, ternyata positif corona.

Informasi ini didapatkan setelah dia menjalani uji swab di Puskesmas Tambora.

"Pertama cucunya tes usap di Puskemas positif COVID-19, kemudian kakek dan neneknya ikut melakukan tes usap pada Jumat (8/5). Hasilnya dua-duanya positif," ujar Bambang di Jakarta, Senin (11/5/2020)

Sang kakek merupakan Ketua RW yang sering menjadi imam di mushalla lingkungan tersebut. Meski sudah diminta agar menjalani isolasi di RS darurat Wisma Atlet, dia tetap menolak dan menyatakan dirinya hanya kena tipus.

"Sabtu (9/5) pagi, lurah bersama tiga pilar membujuk kakek, nenek, dan cucunya untuk ke Rumah Sakit Wisma Atlet tetapi tetap mendapat penolakan. Dia berdalih tidak kena COVID-19 melainkan gejala tipus,” ujar dia.

Sang Ketua RW ini pun tetap menjalani aktivitasnya memimpin salat tarawih. Saat itulah dia diduga menularkan virus ke jemaah lain.

Pihak kecamatan kemudian membujuk kembali agar bersedia dirawat di RSUD Tarakan. Mereka pun setuju dan bersedia dirawat di rumah sakit manapun, asalkan bukan di RS darurat Wisma Atlet.

Sementara itu, 28 jemaah kini dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Bambang mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat untuk melakukan penelusuran terhadap penyebaran virus.

Saat ini, mereka diminta untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Kami minta masyarakat sadar akan kondisi ini. Mari sama-sama putus rantai penyebaran COVID-19,” ujar Bambang.

https://www.indozone.id/news/jzsQY7k...-salat-tarawih
devilkillms
anasabila
fatqurr
fatqurr dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.